10 Aplikasi Wajib Youtuber Pemula Modal HP dan Tips Menarik

Jadi youtuber tak perlu modal besar, cukup gunakan HP untuk mengunduh aplikasi wajib youtuber pemula. Anda pun siap menghasilkan dolar setiap bulan dari iklan.

Aplikasi yang harus diunduh cukup beragam. Semuanya berfungsi untuk membuat konten berkualitas dan menarik sehingga layak dipertontonkan kepada para pengguna Youtube.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas rekomendasi apk yang wajib buat para youtuber pemula. Selamat menyimak.

Daftar aplikasi wajib youtuber pemula

Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membuat sebuah konten di Youtube. Mulai dari perekaman gambar, pengeditan video, pembuatan thumbnail, hingga kontennya siap untuk dipublikasikan.

1. Aplikasi perekam video secanggih kamera SLR, Cinema Fv-5

Meski bermodal HP, Anda bisa merekam video dengan fitur yang mirip dengan kamera DSLR canggih. Salah satu aplikasi yang dapat memberikan fasilitas tersebut adalah Cinema Fv-5.

Bagi para Youtuber, apk ini sudah tidak asing lagi dan cukup direkomendasikan. Di sini, Anda bisa merekam secara langsung atau melakukan pengaturan manual untuk mendapatkan video yang lebih jelas.

Cinema Fv-5 sangat cocok buat Anda yang punya kamera dengan kualitas gambar yang terkesan biasa saja sehingga bisa upgrade kualitas.

Namun, apabila Anda sudah merasa yakin dengan hasil rekaman menggunakan kamera asli HP android, tidak ada salahnya menggunakan kamera bawaan saja.

Apk serupa Cinema Fv-5 ini cukup banyak di Google Play Store. Apabila setelah mencobanya Anda kurang merasa cocok, silakan search langsung di Play Store dan temukan yang paling cocok. Misalnya, Camera MX, HD Camera Pro, dll.

2. Apk untuk merekam layar, AZ Screen Recorder

Selain bisa merekam gambar secara langsung, ada kalanya Anda juga membutuhkan perekam layar. Misalnya, saat membuat tutorial apk di HP atau menunjukkan trik hitung cepat menggunakan note.

Salah satu aplikasi yang recommended untuk menunjang kebutuhan perekaman layar adalah AZ Screen Recorder. Yang menarik dari apk ini adalah tidak membutuhkan root dan tidak ada watermarknya.

Lihat juga >>  8 Pilihan Aplikasi Perekam Layar PC Laptop Terbaik All OS

Jadi, pada saat diunggah ke Youtube, tak ada bekas penggunaan aplikasi AZ sama sekali.

Selain itu, aplikasinya juga bebas iklan dan tanpa batasan waktu sehingga memudahkan Anda saat mengoperasikannya.

3. Aplikasi edit video youtuber di android, Kinemaster Pro

Setelah proses perekaman selesai, maka video akan masuk ke proses pengeditan. Pada tahap ini, Anda membutuhkan aplikasi editing yang mantap.

Daftar aplikasi wajib youtuber pemula - Kinemaster

Salah satu apk editing yang cukup banyak dipakai para youtuber dan sangat direkomendasikan adalah Kinemaster. Hal ini karena Kinemaster merupakan apk yang cukup sederhana dan mudah dipakai oleh para pemula.

Tata letak dan interface-nya sangat simpel sehingga memudahkan para penggunanya untuk mengedit, baik yang sudah terbiasa main HP maupun yang belum. Jika Anda masih baru di dunia editing, maka satu dua kali adaptasi sudah cukup untuk menguasai fitur-fitur yang ada di dalam Kinemaster.

Yang perlu menjadi catatan, jika Anda menggunakan Kinemaster versi free, maka akan ada watermarknya di salah satu sudut video. Solusinya, Anda harus membeli Kinemaster Pro agar watermark tersebut hilang.

4. Cara edit video youtube dengan Filmora

Selain Kinemaster, cara edit video untuk youtube juga bisa Anda lakukan dengan aplikasi lain, yakni Filmora.

Sama dengan Kinemaster, tampilan Filmora juga cukup sederhana dan mudah dipahami. Salah satu hal yang membedakan keduanya adalah letak watermark.

Jika Kinemaster meletakkan logonya di salah satu sudut video sebagai watermark, maka letak watermark Filmora berada di akhir video berupa cuplikan 5 detik.

5. Aplikasi perekam suara untuk Youtuber, Easy Voice Recorder

Apk perekam layar, video, dan editing biasanya memang sudah dilengkapi dengan perekaman suara. Namun, ada kalanya Anda membutuhkan apk perekam suara tambahan untuk mendapatkan hasil yang lebih jernih.

Lihat juga >>  Cara Youtuber Dapatkan 4000 Jam Tayang dengan Cepat Aman

Bila kondisinya demikian, maka salah satu rekomendasi aplikasinya adalah Easy Voice Recorder. Aplikasi wajib youtuber pemula ini sangat cocok buat semua kalangan, termasuk siswa, pebisnis, dan musisi.

Selain bisa menghasilkan rekaman yang lebih jernih, Easy Voice Recorder versi pro juga dapat dipakai untuk merekam berbagai macam jenis file. Misalnya Mp3, aac, dll.

Dengan Easy Voice Recorder versi pro, Anda juga bisa merekam audio dari microphone bluetooth. Selain itu, masih banyak fitur keren lainnya.

6. Apk untuk memperbaiki kualitas audio, Lexis Audio Editor

Jika Anda melakukan perekaman dan ternyata audio internal smartphone menangkapnya dengan kualitas kurang bagus, misal jadi kecil dan tidak begitu terdengar. Maka solusinya adalah menginstal aplikasi Lexis Audio Editor.

Sesuai dengan namanya, apk ini dapat dipakai untuk mengedit suara yang terekam dalam sebuah video. Bila suaranya terdengar sangat lirih, maka Anda bisa memperbaiki kualitasnya memakai noise reduction. Gunakan juga amplifier atau equalizer untuk menghasilkan suara yang lebih berkualitas.

7. Membuat thumbnail otomatis, Video to Photo

Setelah videonya selesai diedit, maka proses berikutnya adalah menyiapkan thumbnail. Jika Anda ingin membuat thumbnail otomatis melalui potongan gambar yang ada dalam konten yang mau diunggah, maka gunakan aplikasi Video To Photo.

Sesuai namanya, dengan aplikasi wajib youtuber pemula ini Anda bisa mengubah salah satu potongan momen di konten menjadi sebuah foto yang dapat dijadikan thumbnail.

Silakan pilih momen yang paling menarik dan sekiranya mengundang rasa penasaran penonton, kemudian silakan jadikan foto dan thumbnail.

8. Aplikasi editing foto dengan tema menarik, Canva

Thumbnail juga bisa dibuat melalui Canva. Aplikasi ini menawarkan ribuan template gratis untuk mengedit foto secara otomatis.

Lihat juga >>  Cara Hapus Video di Youtube Lewat HP dan PC/Laptop

Anda bisa menggunakan app Video To Photo untuk mendapatkan gambar thumbnail. Bila sudah, agar lebih menarik Anda dapat mengeditnya di Canva. Di sini, ada beragam pilihan font hingga stiker untuk membuat tampilan thumbnail makin dinamis dan tidak membosankan.

9. Pilihan aplikasi pembuat thumbnail menarik, Ultimate Thumbnail Maker

Aplikasi berbintang 4,3 ini dapat dipakai untuk membuat thumbnail yang unik dan menarik. Anda bisa memilih background tema yang disediakan oleh aplikasi, kemudian mengeditnya dengan foto yang ada di video yang sudah dihilangkan background-nya.

Aplikasi wajib youtuber pemula - Ultimate Thumbnail Maker

Meskipun menyediakan template dan tema yang beragam, aplikasi ini menawarkan hasil yang unik dan punya ciri khas dari editornya.

10. Aplikasi youtuber pemula modal HP untuk analitik, Youtube Studio

Setelah proses editing dan pembuatan thumbnail selesai, Anda harus segera mengunggahnya ke Youtube. Nah, dari sini Anda harus punya aplikasi Youtube Studio.

Aplikasi youtuber pemula modal HP untuk analitik, Youtube Studio

Hal ini karena lewat aplikasi ini Anda bisa mengecek bagaimana engagement dari konten yang diunggah. Anda akan tahu secara detail tentang jumlah views, subscribers, komentar, hingga like. Di sini, analitik konten disajikan dengan ringkas dan mudah dibaca.

Artinya, Anda tidak memerlukan laptop atau PC untuk mengetahui bagaimana performa channel, cukup dengan mengunduh Youtube Studio, semua beres!

Tips mendapatkan subscribers dan views cepat

Sebagai pemula, tentu Anda mengejar subcribers dan viewers yang banyak agar bisa segera mendaftar ke Google Adsense. Silakan simak tips di bawah ini agar channel Anda laris manis:

  1. Tentukan niche khusus untuk membuat konten.
  2. Buatlah foto profil dan sampul yang unik dan mencirikan channel Anda.
  3. Buat konten yang unik dan menarik.
  4. Bagikan ke media sosial agar penontonnya banyak.
  5. Hindari penyebab channel youtube di banned.

Itulah beberapa aplikasi wajib youtuber pemula yang hanya bermodal HP. Selamat mencoba dan semoga sukses.

meri puspita
 

Seorang penulis dan penggiat sosial media yang selalu gatal untuk menulis tentang hal-hal baru seputar dunia teknologi dan sosial media dengan bahasa yang mudah dimengerti tanpa embel-embel IT

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami