Cara Membuat Intro Youtube di HP dan PC (Aplikasi & Online)

Makin mudah! Kini para youtuber bisa coba cara membuat intro youtube secara online dan lewat aplikasi. Template-nya tersedia, jadi tinggal edit-edit saja. Mau? Cek ulasan berikut ini.

Intro merupakan salah satu bagian dari video yang cukup penting. Secara umum, fungsinya adalah sebagai ciri khas. Pada kelanjutannya ciri khas inilah yang akan menaikkan brand dan membuat channel Anda diingat orang.

Maka dari itu, banyak sekali youtuber yang berlomba menaruh opening video pada konten yang mereka unggah di youtube.

Sayangnya, butuh keahlian khusus untuk membuatnya. Tak hanya keahlian desain, Anda butuh keahlian lain seperti tata kelola audio (musik) dan video.

Tapi tenang, pada kesempatan kali ini kami akan membahas cara mudah membuat intro video memakai intro maker. Cara ini bisa dilakukan melalui laptop dan HP. Selamat menyimak.

Cara membuat intro youtube di android pakai aplikasi

Karena makin banyak yang menggunakan smartphone untuk mengelola saluran di youtube, maka mari kita mulai pembahasan dari sini.

Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat intro di youtube. Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store dengan gampang. Selain itu, bisa juga dipelajari dengan cepat agar terbiasa.

Berikut adalah beberapa pilihan yang kami rekomendasikan:

Cara membuat intro youtube di android pakai aplikasi

Intro Maker for Youtube

Aplikasi pertama yang sudah diunduh lebih dari 10 juta orang dengan rating di Play Store 4.6 dari 5 adalah Intro Maker. Dengan aplikasi ini, Anda bisa membuat intro hanya dalam beberapa menit sebab sudah tersedia beragam template di dalamnya.

Template-template ini ada yang gratis, ada pula yang berbayar. Khusus untuk yang berbayar, ada semacam member VIP dengan biaya dan ketentuan khusus. Bila Anda memang sedang membutuhkannya, silakan beli.

Akan tetapi jika masih coba-coba, maka sebaiknya latihan dulu menggunakan aplikasinya dengan memakai template yang gratis. Toh, template gratisnya sudah cukup banyak pilihan dengan tema Sport, Games, Cool, Cute, dan yang lainnya.

Lihat juga >>  Cara Melihat Subscriber Youtube Kita via PC dan Smartphone

Semua tema ini bisa Anda pilih secara leluasa dengan memperhatikan niche channel yang Anda usung.

Selain template, intro maker juga menyediakan musik dan font-font yang kece. Jadi, recommended buat dicoba.

Sebagai tambahan informasi, musik yang ada di sini juga sudah dilengkapi dengan link source yang bisa dimasukkan dalam deskripsi youtube. Tujuannya adalah agar video Anda tidak melanggar copyright.

PixelFlow

Fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk membuat teks bergerak (berjalan). Jadi, fitur yang tersedia di dalamnya lebih ke pembuatan teks.

Terdapat banyak sekali template dengan tema-tema berbeda. Tema edukasi termasuk di dalamnya. Anda bisa melakukan editing dengan mudah karena semua informasi tersaji dalam tampilan satu layar penuh. Sangat cocok buat pemula.

Soal audio, tampaknya Anda harus menyiapkan file musik sendiri dan menyimpannya di internal storage. Karena saat hendak memasukkan suara, Anda akan langsung dihubungkan ke memori internal.

Render-nya cepat dengan 3 pilihan resolusi. Semakin tinggi resolusi semakin lama pula render-nya.

Selain 2 aplikasi di atas, masih banyak aplikasi lain yang bisa Anda coba. Silakan cari di Play Store dengan kata kunci Intro Youtube atau Intro Maker dan temukan aplikasi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara membuat intro youtube di laptop (situs intro 3D)

Jika membuat intro perlu mendownload dulu aplikasi, tidak demikian dengan laptop. Sebab  Anda bisa melakukannya langsung melalui situs online.

Berikut ini adalah beberapa situs yang biasanya digunakan oleh para youtuber:

Cara membuat intro youtube di laptop (situs intro 3D)

Biteable

Ini adalah situs pertama yang cukup banyak direkomendasikan. Anda perlu mendaftar sebagai member untuk bisa menikmati fitur yang tersedia di dalamnya.

Yang menarik, tak hanya opening video youtube yang bisa Anda buat. Melainkan juga video-video lain yang menarik. Ada banyak sekali pilihannya dan youtube intro hanya salah satunya.

Lihat juga >>  10 Youtuber Indonesia dengan Subscribers Terbanyak, Ada yang Se-Asia Tenggara

Anda bahkan bisa memasukkan logo pribadi ke dalam Biteable saat pembuatan intro.

Khusus untuk youtube intro, tersedia beragam template yang anti mainstream, lucu, dan keren. Tapi sekali lagi, untuk mulai mengeditnya daftarlah terlebih dulu.

Panzoid

Panzoid juga menyediakan layanan pembuatan opening video secara gratis. Di sini, Anda bisa membuat sebuah opening dengan menyertakan animasi atau logo. Anda juga bebas mengubah background dan menambahkan audio.

Jadi, sangat mungkin disesuaikan dengan niche channel.

FreeIntroMaker

Sesuai dengan namanya, layanan di situs ini juga gratis. Selain gratis, pembuatan intro juga bisa dilakukan dengan mudah. Template-template yang ada di sini sangat simpel dengan tata kelola yang mudah pula.

Anda cukup mengedit dengan memasukkan title dan subtitle. Juga mengganti resolusi, format, dan yang lainnya.

Motionden

Selanjutnya ada motionden. Templatenya simpel, kece, dan benar-benar mudah diingat. Orang yang melihatnya bisa seketika jatuh cinta.

Selain intro, Anda juga bisa membuat video animasi, iklan, bisnis, pendidikan, e-commerce, corporate, fashion, gaming, info grafis, dll. Sangat lengkap.

Untuk mulai mengedit video, Anda perlu mendaftar dulu. Pendaftaran bisa dilakukan dengan menggunakan akun Google atau Facebook.

Tips membuat intro youtube keren

Pekerjaan Anda dalam membuat intro memang sudah makin dimudahkan oleh kehadiran aplikasi dan situs online. Tapi tetap saja untuk membuat opening video, Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar hasilnya berbuah manis.

Apalagi layaknya cara mengganti thumbnail youtube, pembuatan intro juga dirasa perlu untuk meningkatkan engagement. Maka dari itu, berikut ini adalah tips agar opening video jadi menarik dan ditonton sampai habis:

Tips membuat intro youtube keren

Durasinya kurang dari 10 detik

Jangan buat opening yang terlalu panjang. Buatlah pendek saja, maksimal 10 detik. Kurang dari 10 detik lebih baik.

Lihat juga >>  Cara Minimize Youtube di PC, Android, dan iPhone

Pakailah musik

Musik merupakan pengisi, pembakar semangat, sekaligus cara untuk membuat orang tetap berada di channel Anda setelah intro dimainkan. Hal ini karena musik bisa menghilangkan kejenuhan meskipun durasinya hanya sebentar.

Masukkan nama channel

Jangan lupa menuliskan nama channel baik di bagian title maupun subtitle.

Jangan letakkan intro pas di awal-awal

Coba perhatikan acara TV, anime, atau semacamnya. Sebelum mereka memutar musik pembuka, biasanya ada klip video yang dimainkan terlebih dulu. Entah episode sebelumnya atau salah satu cuplikan penting dari isi video.

Baru setelah itu, musik pembuka dimainkan. Lalu dilanjutkan dengan video utuhnya dan ditutup dengan Outro.

Pastikan isinya bisa mendukung brand yang Anda usung

Jika Anda jualan atau menjalankan bisnis online, maka buatlah intro yang bisa mendukung brand tersebut.

Pilih satu dan konsisten

Kalau masih jadi youtuber baru dan gonta-ganti intro, rasanya tidak terlalu masalah. Tapi jika sudah lama, sebaiknya tentukan pilihan dengan cermat. Pilihlah intro yang paling sesuai dan gunakan opening video tersebut secara terus menerus.

Pemakaian yang terus menerus dan konsisten ini akan jauh lebih mudah diingat oleh penonton dibanding memakai beberapa intro bergantian.

Apabila opening yang Anda buat sudah diingat orang, maka bukan tidak mungkin mendapatkan subscriber tambahan akan jauh lebih mudah dari pada sebelumnya.

Kalaupun kesulitan untuk mendapatkan engagement, Anda bisa mencoba beli subscribers youtube agar performanya meningkat.

Itulah daftar aplikasi, situs, dan tips yang bisa dilakukan dalam cara membuat intro youtube. Selamat memilih dan mencobanya.

meri puspita
 

Butuh Bantuan? Chat dengan kami