Fungsi Tag di Youtube & Cara Membuatnya Biar Ramai Viewer

Jangan sepelekan, fungsi tag di youtube sangat penting. Kenali dengan baik dan isilah dengan benar supaya video Anda bisa mendapatkan banyak tayangan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulasnya. Selain mengenal apa fungsi tag youtube, Anda juga akan diajak untuk mencoba cara membuat tag yang benar agar video bisa muncul di halaman pencari sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Selamat menyimak.

Apa itu Tag?

Secara simpel, tag didefinisikan sebagai kata kunci deskriptif, bisa juga disebut second keyword. Kata kunci ini ditambahkan pada sebuah video untuk membantu para penonton menemukan konten yang Anda unggah di youtube.

Selain tag, elemen lain yang tak kalah penting adalah thumbnail, judul, dan deskripsi video. Ketiganya adalah pemegang peran utama apakah seseorang akan menonton video Anda atau tidak saat ditampilkan di halaman pencarian.

Nah, setelah penonton menemukan video yang dicari kemudian memutarnya, maka mereka bisa mendapatkan kesan baik bila cara membuat intro youtube yang Anda lakukan sudah baik dan benar.

Ya, intro youtube merupakan salah satu cara untuk branding. Tags memang bisa membantu konten ditemukan, tapi bila tidak ada kesan yang ditinggalkan kepada penonton melalui intro, maka kans untuk mereka kembali ke channel juga kecil.

Fungsi tag di youtube

Sebagaimana disebutkan di atas, tags merupakan keyword kedua yang bersifat deskriptif. Dia ditulis dengan tujuan untuk mendeskripsikan keyword utama yang Anda angkat pada sebuah konten.

Fungsi tag di youtube

Dengan kata lain, fungsi tag di youtube adalah untuk membantu youtube memahami topik video yang sedang Anda angkat. Pada kelanjutannya, hal ini akan menaikkan kemungkinan visibilas video Anda di hasil pencarian.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa tags memiliki peran yang sangat penting sebagai salah satu faktor dalam optimasi konten.

Lihat juga >>  10 Youtuber Indonesia dengan Subscribers Terbanyak, Ada yang Se-Asia Tenggara

Untuk memahaminya secara mudah, silakan bayangkan bahwa judul yang dipakai berisi keyword utama (topik). Sedangkan untuk kata kunci turunannya yang lebih banyak dan variatif, silakan masukkan dalam kolom tags.

Fungsi tag lainnya adalah untuk meningkatkan kans ditemukannya video saat Anda salah tulis ejaan pada sebuah konten, termasuk sinonim kata.

Cara mencari tag youtube secara manual

Karena cukup penting untuk peningkatan engagement channel, maka pencarian dan pemilihan kata kuncinya tidak bisa sembarangan. Kita juga tidak bisa asal tebak kata kunci lalu memasukkannya ke dalam kolom tag begitu saja.

Lantas, bagaimana caranya? Simak ulasan di bawah ini:

Harus relevan

Hal yang paling utama dan perlu diperhatikan dalam pemilihan tag adalah relevansi. Youtube berharap para youtuber menuliskan tags yang sesuai dengan isi atau topik video yang diunggah.

Ketika topik dan tags sudah sejalan, maka saat ada orang yang mencari video dengan mengetikkan kata kunci yang intinya sama dengan topik tersebut, video Anda akan ditampilkan di hasil pencarian.

Selanjutnya, konten tersebut akan bersaing untuk mendapatkan klik “play” dari para pencari. Proses persaingan ini dipengaruhi oleh thumbnail, judul, dan deskripsi yang dibuat. Sebab dari sinilah biasanya si pencari akan memutuskan mau memainkan video yang mana.

Menggunakan suggestion dari youtube

Saat Anda mencari video di youtube dan mengetikkan sebuah kata kunci di kolom pencarian, ada saran-saran kata yang akan muncul di bawahnya.

Nah, Anda bisa menggunakan suggestion ini untuk dijadikan sebagai judul dan tag. Pilih kata kunci yang paling utama untuk dimasukkan ke dalam judul. Kemudian, bagian tag-nya bisa diisi dengan keyword senada yang muncul di suggestion tersebut.

Manfaatkan sinonim kata

Masukkan sinonim kata dari keyword utama untuk dituliskan sebagai tag video.

Lihat juga >>  Cara Menghapus Channel Youtube Sendiri di HP dan Laptop

Cara membuat tag video youtube lewat aplikasi

Bila 3 cara di atas masih membuat bingung, ada yang lebih pasti. Apa itu? Pakailah aplikasi untuk memilih dan mencari tag youtube.

Cara membuat tag video youtube lewat aplikasi

Youtube studio

Ini merupakan aplikasi bawaan yang disediakan oleh youtube untuk para youtuber. Aplikasi ini bisa dibuka melalui laptop dan HP. Kalau dari HP, Anda bisa mengunduhnya di Play Store atau Apps Store.

Berikut ini adalah langkah untuk mengoptimalkan tag melalui aplikasi di HP:

  1. Buka Youtube Studio.
  2. Pilih garis horizontal tiga di pojok kiri atas.
  3. Pilih Analytics.
  4. Klik Penemuan.
  5. Scroll ke bawah, lihat pada bagian “Istilah Penelusuran Youtube Teratas”.

Di sinilah terdapat informasi mengenai kalimat yang dimasukkan para pencari di kolom pencarian untuk menemukan video Anda.

Apabila ingin menemukan keyword untuk masing-masing video, silakan ikuti langkah di bawah ini:

  1. Buka Youtube Studio.
  2. Pilih garis horizontal tiga di pojok kiri atas.
  3. Klik Videos.
  4. Pilih video yang ingin dicek.
  5. Pada bagian Analytics, klik Lihat Lainnya.
  6. Klik Penemuan.
  7. Geser ke bawah dan cek pada “Istilah penelusuran Youtube teratas”.

Nah, apabila ada istilah yang belum Anda masukkan di tag. Silakan edit video dan memasukkan ulang kata tersebut. Kata-kata tersebut juga bisa Anda tuliskan pada tag video lainnya yang bertopik sama apabila Anda membuatnya di kemudian hari.

Bila Anda menggunakan PC, silakan masuk ke akun youtube dan buka analitik di Youtube Studio.

TubeBuddy

TubeBuddy merupakan aplikasi riset keyword yang cukup terkenal di kalangan youtuber. Mayoritas menggunakan aplikasi ini untuk meningkatkan posisi atau rangking konten dalam hasil pencarian.

Anda bisa memasang TubeBuddy di Android dengan mengunduhnya di PlayStore. Jadi, kapan pun dibutuhkan, Anda bisa membukanya.

Aplikasi ini bisa dipakai untuk menentukan keyword utama dan keyword turunan dengan mudah. Sebab ada informasi search volume, search per month, hingga kompetisinya.

Lihat juga >>  Cara Hapus Riwayat Youtube di HP & PC, Manual & Otomatis

VidIQ

Selain TubeBuddy, VidIQ juga menjadi salah satu tools yang disarankan untuk mengoptimalkan fungsi tag di youtube. Secara umum, fitur yang ditawarkan VidIQ ini hampir sama dengan TubeBuddy.

Perbedaan kecilnya hanya terlihat pada fitur ekspor tag ke CSV dengan klik satu kali saja. Anda pun tidak perlu menambahkan list tag terlebih dulu.

Selain aplikasi di atas, Anda juga bisa coba Morning Fame dan ahrefs.

Cara memasukkan atau mengganti tag

Setelah paham bagaimana cara mencari dan mendapatkan tag yang paling tepat untuk konten Anda, kini saatnya menuliskannya dalam video. Simak caranya di bawah ini.

Cara memasukkan atau mengganti tag

Cara memasukkan tag pada video yang akan di-upload

Untuk menambahkan kata kunci kedua pada saat pengunggahan video baru, silakan ikuti langkah di bawah ini:

  1. Upload video seperti biasa.
  2. Masukkan judul.
  3. Masukkan deskripsi.
  4. Atur publisitas konten.
  5. Tuliskan tag yang relevan pada kolom yang disediakan.

Cara mengganti atau menambahkan tag pada video lama

Apabila ingin mengedit tag yang ada di video lama, berikut langkahnya:

  1. Buka browser dari laptop atau PC.
  2. Klik youtube.com.
  3. Masuklah ke akun Anda.
  4. Klik ikon profil dan ketuk Youtube Studio.
  5. Pilih Videos
  6. Arahkah pointer pada video yang akan ditambahkan tag.
  7. Pilih ikon pensil (Details).
  8. Scroll ke bawah dan isikan tag baru ke kolom Tags.
  9. Enter bila sudah selesai satu istilah.
  10. Klik save untuk menyimpan perubahan.

Dengan begini, Anda bisa meningkatkan fungsi tag di youtube secara optimal. Artinya, jumlah penayangan dan subscribers bisa bertambah secara organik. Jika Anda butuh yang lebih cepat, menghubungi tempat jual subscribers youtube jadi solusi terbaik.

meri puspita
 

Butuh Bantuan? Chat dengan kami