Pemula wajib tahu cara mendapatkan subscriber agar channel Youtube cepat berkembang dan jadi terkenal. Dengan begitu, pemilik channel juga bisa segera mendaftarkan akunnya ke Google Adsense agar bisa segera dioptimasi dan menghasilkan uang.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas tentang bagaimana cara menaikkan subscriber Youtube dengan mudah dan murah. Ikuti langkahnya dengan baik agar bisa sukses sebagai youtuber.

Begini cara mendapatkan subscriber Youtube yang asli dan pasti sukses

Begini cara mendapatkan subscriber Youtube yang asli dan pasti sukses

Sebagaimana kita tahu, subscribers merupakan salah satu poin terpenting dalam perkembangan sebuah channel Youtube. Ini adalah salah satu indikator engagement yang didapatkan oleh kanal.

Kalau sedikit, maka berarti tingkat keberhasilan kontennya juga tidak begitu bagus. Sebaliknya, jika banyak, maka bisa dibilang bahwa kanal tersebut bisa menarik perhatian orang dengan konten-konten yang cukup keren.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya mendapatkan subscribers di Indonesia itu tidak sesulit yang dibayangkan. Hal ini karena di Indonesia terdapat banyak sekali pengguna Youtube. Merekalah yang nantinya akan menjadi pangsa pasar atau calon penonton kanal Youtube Anda.

Dibanding di luar negeri, Indonesia jelas memiliki populasi pengguna Youtube yang lebih besar. Itulah mengapa konten-konten yang ada di Indonesia lebih mudah masuk trending dan menjadi viral.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk dapat menaikkan subscriber Youtube:

Lihat juga >>  Cara Mengganti Foto Profil di Youtube dan Ketentuannya

1. Meminta bantuan teman

Sudah bukan rahasia jika meminta bantuan teman adalah salah satu cara tercepat yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tambahan subscriber. Apalagi jika teman Anda juga punya kanal. Artinya, Anda bisa mengajaknya untuk bertukar subscribe.

Cobalah share link channel ke grup WA sekolah atau langsung mengirimi pesan secara pribadi kepada teman-teman.

2. Informasikan kepada penonton tentang konten berikutnya

Pada saat bikin konten, usahakan untuk memberikan informasi mengenai konten berikutnya kepada penonton.

Begini cara mendapatkan subscriber Youtube yang asli dan pasti sukses - informasi tentang konten berikutnya

Hal ini akan memunculkan rasa penasaran yang pada kelanjutannya akan mendatangkan pengikut secara bertahap dalam jangka waktu tertentu.

3. Jaga interaksi dengan penonton dan jalinlah pertemanan

Selama menjadi youtuber, Anda harus selalu aktif. Jangan hanya fokus pada pembuatan konten tapi lupa untuk mengelola engagement-nya.

Contohnya, pada saat ada orang yang berkomentar di salah satu konten Anda, balaslah komentar tersebut atau berinteraksilah dengan intens agar mereka juga merasa diperhatikan.

Selain itu, saat Anda menonton video orang lain, video-video viral, atau yang lainnya, silakan bubuhkan komen di kolom komentar. Jalinlah pertemanan dengan pengguna lain dengan cara berbalas komentar pada konten yang sama-sama menarik buat Anda dan orang tersebut.

4. Perbarui keindahan channel Anda

Silakan percantik channel Anda. Misalnya dengan membuat header, menuliskan deskripsi yang menarik, dan yang lainnya. Selain itu, atur juga kategori-kategorinya agar terlihat rapi dan tidak berantakan.

5. Buat thumbnail yang kece dan khas

Berikutnya, Anda harus membuat thumbnail yang bagus dan punya ciri khas. Coba perhatikan kanal-kanal terkenal di Indonesia, mereka membuat thumbnail yang tegas, unik, dan punya ciri khas.

Biasanya, thumbnail semacam ini lebih mudah menarik perhatian orang dan juga mudah diingat.

6. Masukkan link video ke website

Setelah membuat konten di Youtube, silakan bagikan link-nya ke website atau blog pribadi. Masukkan embed video supaya para pengunjung website bisa langsung klik dan ikut menontonnya. Bila tertarik dengan seluruh konten, pengunjung website tersebut berpotensi menjadi subscriber.

7. Bagikan konten di media sosial

Selain melalui website, Anda juga bisa membagikan konten ke media sosial. Ini juga cara yang paling mudah untuk mendapatkan banyak viewer atau menyebarkan informasi mengenai kanal Anda. Bagikan cuplikan video agar lebih menarik dan bikin penasaran.

Lihat juga >>  Cara Membuat Channel Youtube Menarik dan Menghasilkan

8. Gunakan tools berupa tombol klik pada video

Ada banyak tools yang bisa digunakan pada video di Youtube. Nah, manfaatkanlah ini sebagai cara mendapatkan subscriber Youtube terbaik. Masukkan tools link untuk langsung subscribe ke channel Anda.

9. Manfaatkan playlist

Buatlah playlist yang lengkap dan bagus. Khususnya untuk konten-konten yang isinya hampir sama atau saling berhubungan. Ini akan membantu penonton untuk memutar video yang temanya sama sehingga informasi yang didapatkan bisa menyeluruh atau komprehensif.

10. Giveaway dan kontes

Cobalah lakukan giveaway atau kontes untuk mendapatkan subscribers. Cara ini hampir sama dengan beli subscriber Youtube aktif karena Anda perlu mengeluarkan sejumlah uang.

Misalnya dengan memberikan lomba tertentu dengan hadiah tertentu dan syaratnya harus menjadi subscribers terlebih dulu.

Cara ini sudah banyak dilakukan oleh para youtuber Indonesia, salah satunya adalah Rans Entertainment. Anda pun bisa mencobanya juga dengan cara yang unik dan menarik.

11. Rayakan pencapaian

Setiap kali ada pencapaian baru, jangan segan untuk merayakannya. Perayaan ini tidak hanya akan berdampak pada rasa percaya diri Anda dalam mengelola kanal, tetapi juga menjadi ungkapan rasa terima kasih kepada seluruh pengguna yang sudah mau menjadi subscribers Anda selama ini.

Mereka akan merasa dihargai dan dihormati sehingga loyalitasnya juga mungkin akan meningkat.

12. Upload video secara konsisten dan terjadwal

Sesedikit apa pun jumlah pelanggan atau subscriber yang Anda punya, jangan abaikan mereka. Untuk mereka yang sudah menjadi subscriber, teruslah berkarya dengan mengunggah konten secara rutin dan terjadwal.

Pastikan bahwa isi kontennya bagus sehingga tetap menarik buat para pelanggan. Tujuannya adalah agar mereka betah menjadi salah satu subscriber di kanal tersebut.

Lihat juga >>  Cara Unsubscribe Semua Channel Youtube Secara Instan

13. Riset keyword dulu untuk memaksimalkan judul, tag, dan deskripsi

SEO merupakan salah satu hal yang penting untuk meningkatkan subscribers dan viewers Youtube. Nah, salah satu cara untuk memaksimalkan SEO adalah dengan melakukan riset keyword sebelum mengunggah video.

Nantinya, kata kunci yang didapatkan bisa ditulis pada judul, deskripsi video, dan tag. Dengan optimasi semacam ini, konten akan lebih mudah di-notice orang karena bisa masuk halaman pencarian.

14. Buat video unik

SEO itu memang penting, tapi kadang Anda juga perlu membuat konten yang berbeda dari yang lain dan tidak terbayangkan oleh para pengguna dan youtuber lainnya. Pilihlah konten unik semacam ini dan sesekali upload-lah ke kanal Anda.

Begini cara mendapatkan subscriber Youtube yang asli dan pasti sukses - buat video unik

Konten yang berbeda biasanya akan menarik perhatian sebab bisa memberikan rasa fresh pada channel tersebut. Hal ini juga akan membuat para pelanggan tidak akan bosan dengan konten yang Anda upload.

15. Kolaborasi dengan youtuber lain

Silakan berkolaborasi dengan youtuber lain. Cara ini akan menjadi langkah yang menguntungkan buat kedua belah pihak. Anda bisa menarik perhatian dari subscriber dari orang yang diajak kolaborasi, sedangkan orang tersebut juga bisa menarik perhatian dari subscribers Anda.

16. Promosikan kanal di webinar atau acara lainnya

Apabila Anda adalah orang yang sering hadir di webinar atau acara tertentu, maka menginformasikan nama channel Anda akan menjadi salah satu cara promosi yang bagus.

Kalaupun para pembaca atau pendengar tidak subscribe, paling tidak mereka pernah mendengar atau membaca nama channel-nya sebagai bentuk branding merek Anda.

Terakhir, selain cara mendapatkan subscriber di atas, Anda juga bisa mencoba langkah lainnya, yakni menghubungi tempat jual subscribers Youtube terbaik. Cara ini jauh lebih instan dan cepat sehingga cukup direkomendasikan.


meri puspita

Seorang penulis dan penggiat sosial media yang selalu gatal untuk menulis tentang hal-hal baru seputar dunia teknologi dan sosial media dengan bahasa yang mudah dimengerti tanpa embel-embel IT