Syarat dan Cara Siaran Langsung di YouTube dari HP dan PC

Siaran langsung di Youtube itu mudah. Anda bisa melakukannya via PC, tablet, dan HP (android atau iPhone). Yang terpenting, ketahui dulu syarat dan cara live streaming untuk masing-masing perangkat.

Melakukan siaran live bisa menjadi salah satu cara agar dapat lebih dekat dengan para penonton. Di sini, seorang Youtuber bisa berinteraksi langsung dengan penonton karena ada fitur live chat.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas lengkap tentang cara live streaming di platform berbagi video ini. Selamat menyimak.

Syarat live streaming Youtube

Sebelum belajar mengenai tata cara melakukan siaran langsung di YouTube, Anda perlu tahu dulu apa syarat live streaming-nya. Berikut ini beberapa syaratnya:

Jumlah subscribers

Perlu diketahui bahwa syarat siaran langsung ini tergantung perangkat yang digunakan. Jika Anda memakai HP, maka syarat utama yang harus terpenuhi adalah jumlah subscribers sebanyak 1.000.

Tanpa itu, Anda tidak bisa melakukan siaran langsung di Youtube menggunakan HP. Jika Anda mau tetap melakukan siaran live, maka silakan gunakan laptop, PC, desktop, atau webcam.

Hal ini karena streaming secara langsung di Youtube melalui PC dapat dilakukan secara leluasa tanpa terikat syarat 1.000 subscribers.

Pembatasan live streaming

Anda perlu mengerti tentang pembatasan siaran langsung yang ada di Youtube, di antaranya:

  1. Pembatasan khusus untuk siaran yang dibuat untuk anak-anak.
  2. Khusus untuk live stream anak-anak di bawah 13 tahun, maka harus ada pendampingan dari orang dewasa. Tanpa pendampingan, siaran tidak boleh dilakukan.
  3. Live streaming-nya tidak boleh melanggar pedoman komunitas dan tidak melanggar hak cipta.
  4. Tidak boleh melebihi batas harian streaming. Jika Anda sampai melebihi waktu ini, maka silakan coba stream lagi setelah 24 jam, dll.
Lihat juga >>  Cara Masuk ke Creator Studio Youtube di Android dan PC

Kenali dengan baik ketentuan pembatasan yang ditetapkan oleh Youtube, sebab jika sampai melanggarnya, channel Anda bisa jadi akan mendapatkan pembatasan, penonaktifan, bahkan penghentian (banned).

Channel terverifikasi

Syarat live streaming Youtube - Channel terverifikasi

Syarat mutlak yang harus terpenuhi adalah verified channel. Artinya, apa pun perangkat yang Anda gunakan untuk menyiarkan konten secara langsung, pastikan bahwa channel-nya sudah terverifikasi. Jika belum, segera lakukan cara verifikasi akun.

Cara melakukan siaran langsung di Youtube

Pada dasarnya, melakukan streaming di Youtube itu langkahnya sangat mudah. Berikut ini adalah beberapa cara streaming live disesuaikan dengan perangkat yang digunakan. Selamat menyimak.

Cara live streaming di Youtube via android

Cara live streaming di Youtube via android

Berikut ini adalah cara mudah siaran langsung di platform Youtube melalui perangkat seluler android:

  1. Buka aplikasi Youtube yang ada di android dan pastikan sudah login.
  2. Pada layar bagian bawah ada ikon +, silakan klik.
  3. Pilih opsi Live Streaming.
  4. Jika Anda baru pertama kali menggunakan fitur ini, maka aplikasi akan meminta izin untuk akses ke kamera, lokasi, dan mikrofon. Jadi, silakan klik Izinkan Akses.
  5. Akan muncul Pop-up izin akses ke pengambilan gambar dan perekaman video, pilih Izinkan.
  6. Beri akses untuk lokasi, ketuk izinkan hanya saat aplikasi digunakan.
  7. Kelola pengiriman chat atau komentar yang masuk selama streaming.
  8. Tulis judul.
  9. Atur Publik atau Tidak Publik. Pilih “Publik” jika konten boleh ditelusuri atau dilihat oleh siapa saja. Pilih “Tidak Publik” jika hanya boleh ditonton oleh orang yang tahu link-nya.
  10. Tambahkan lokasi.
  11. Tetapkan pembatasan penonton jika ada.
  12. Isi deskripsi dan buat thumbnail.
  13. Jika Anda ingin menayangkan siaran langsung nanti, maka silakan atur jadwalnya.
  14. Ketuk Buat Siaran.

Perlu diketahui bahwa untuk mengaktifkan live streaming pertama kali, mungkin akan dibutuhkan beberapa saat, kemungkinan sampai 24 jam. Untuk itu, bersiaplah menunggu jika memang hal ini terjadi.

Lihat juga >>  Cara Membuat Channel Youtube Menarik dan Menghasilkan

Selain bisa langsung streaming dari HP, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi dari pihak ketiga seperti Wirecast, OBS, atau yang lainnya untuk streaming.

Pemakaian aplikasi dari pihak ketiga ini sekaligus menjadi solusi buat Anda yang siaran langsungnya kurang lancar atau tersendat.

Youtube live streaming via iPhone dan iPad

Apabila perangkat yang Anda gunakan adalah iPhone, maka pada dasarnya caranya hampir sama dengan siaran langsung via android, ini ringkasannya:

  1. Buka aplikasi Youtube yang ada di iPhone atau iPad dan pastikan sudah login.
  2. Pada layar bagian bawah ada ikon +, silakan klik.
  3. Pilih opsi Live Streaming.
  4. Buat judul, deskripsi, dan thumbnail. Jangan lupa atur setting publik dan akses yang diperlukan sebagaimana langkah-langkah yang tertulis pada live streaming di android.

Sama dengan penyiaran langsung via android, Anda mungkin butuh beberapa saat untuk mengaktifkan fitur streaming secara langsung. Maka dari itu, silakan tunggu 24 jam. Ikuti petunjuk-petunjuk yang ada di layar HP Anda dan isikan informasi secara lengkap.

Cara live streaming youtube tanpa 1.000 subscribers via PC, laptop, desktop, dan webcam

Cara live streaming youtube tanpa 1.000 subscribers via PC, laptop, desktop, dan webcam

Jika Anda tidak memiliki 1.000 subscribers tapi ingin tetap melakukan siaran langsung di Youtube, maka gunakanlah perangkat laptop, desktop, PC, atau webcam. Bila perangkatnya sudah siap, silakan ikuti langkah di bawah ini:

  1. Buka browser favorit yang ada di PC.
  2. Kunjungi situs youtube.com.
  3. Masukkan email dan password untuk login.
  4. Jika sudah berhasil login, pada menu home, silakan klik ikon alat rekam video bertanda +.
  5. Pilih opsi Go Live.
  6. Klik Enable jika ada tulisan “Live streaming isn’t available right now”.
  7. Silakan atur dulu mau siaran langsung sekarang atau nanti (terjadwal).
  8. Jika mau menyiarkannya secara langsung sekarang, klik start pada menu Right Now. Sebaliknya, kalau mau terjadwal silakan klik start pada menu Later Date.
  9. Silakan isi judul, pengaturan publik, dan pengaturan pembatasannya.
  10. Klik Next.
  11. Isi deskripsi thumbnail, serta informasi yang lainnya.
Lihat juga >>  Amankah Beli Subscriber Via Pulsa? Kenali Sebelum Beli!

Jika setelah memulai streaming ternyata terjadi kesalahan sehingga tidak dapat langsung dimulai, maka tunggu 24 jam untuk aktivasi akun agar siap dipakai untuk live streaming.

Tips membuat streaming berkualitas agar mendapatkan banyak viewers

Jika Anda ingin mendapatkan banyak viewers pada siaran langsung yang ada di Youtube, maka lakukanlah langkah yang tepat. Ikuti tips di bawah ini untuk memaksimalkan jumlah view.

Rencanakan konten

Agar bisa mendapatkan banyak penonton, konsep yang Anda usung harus jelas. Maka dari itu, dibutuhkan perencanaan konten yang matang dengan ide-ide menarik.

Pastikan streaming-nya mudah ditemukan

Jangan hanya mengandalkan subscribers yang sudah ada untuk menonton channel Anda. Namun, gunakan SEO untuk menulis judul dan deskripsi dengan kata kunci yang tepat sehingga konten yang disiarkan dapat menjangkau banyak orang dan lebih mudah ditemukan di halaman pencarian.

Siap-siap live streaming

Silakan siapkan perangkat untuk siaran secara langsung sehingga tidak ada kendala pada proses yang dilakukan.

Kelola dan analisa

Jika sudah selesai, jangan lupa kelola hasilnya. Analisalah perolehan viewers-nya sehingga bisa dijadikan pelajaran buat konten berikutnya.

Terakhir, pastikan Anda mengikuti syarat siaran langsung di Youtube dengan baik sehingga tidak mengalami banned akun hanya karena kesalahan sepele.

meri puspita
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami