Apa Itu Instagram Stories dan Bagaimana Menggunakannya Secara Efektif?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai apa itu Instagram stories dan bagaimana menggunakannya secara efektif, kamu perlu memahami fenomena menarik yang sedang berkembang. Ada banyak media sosial yang sedang ngetren pada saat ini. Sebut saja ada facebook, twitter, snapchat, line, instagram dan lain-lain. Namun keberadaan instagram memiliki popularitas yang mengungguli aneka media sosial yang lain. Mengapa bisa demikian?

Ada beberapa alasan mengapa instagram jauh lebih populer dibandingkan aneka media sosial yang lain. Pertama, instagram digandrungi banyak orang karena dapat menampilkan foto dan video dengan kualitas yang bagus. Meskipun dalam hal ini terjadi persaingan begitu ketat dengan media sosial yang lain, namun instagram tetap menjadi pilihan yang menarik mengingat bahwa sejak pertama kali diluncurkan, instagram menawarkan sebuah wadah koleksi foto dan video kelas wahid.

Kedua, instagram memiliki fitur-fitur yang menarik. Ada banyak sekali fitur yang ditawarkan dalam instagram, mulai dari yang paling ngetren yakni instagram stories hingga yang paling khas dibandingkan yang lain, yakni fitur multiple images yang memungkinkan untuk mengirim lebih dari satu konten biasa. Ketiga, instagram tak hanya wadah koleksi foto dan video, tetapi juga wadah untuk sosialisasi. Dua dari tiga milenial jaman ini bersosialisasi melalui instagram. Melalui instagramlah mereka dapat mengetahui aktifitas temannya, sahabatnya dan sekaligus dapat bercanda ria melalui rubrik komen, ataupun pesan langsung.

Keempat, instagram instagram mengiringi gaya pikir dan gaya hidup milenial. Tak dapat dipungkiri, instagram begitu melekat dengan kaum milenial. Budaya instan, kecendrungan untuk santai, obsesi pada hal-hal menarik dan indah dalam hidup menjadi suatu budaya yang mengisi hidup sebagian besar kaum milenial. Lewat instagram, semua bentuk gaya pikir tersebut telah mendapatkan legitimasinya.

Selain itu, instagram telah mempengaruhi hidup banyak kaum milenial. Apa yang mereka peroleh, mereka baca dan mereka saring dari instagram diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, contoh yang paling populer adalah budaya selfie, wefie yang begitu populer bagi kaum milenial. Lantas tak berlebihan bila dapat dikatakan bahwa kaum milenial tak dapat dipisahkan dari instagram.

Instagram Stories Sebagai Fitur Terbaru Instagram

Untuk dapat memahami apa itu Instagram stories dan bagaimana menggunakannya secara efektif, kamu perlu tahu lebih banyak tentang instagram stories. Apa itu instagram stories? Instagram stories adalah salah satu fitur terbaru yang ditawarkan oleh pihak instagram. Fitur ini merupakan fitur yang dapat menyajikan semacam diary harian dari kehidupan seseorang yang menggunakan instagram.

Instagram stories saat ini menjadi fitur yang digandrungi oleh sebagian besar dari para pengguna instagram. Apa keunggulan instagram stories? ada beberapa keunggulan dari fitur ini, pertama; menjadi wadah berbagi yang paling jelas dalam menampilkan suatu kisah. Dengan durasi tampilan selama 15 detik, cukup merangkum inti dari kisah yang ingin dibagikan.

Kedua; memiliki variasi pilihan tampilan yang beragam. Mulai dari pilihan foto atau video, adanya pilihan untuk menulis hastag ataupun quotes yang menarik, dan lain sebagainya. dari dua keunggulan ini, dapat diketahui bahwa instagram stories menawarkan cara berbagi yang menarik bagi seluruh penggunanya.

Cara Menggunakan Instagram Stories Dengan Efektif

Apa itu Instagram stories dan bagaimana menggunakannya secara efektif? Nah, kali ini yang dibahas adalah fitur yang paling menarik di instagram. Terutama di dunia bisnis, fitur ini sangat cocok digunakan untuk media beriklan. Bagi para pebisnis, story ini merupakan cara paling ampuh untuk tampil menonjol di instagram. Kamu bisa menjangkau pelanggan dengan baik dan sangat efektif dengan fitur ini. berikut adalah Cara menggunakan instagram stories dengan efektif

1.     Membuat perpaduan yang sempurna

Untuk menarik perhatian pelanggan di instagram, Share foto atau vidio produk yang kamu jual di stories dengan membuat perpaduan warna yang sempurna. Cara membuat perpaduan warna ini kamu ketuk eyedropper warna, lalu sesuaikan warna font dengan warna foto dan video kamu. Fitur ini sangat cocok digunakan ketika kamu menampilkan banyak text pada foto atau video yang akan di share

2.     Membuat text dengan warna pelangi

Tujuan membuat text dengan warna pelangi ini adalah untuk menarik perhatian pelanggan. Supaya pelanggan betah melihat iklan yang kamu share di stories instagram

3.     Buat efek layar penuh dengan satu warna

Jika kamu membuat story hanya berupa text tanpa ada foto dan vidio sebaiknya gunakan cara ini untuk menarik pelanggan.

4.     Batasi content promosi

Kamu perlu menyeimbangkan setiap content-content yang di share di story. Kamu tidak perlu promosi produk secara terus-terusan di story, terkadang kamu perlu buat batasan content dengan membuat sesuatu peristiwa yang menarik tentang kegiatan kamu dalam menjalankan bisnis yang sedang kamu jalani.

5.     Share stories di waktu yang tepat

Untuk merespon followers dengan cepat lewat story yang kamu bagikan, kamu harus share di saat para followers sedang aktif. Waktu yang paling tepat untuk share stories ini dari jam 12.00 sampai jam 17.00.

Penggunaan Instagram Stories Secara Efektif

Tahap terakhir dari uraian tentang apa itu Instagram stories dan bagaimana menggunakannya secara efektif adalah upaya untuk memahami cara penggunaannya secara efektif. Berbagi kisah adalah kegemaran banyak orang, namun berbagi secara efektif belum sepenuhnya menjadi pengetahuan banyak pengguna instagram.

Dalam dunia bisnis, kaum milenial merupakan sasaran pasar yang sangat menjanjikan. Kenyataan ini harus dilihat sebagai peluang untuk berbisnis lewat instagram, khususnya lewat fitur instagram stories. Oleh karena itu, penggunaan instagram secara efektif dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Pertama; sajikan kisah yang paling menarik yang dapat kamu tampilkan. Ingat bahwa durasi tampilannya hanya 15 detik. Jadi harus dapat menampilkan yang paling menarik dan paling mendekati pesan dan tujuan yang kamu maksud.

Kedua; tambahkan deskripsi yang jelas. Dapat menyebutkan lokasi, hastag nama atau brand tertentu yang ingin ditawarkan dan lain sebagainya.

Ketiga; kreatif dalam upaya persuasi. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menambahkan kalimat-kalimat yang berciri persuasif atau ajakan langsung yang sifatnya dekat dengan pembaca.

Keempat;  tampilkan instagram stories secara rutin. Hal ini penting untuk memikat daya tarik pelanggan yang menyaksikan kontek instagram stories kamu. Namun perlu divariasi dengan isi konten yang berbeda-beda. Hal ini dilakukan agar tidak membuat para pelanggan merasa bosan.

Kelima; susun kontek-konten yang telah termuat dalam instagram dalam archive dan story highlights. Hal ini perlu dilakukan agar para pengguna instagram tetap dapat menyaksikan stories yang telah lewat. Selain itu, gabungkan kisah-kisah yang kamu muat dengan tema-tema yang spesifik agar dapat dipahami dengan lebih baik.

Demikianlah ulasan tentang apa itu Instagram stories dan bagaimana menggunakannya secara efektif. Bagaimana guys, kamu tertarik? Kalau tertarik ayo gunakan instagram stories dengan lebih efektif.

meri puspita
 

1
Halo, terima kasih telah menghubungi pojoksosmed.com
Ada yang bisa di bantu?
Powered by