Cara Menambah Channel Youtube di HP Android dan PC

Dalam satu akun, Anda bisa punya banyak kanal sekaligus. Cari tahu cara menambah channel youtube melalui HP dan PC agar bisa mengelola berbagai niche hanya dari satu akun.

Dengan mengelola berbagai niche dalam satu akun, kesempatan untuk mendapatkan banyak viewers semakin meningkat. Anda juga bisa mengecek mana niche yang paling banyak ditonton orang dan bisa memilih mau dimonetisasi yang mana.

Ini cocok sekali untuk Anda yang masih belajar dan ingin menemukan niche yang tepat untuk dikelola secara serius sehingga bisa menghasilkan di Youtube.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengajak Anda untuk melihat bagaimana cara menambah channel dalam satu akun youtube. Selamat menyimaknya sampai selesai.

Cara membuat channel youtube di android

Cara membuat channel youtube di android

Sebelum berniat menambahkan kanal, terlebih dulu Anda harus membuat channel pribadi dulu. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Youtube for android atau situsnya melalui browser.
  2. Coba upload video dengan klik ikon kamera yang ada tanda plusnya.
  3. Jika Anda memang belum punya kanal sama sekali, maka youtube akan memandu untuk membuat kanal baru sehingga bisa mengunggah video.
  4. Ikuti seluruh langkahnya, isikan data-data yang diperlukan dengan benar.
  5. Periksa dengan detail data-data tersebut seperti deskripsi, nama channel, hingga pengaturan privasinya.
  6. Selesaikan langkahnya sampai kanal berhasil dibuat.

Dengan langkah di atas Anda sudah berhasil membuat kanal yang bisa diisi konten sesuai dengan niche atau kebutuhannya.

Cara menambah channel youtube di android

Cara menambah channel youtube di android

Setelah membuat channel, sekarang saatnya Anda mencoba berlatih membuat kanal baru dengan menambahkannya ke akun yang sama. Bila pengelolaan kanal dilakukan melalui HP, berikut ini langkah yang dapat dilakukan:

  1. Buka youtube.com melalui browser yang ada di smartphone.
  2. Log in dengan memasukkan email dan password.
  3. Setelah berhasil masuk, silakan kunjungi Youtube Switcher.
  4. Caranya adalah dengan klik link ini.
  5. Klik tanda positif yang ada tulisannya create a new channel.
  6. Anda akan masuk ke halaman baru yang mengharuskan untuk membuat brand. Silakan tuliskan nama baru yang Anda inginkan di kolom yang tersedia.
  7. Jika sudah, jangan lupa untuk klik Buat atau Create.
Lihat juga >>  Cara Minimize Youtube di PC, Android, dan iPhone

Itulah cara menambah channel youtube di akun yang sama melalui android. Agar tampilannya lebih mantap, jangan lupa aktifkan tampilan situs desktop.

Cara membuat channel youtube di laptop dan menambahkan yang baru

Untuk membuat kanal baru, Anda bisa mengikuti langkah-langkah pembuatan channel yang disampaikan pada sub bab pertama di atas (lakukan versi browser). Kemudian, jika ingin menambahkan kanal bisnis, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka situs youtube dari browser yang ada di komputer, PC, desktop, atau laptop.
  2. Masuk menggunakan akun gmail (input username dan password-nya).
  3. Setelah berhasil masuk, silakan kunjungi https://www.youtube.com/channel_switcher.
  4. Klik tanda positif yang ada tulisannya create a new channel.
  5. Anda akan diarahkan masuk ke halaman yang mengharuskan untuk membuat brand. Silakan tuliskan nama baru yang diinginkan pada kolom yang tersedia.
  6. Jika sudah, jangan lupa untuk klik Buat atau Create.

Isikan seluruh data yang dibutuhkan mulai dari nama hingga deskripsi channel dan jangan lupa klik Selesai jika semua langkah sudah dilewati dan kanal berhasil dibuat.

Informasi mengenai nama kanal hingga deskripsi ini bisa diganti sewaktu-waktu setelah kanal sudah jadi. Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikannya dengan saksama.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat membuat atau menambahkan kanal baru

Apabila Anda serius ingin menjadi youtuber dan mau menghasilkan uang dari platform satu ini, maka mempertimbangkan pembuatan channel dengan sebaik-baiknya adalah opsi penting yang harus dilakukan.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat membuat atau menambahkan kanal baru

Oleh karena itu, silakan perhatikan hal-hal di bawah ini saat Anda sedang membuat atau menambahkan channel baru:

Channel pribadi dan bisnis

Biasanya, kanal yang dibuat pertama kali adalah channel pribadi. Jadi, informasinya juga masih sangat pribadi dan mendasar.

Lihat juga >>  Ukuran Sampul Youtube Header Channel dan Cara Editnya

Sementara channel tambahan umumnya dibuat untuk brand dan lebih mengutamakan bisnis. Para youtuber yang menghasilkan uang melalui Google Adsense biasanya juga memakai channel ini untuk dipasangi iklan, meski tidak semuanya begitu.

Yang jelas, channel pertama yang dibuat biasanya adalah channel coba-coba dan sifatnya masih latihan. Berbeda dengan kanal berikutnya yang memang sudah dipikirkan dengan matang dan penuh persiapan.

Persiapkan nama kanal hingga deskripsi dengan baik

Sebelum menambahkan kanal baru, sebaiknya siapkan juga nama brand yang ingin dipakai sehingga bisa easy listening dan menjadi brand unik buat diri pribadi.

Selain itu, silakan siapkan deskripsi singkat mengenai kanal Anda. Apa saja yang ingin dibuat sebagai konten. Sertakan link ke media sosial seperti instagram, facebook, atau yang lainnya.

Anda juga perlu menyiapkan foto profil yang kece, header youtube, dan komponen lain.

Jika memang serius menjadi youtuber, baiknya Anda memilih foto profil yang unik dan mencerminkan diri Anda. Selain itu, mulailah belajar cara membuat header youtube keren agar channel Anda bisa dengan mudah dikenali orang.

Pertimbangkan waktu dalam pengelolaan channel

Meski bisa membuat kanal dalam jumlah banyak di satu akun, Anda juga tidak bisa langsung membuat puluhan kanal dalam satu akun. Kenapa?

Pertimbangan waktu adalah yang paling utama dalam pengelolaan channel. Jika Anda mengelola banyak kanal, maka yang pasti ada banyak hal yang harus diurus. Mulai dari konten, performa atau engagement, profil, dan yang lainnya.

Bila demikian adanya, mungkin Anda tidak bisa fokus. Justru malah keteteran karena harus mengelola subscribers secara terpisah-pisah dalam jumlah banyak.

Saran kami, mulailah dengan maksimal 3 channel. Kemudian lihat masing-masing performanya. Mana yang paling bagus, itulah yang ditelateni dan bisa dibuat jadi kanal yang menghasilkan dengan mendaftarkannya di Google Adsense.

Lihat juga >>  Reupload Video Youtube, Larangan dan Cara Mengetahuinya

Atau solusi lainnya adalah menambahkan pengelola channel. Hanya saja, solusi ini berlaku jika Anda adalah pemegang akun bisnis. Jika tidak, maka solusi ini tidak bisa dijalankan sehingga harus kembali ke solusi pertama.

Jangan lupa riset sebelum membuat atau menambahkan channel baru

Bagaimanapun, demi bisa menghasilkan uang di Youtube, Anda tidak bisa sembarangan upload video. Ada cara-cara yang harus dilakukan supaya konten masuk ke halaman pencarian dan mendapatkan banyak kunjungan.

Salah satu cara agar channel Anda dilirik orang adalah dengan melakukan riset dulu. Cari tahu niche dengan tepat dan dapat dikuasai dengan baik sehingga kontennya dapat disajikan dengan maksimal.

Bila sudah ketemu, silakan dioptimasi dengan baik. Lakukan uploading konten secara teratur. Beri tag sesuai dengan keyword yang dituju, dan cara-cara optimasi lainnya.

Dengan melakukan semua itu, diharapkan view konten akan naik secara signifikan. Jika belum, Anda bisa langsung beli views youtube terbaik terlebih dulu.

Demikian informasi mengenai cara menambah channel youtube. Silakan diaplikasikan sendiri dan selamat mengais rezeki di dunia digital. Semoga beruntung.

meri puspita
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami