Keuntungan menjadi youtuber itu banyak. Selain bisa dapat uang atau penghasilan, ada banyak hal bermanfaat lain yang tidak bisa diabaikan.

Maka dari itu, jangan heran bila banyak orang yang ingin jadi youtuber atau minimal berpenghasilan dari platform berbagi video satu ini. Ada yang melakukannya sebagai sampingan, ada pula yang menjadikannya sebagai penghasilan utama.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas apa saja yang menjadi keuntungan jadi yotuber. Selamat menyimak.

Daftar keuntungan menjadi youtuber

Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat Youtube begitu menguntungkan bagi para pengguna yang mau dan mampu memanfaatkannya dengan baik:

1. Memperoleh penghasilan

Hal pertama yang bisa diperoleh dari Youtube adalah penghasilan atau uang. Bahkan, penghasilan ini bisa didapatkan per bulan dalam jumlah yang fantastis jika memang ditekuni.

Daftar keuntungan menjadi youtuber - memperoleh penghasilan

Salah satu sumber uang bagi para Youtuber adalah dari adsense. Maksudnya, Anda perlu mendaftarkan diri ke program google adsense terlebih dulu. Syaratnya adalah memiliki jumlah pelanggan minimal 1.000 dengan viewer dalam 1 tahun terakhir adalah 4.000 jam atau 240.000 menit.

Jika sudah memenuhi syarat, silakan daftarkan akun dan channel Anda agar segera ditinjau oleh pihak Google Adsense.

Apabila sudah disetujui, Anda bisa memasang iklan pada konten yang dibuat. Semakin banyak jumlah tontonan pada konten tersebut, maka semakin banyak pula penghasilan yang akan diperoleh.

Lihat juga >>  4 Cara Upload Video di Youtube via PC dan HP yang Mudah

2. Jadi terkenal

Hal kedua yang bisa didapatkan adalah menjadi terkenal. Dengan sering membuat konten dan banyak viewers-nya, maka akan semakin banyak orang yang familiar dengan wajah Anda.

Hal ini secara tidak langsung akan membuat Anda terkenal. Hal ini membuktikan bahwa Youtube merupakan platform yang cocok buat branding diri. Jika sudah sukses branding diri, maka akan jauh lebih mudah buat Anda untuk melakukan branding pada produk lainnya.

Dengan kata lain, saat membuat produk-produk tertentu, Anda akan lebih mudah menjualnya.

Sebagai contoh, apabila sudah terkenal di Youtube dengan menyajikan konten edukasi, maka Anda bisa membuat bimbingan belajar atau les privat dengan skala yang lebih besar sesuai dengan jangkauan penonton channel Youtube tersebut.

3. Menambah banyak teman dan network

Selain makin dikenal, Anda juga akan dapat menjalin pertemanan dengan cepat dan mudah. Orang yang tahu bahwa Anda membuat konten akan merasa bangga bisa mengenal Anda. Saat bertukar pesan lewat komentar, Anda juga akan jauh lebih dekat dengan para subscribers.

Tidak hanya itu, biasanya para youtuber di daerah juga memiliki komunitas sendiri. Jadi, Anda bisa memperluas network dari platform ini.

4. Membuat konten bermanfaat sehingga jadi pribadi yang makin manfaat

Ada banyak sekali jenis konten yang dapat Anda bagikan. Untuk memilihnya, Anda bisa fokus pada kemampuan, skill, atau passion. Nah, dari semua konten yang dibagikan tersebut akan ada beberapa yang menurut para penonton bermanfaat.

Sebagai contoh, khusus untuk konten tutorial masak. Tentu ini akan menjadi video yang sangat bermanfaat buar para ibu-ibu.

Dengan adanya konten yang bermanfaat seperti ini, maka secara tidak langsung pembuatnya akan menjadi pribadi yang bermanfaat juga.

5. Jadi amal jariyah

Jika video yang dibagikan memiliki manfaat secara positif buat banyak orang. Bisa jadi hal ini akan menambah amal ibadah Anda.

Lihat juga >>  Mengenal Youtube Analisis, Cara Melihat, dan Membacanya

Contoh konten yang berpotensi jadi amal adalah video edukasi seperti cara pemecahan soal, pembahasan soal-soal tertentu, trik cepat menyelesaikan soal, dan yang lainnya.

Yang menarik, saat pembuat videonya sudah meninggal dan channel-nya masih berjalan, konten ini tetap bisa bermanfaat buat orang lain sehingga berpotensi mendatangkan amal secara terus menerus.

Sebaliknya, jika konten yang Anda pilih adalah video dengan niche negatif, maka hasilnya juga akan negatif.

6. Makin paham dunia media sosial

Karena terbiasa menggunakan platform ini, maka Anda akan jauh lebih memahaminya. Hal ini akan meningkatkan kemampuan dalam menggunakan media sosial dan bagaimana cara mengelolanya dengan baik.

7. Meningkatkan kemampuan atau skill di bidang lain

Tak hanya mengunggah video, seorang youtuber sukses harus memiliki kemampuan lainnya. Berikut ini adalah contoh skill-nya:

  1. Kemampuan videografi.
  2. Skill editing
  3. Meningkatkan kemampuan menulis deskripsi, judul, dan tag.
  4. Mengenal dan memahami konsep SEO.
  5. Tahu cara editing gambar untuk membuat thumbnail, dll.

Yang tertera di atas hanya sebagian kecil peningkatan skill sebagai salah satu keuntungan menjadi youtuber. Yang pasti, bila sudah memutuskan untuk main Youtube, maka Anda akan terus merasa terpacu untuk menjadi pribadi yang lebih baik agar bisa menghasilkan uang.

8. Mengelola keuangan sendiri layaknya sedang berbisnis

Disadari atau tidak, Youtube mengajarkan seseorang untuk berbisnis dan mengelola keuangannya sendiri. Hasil yang didapatkan di sini tergantung pada keseriusan orangnya dalam menggarap sebuah channel.

Apabila kontennya dibuat dengan serius dan memenuhi aturan, maka jelas hasilnya juga akan mengikuti karena penghasilannya dihitung berdasarkan viewers. Sebaliknya, bila dibuat secara asal-asalan dan tidak mementingkan viewers, maka hasilnya pun akan sedikit.

Kendala menjadi Youtuber

Untuk serius menjadi youtuber, ada beberapa kendala yang perlu diwaspadai. Berikut ini di antara kendala dan risiko tersebut:

1. Hak cipta

Masalah hak cipta adalah momok bagi setiap youtuber. Hal ini karena bila terjadi pelanggaran maka hukumannya tidak main-main. Akun akan langsung di-suspend sehingga tidak bisa menerima penghasilan atau bahkan di-banned.

2. Ada beberapa konten yang butuh biaya besar

Ide membuat video Youtube memang cukup banyak. Ada yang biayanya nol rupiah, tapi ada pula yang berbiaya besar.

Lihat juga >>  2 Cara Buat Stabilizer Kamera DSLR dan HP Sendiri di Rumah

Nah, tantangan terbesar youtuber yang menggarap konten dengan biaya besar adalah menyiapkan dananya. Contoh ide video berbiaya besar adalah review produk. Di mana pasti untuk melakukan review, produknya perlu dibeli terlebih dulu agar bisa memberikan ulasan secara jujur.

3. Waktu yang terkuras untuk proses penggarapan

Proses produksi biasanya cukup menguras waktu dan tenaga. Belum lagi saat editing videonya yang juga akan memakan waktu. Oleh karena itu, agar bisa melakukan proses penggarapan dengan cepat Anda harus meng-upgrade ketrampilan.

4. Kehabisan ide

Inilah tantangan yang paling sering dihadapi oleh seorang konten kreator. Ide memang menjadi salah satu hal terpenting dalam pembuatan video. Tanpa ini, proses produksi atau penggarapan tidak akan berjalan.

Sumber penghasilan atau gaji youtuber

Jika Anda masih pemula, maka perlu diketahui beberapa sumber gaji youtuber. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Adsense

Sebagian besar youtuber mendapatkan gaji dari sini. Anda bisa mengecek pendapatan youtuber sukses melalui situs Social Blade dengan memasukkan nama channel-nya.

Sumber penghasilan atau gaji youtuber - Adsense

2. Afiliasi

Anda bisa memasukkan link afiliasi pada video dan bisa diklik oleh para viewers untuk langsung terhubung ke tautan tersebut.

3. Endorse atau sponsorship

Ada banyak artis yang sudah menerapkan ini. Mereka membuat iklan produk tertentu di dalam video.

Sumber penghasilan atau gaji youtuber - Endorse atau sponsorship

4. Penjualan produk tertentu

Jika Anda punya produk tertentu, bisa juga langsung dimasukkan ke konten agar makin dikenal orang.

Demikian informasi keuntungan menjadi youtuber, kendala, dan sumber gajinya. Semoga makin semangat menghasilkan uang dari Youtube.


meri puspita

Seorang penulis dan penggiat sosial media yang selalu gatal untuk menulis tentang hal-hal baru seputar dunia teknologi dan sosial media dengan bahasa yang mudah dimengerti tanpa embel-embel IT

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *