7 Cara Mudah Menjadi Youtuber Modal HP Doank

Menjadi youtuber modal HP doank, memangnya bisa? Bisa! Cara ini sangat cocok diambil oleh pemula karena modalnya kecil dengan potensi penghasilan yang sama dengan profesional.

Kalaupun ada peralatan lain yang dibutuhkan, itu semua gratis dan sangat sederhana. Anda bisa langsung mendapatkannya di Play Store atau toko aplikasi lain sesuai dengan perangkat yang dimiliki.

Pada kesempatan ini kami akan membahas ringkas soal tutorial menjadi youtuber dengan modal HP doang. Selamat menyimak.

Begini tutorial menjadi youtuber modal HP doank

Di bawah ini adalah beberapa langkah menjadi youtubers dengan modal kecil dan tidak ribet:

1. Siapkan HP dengan spesifikasi minimal medium

Hal pertama yang jelas harus Anda miliki adalah smartphone yang spesifikasinya baik dan kuat. Speknya minimal medium sehingga tidak mudah ngelag.

Begini tutorial menjadi youtuber modal HP doank - Siapkan HP dengan spesifikasi minimal medium

Saat membeli HP, pastikan Anda memilih yang kameranya bagus buat merekam dan mengambil foto. Selain itu, cari yang RAM dan memori internalnya besar supaya saat dipakai untuk mengedit video, HP-nya tetap kuat dan tidak mengalami gangguan.

Jika smartphone-nya bersistem operasi android, Anda bisa pilih yang OS-nya Lolipop atau Kitkat, tapi akan sangat baik jika Anda memilih OS yang lebih tinggi.

2. Tripod

Selain HP, Anda mungkin membutuhkan tripod untuk mempermudah proses perekaman. Apalagi jika perekaman dilakukan sendiri, maka jelas Anda membutuhkan bantuan alat sederhana ini.

Soal harga, jangan terlalu dipermasalahkan. Anda bisa pilih tripod yang harganya murah. Silakan beli di marketplace dan pilih produk sesuai dengan kebutuhan.

3. Aplikasi editing video

Selanjutnya, siapkan aplikasi editing video. Salah satu aplikasi yang paling sering dipakai oleh Youtubers adalah Kinemaster.

Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis di Play Store. Anda tinggal mengunduhnya secara langsung dengan memasukkan kata kunci sesuai dengan nama aplikasinya. Bila sudah keluar hasil pencariannya, tinggal instal saja ke HP Anda.

Lihat juga >>  Cara Kompres Video Mudah Tanpa Menurunkan Kualitasnya

Yang perlu dicatat, bila menggunakan versi gratis maka konten yang dibuat akan ada watermark Kinemaster-nya. Nah, jika ingin watermark ini hilang, silakan upgrade ke versi Pro. Harganya juga murah, tidak sampai 100 ribu rupiah.

Selain Kinemaster, masih ada opsi aplikasi lainnya. Contohnya adalah Filmora Go, Viva Video, YouCut, inShot, dll.

Untuk menemukan pilihan lainnya, silakan masukkan kata kunci editing video di kolom pencarian Play Store.

4. Aplikasi perekam layar

Anda juga membutuhkan apk perekaman layar. Ini sangat penting buat youtuber yang membuat tutorial HP atau konten gaming.

Ada banyak aplikasi yang bisa Anda pilih, salah satunya adalah AZ screen recorder. Review aplikasi ini sangat bagus sehingga direkomendasikan oleh para pengguna. Selain AZ, Anda bisa menggunakan apk lain dengan mencarinya langsung di kolom pencarian Play Store.

Aplikasi semacam ini memungkinkan penggunanya untuk tak hanya merekam layar tetapi juga mengeditnya dengan menambahkan suara dari sistem hingga rekaman audio dari luar.

Pada beberapa HP yang spesifikasinya sudah update dan cukup tinggi, aplikasi perekaman layar sudah terpasang sebagai salah satu fitur utamanya. Bila HP Anda juga demikian, maka mungkin instalasi apk perekaman layar ini tidak perlu dilakukan.

5. Unduh aplikasi untuk edit foto buat thumbnail

Peralatan yang diperlukan berikutnya adalah apps untuk mengedit foto dan membuatnya menjadi thumbnail yang menarik.

Bagaimanapun, thumbnail adalah senjata yang dapat dipakai untuk mendapatkan banyak subscribers dan viewers. Oleh karena itu, thumbnail harus dibuat menarik sehingga bisa mengambil hati para pengguna Youtube.

Selain buat edit thumbnail, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk edit foto lain dan dimasukkan ke dalam video sehingga kontennya makin dinamis dan menarik.

Lihat juga >>  Contoh Nama Channel Youtube Keren dan Cara Memilihnya

Salah satu apps yang direkomendasikan adalah Ultimate Thumbnail Maker. Apk ini sangat mudah digunakan, bahkan oleh pemula sekalipun.

Anda mungkin butuh aplikasi tambahan seperti penghapus background atau aplikasi edit foto lainnya. Silakan cari langsung di Play Store dan dapatkan secara gratis sesuai dengan konsep thumbnail yang dikehendaki.

6. Ketahui dasar-dasar SEO

Setelah peralatannya siap semua, Anda harus mengetahui dasar-dasar SEO untuk menjadi youtuber modal HP doank.

Begini tutorial menjadi youtuber modal HP doank - Ketahui dasar SEO

Dasar-dasar SEO ini sangat penting untuk mendapatkan banyak subscribers dan viewers. Dengan mengetahui SEO, Anda bisa membuat judul, deskripsi, dan tag yang bisa mendatangkan banyak viewers karena konten bisa masuk ke halaman pencarian dengan rangking yang cukup bagus.

7. Unduh Youtube studio

Sangat penting bagi seorang youtuber untuk memiliki apps ini. Fungsinya adalah untuk melihat perkembangan konten, menganalisis, dan mengevaluasi pencapaian channel. Di sini tersedia statistik channel secara lengkap sehingga pengelolaan channel jadi lebih mudah.

Tips dan cara menjadi youtuber pemula dengan jumlah viewers tinggi

Selain menyiapkan peralatan di atas, siapkanlah strategi untuk mendapatkan subscribers dan viewers dalam jumlah banyak sehingga bisa mendaftar di Google Adsense. Jumlah minimal yang harus dicapai adalah 1.000 subscribers dan 4.000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir.

Tips dan cara menjadi youtuber pemula dengan jumlah viewers tinggi

Berikut ini adalah tips atau strategi yang bisa dilakukan:

1. Ikutilah tren

Siapkan konten yang menarik dengan konsep kekinian. Sesekali ikutilah tren atau bahas sesuatu yang sedang dicari banyak orang tanpa meninggalkan niche utama Anda.

2. Cari konsep baru sehingga ide kontennya selalu segar

Ide konten tidak boleh monoton karena ini akan mempengaruhi psikologi penonton video di channel. Jadilah orang yang penuh dengan konsep baru dengan ide-ide yang segar setiap harinya.

Lihat juga >>  5 Cara Menghilangkan Iklan di Youtube di HP dan PC

Jangan ragu untuk menjadi pribadi yang berpikir out of the box agar konten yang dibuat bisa memberikan dampak yang luar biasa buat penonton. Pastikan bahwa keuntungan menjadi Youtuber ada di genggaman tangan Anda lewat konten yang keren.

3. Tonton konten youtuber lain

Jangan terpaku dengan isi video pribadi. Sebaiknya, Anda juga memperhatikan konten youtuber lain baik yang niche-nya sama maupun yang tidak. Kadang, dari sinilah ide-ide baru akan muncul.

Hal ini karena bekerja di dunia kreatif membutuhkan kelonggaran sehingga Anda bisa berpikir jernih untuk menciptakan sesuatu yang inovatif. Jangan sampai pikiran dan ide terkungkung pada hal-hal yang itu-itu saja.

Jika sampai terjebak di satu titik tertentu, carilah udara segar. Siapa tahu bisa menjadi obat untuk mengembalikan mood.

4. Jalin interaksi yang baik dengan penonton

Menjadi down to earth itu selalu ada sisi positifnya. Selain agar makin terlihat aktif di Youtube, menjaga interaksi dengan cara bertukar komentar akan membuat Anda makin dikenal secara positif. Jadi, jangan ragu untuk mencobanya.

5. Coba sesekali buat konten yang lebih personal

Meskipun niche Anda bukan sesuatu yang bersifat personal, tidak ada salahnya sesekali membuat video seperti vlog keseharian. Selain bisa memberikan angin segar buat channel, konten semacam ini juga bisa mengisi kekosongan ide yang mungkin saja datang di saat yang tidak diinginkan.

6. Berkolaborasi dengan youtuber lain

Sekarang bukan zamannya bersaing, tapi berkolaborasi. Dengan berkolaborasi, Anda bisa memperoleh tambahan subscribers dalam waktu yang cepat.

Itulah beberapa cara mudah menjadi youtuber modal HP doank. Anda bisa mencobanya sekarang dan semoga sukses.

meri puspita
 

Seorang penulis dan penggiat sosial media yang selalu gatal untuk menulis tentang hal-hal baru seputar dunia teknologi dan sosial media dengan bahasa yang mudah dimengerti tanpa embel-embel IT

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami