Tips Jitu Jualan di Instagram Untuk Pemula

Apa saja sih Tips Jualan Di Instagram Untuk Pemula? Sebelum memahami tentang itu, maka terlebih dahulu kamu harus mengupas tentang perkembangan sosial media sebagai salah satu ranah digital marketing. Dalam memulai suatu usaha, pasti banyak hal yang kamu rasakan. Baik itu kendala, suka atau dukanya, kesulitan dalam memulai usaha, dan masih banyak lagi. Namun semua kendala itu perlu kamu taklukkan agar kamu tidak ragu dalam memulai sebuah usaha.

Agar kamu kamu tidak ragu dalam memulai usaha, kamu perlu menentukan usaha apa yang hendak kamu jalankan. Ada banyak sekali bidang usaha yang ada. Contohnya digital marketing. Digital marketing adalah salah satu usaha yang memanfaatkan internet guna memasarkan suatu produk agar dapat sampai kepada konsumen dengan cara yang efisien.

Peran Sosial Media dalam Digital Marketing

Sebuah survei global yang dilakukan Deloitte memprediksi bahwa seiring perkembangan teknologi, kedepannya nanti akan ada tiga platform yang menguasai pasar, yaitu media sosial, mobile, dan website. Media sosial terutama, diprediksi akan menjadi platform nomor satu pilihan konsumen yang paling sering digunakan, baik untuk sarana bertukar informasi, sampai bertransaksi.

Tak heran kalau dari sekarang pun perusahaan berlomba untuk eksis di sana. Ledakan dan pemanfaatan data yang sangat masif juga didorong oleh pesatnya perkembangan teknologi mobile. Terutama smartphone yang mempengaruhi semua aspek aktivitas konsumen, mulai dari mencari informasi, hiburan, berbelanja, bertransaksi, berinteraksi dengan pihak lain, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya perangkat keras, perangkat lunak juga meningkat secara eksponensial, misalnya jumlah aplikasi mobile yang terus bertambah dari tahun ke tahun. Segala aktivitas yang semakin spesifik serta bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun, menghasilkan ledakan data yang sangat besar dari berbagai sumber. Tinggal bagaimana perusahaan bisa mengolah dan memanfaatkan data ini.

Karena volume data yang sangat besar ini, serta begitu banyak data yang datang dari berbagai media/channel, lama kelamaan marketer juga tidak punya pilihan selain menjalankan strategi digital marketing automation supaya bisa menjangkau semua segmen pelanggannya secara efektif.

Saat ini internet berkembang dengan pesat, sehingga berpengaruh terhadap gaya hidup masyarakat. Sebelumnya media internet hanya digunakan untuk mencari informasi dan hiburan, namun sekarang internet sudah banyak digunakan masyarakat sebagai media untuk mempromosikan dagangannya. Media sosial ini yang banyak digunakan masyarakat antara lain facebook, twitter dan instagram.

Saat ini untuk mempromosikan jualannya masyarakat lebih dominan menggunakan instagram. Menggunakan instagram sebagai media jualan tidak semudah yang kamu bayangkan. Kamu membutuhkan tips dan strategi jitu supaya bisa menarik perhatian pelanggan. Berikut adalah Tips Jualan di Instagram Untuk Pemula supaya dagangan di instagram cepat dilirik dan laris.

1.     Buat akun khusus untuk jualan di instagram

Untuk memudahkan pelanggan instagram mencari produk yang kamu jual, kamu perlu membuat akun khusus sesuai dengan produk yang akan kamu jual. Jangan dicampur antara akun pribadi dengan akun penjualan.

Salah satu contoh kamu ingin menjual baju kaos pria maka buatlah nama akun instagram jualan kamu dengan “baju kaos pria murah” atau nama akun yang lain yang penting sesuai dengan jenis barang yang akan kamu jual.

2.     Cari followers sebanyak-banyaknya

Untuk meningkatkan penjualan di akun instagram  yang baru saja kamu buat,kamu harus  memiliki followers sebanyak mungkin, minimal jumlah followers yang kamu dapatkan 1000 orang.

Cara singkat untuk mendapatkan jumlah followers ini, kamu harus mencari tahu akun instagram yang penjualannya sama dengan produk yang kamu jual dan jumlah followersnya sudah banyak. Kemudian ikuti followers-followers yang ada di akun tersebut.

3.     Upload foto sebanyak-banyaknya

Akun instagram yang baru saja dibuat posisinya masih tergembok, disaat ini kamu manfaatkanlah untuk upload foto sebanyak mungkin. Foto yang di upload usahakan jelas, bersih dan menarik, supaya customer tertarik untuk membeli gambar produk-produk yang sudah kamu share di akun instagram mu.

4.     Edit Foto sehingga menarik

Pengambilan foto dengan kualitas yang bagus saja tidak cukup untuk menarik pelanggan di instagram. Kamu perlu edit lagi dengan kata-kata yang bisa menarik pelanggan. Seperti tambahkan foto dengan keterangan mengenai produk yang kamu jual. Atau buat kalimat pemancing customer, contohnya bay 1 get 1 atau dapatkan harga diskon dan strategis promosi lainnya.

5.     Beri diskon

Saat menentukan harga kamu harus bisa memberikan harga yang lebih murah dibanding harga competitor yang followersnya sudah kamu ambil. Jangan sampai memajang harga yang lebih tinggi dari harga kompetitor. Kemudian pajang harga dengan harga diskon supaya customer tertarik untuk berbelanja di akun instagram mu. Pasang harga lama kemudian coret dan pasang harga yang baru. Tips memajang harga seperti ini sangat menarik kaum wanita untuk berbelanja. Apalagi para remaja dan Ibu-Ibu sangat tertarik dengan produk-produk diskon.

Jadi, itulah beberapa tips jualan di Instagram untuk pemula, selain lima tips di atas, untuk meningkatkan penjualan dan menarik pelanggan, kamu juga harus tahu tentang instagram stories dan bagaimana menggunakannya dengan efektif? Jika kamu bisa memanfaatkan instagram dengan efektif, pelanggan pasti akan rame berkunjung ke instagram milik kamu.

Instagram Stories

Instagram stories merupakan fitur yang terdapat pada instagram yang digunakan untuk mengirim foto dan video. Foto dan video yang muncul di instagram stories ini hanya bertahan sementara selama 24 jam. Kemudian semua foto-foto dan video yang di share di stories tidak akan muncul di profil grid dan instagram feed kamu, tetapi stories ini akan muncul pada bagian atas feed instagram yang kamu miliki.

Untuk melihat content yang dishare seseorang pada storynya, bisa kamu lihat dengan cara tap pada bagian profil mereka, semua story yang mau kamu lihat akan muncul secara full screen. Pada stories ini content-content yang akan di play muncul dari urutan content yang dishare paling lama hingga terbaru. Pada bagian stories ini kamu hanya bisa melihat content-content, tidak ada like dan public comment di sini.

Cara Membuat Instagram Stories

Langkah membuat story di instagram bisa kamu lakukan dengan dua cara, yang pertama kamu bisa membuat story dengan tap profil kamu yang ada tanda + yang terdapat pada bagian kiri atas layar atau bisa juga dengan swap kebagian kiri layar home instagram.jika kamera story sudah muncul kamu bisa mengambil foto atau video yang mau kamu share.

Sebelum story di share, kamu bisa menambahkan teks berbagai fitur gambar yang akan kamu tampilkan bersama foto dan video yang akan di share. Setelah content kamu share, kamu juga bisa melihat siapa saja yang sudah melihat content-content kamu. Cara mengetahuinya sangat mudah, tinggal swipe layar ke arah atas. Story yang akan kamu share juga bisa mengikuti aturan privasi yang terdapat pada akun kamu.

Demikianlah penjelasan tentang instagram stories dan bagaimana menggunakannya dengan efektif, dengan menggunakan fitur instagram ini sangat membantu dalam mengembangkan bisnis yang sedang kamu rintis selain itu jangan lupa untuk berinteraksi dengan followers kamu.

meri puspita
 

1
Halo, terima kasih telah menghubungi pojoksosmed.com
Ada yang bisa di bantu?
Powered by

Server Youtube Subscribers sedang down, untuk sementara kami tidak menerima orderan subscribers dulu.