Cara Menulis Deskripsi Youtube untuk Pemula dan Contohnya

Jangan sembarangan menulis deskripsi youtube! Apalagi jika tujuan membuat channel adalah agar bisa menghasilkan uang. Ikuti petunjuk penulisan yang benar. Berlatihlah dari dasar jika memang diperlukan.

Deskripsi merupakan salah satu komponen yang tidak bisa dipisahkan dari video youtube. Bersama dengan judul dan tag, penulisan deskripsi ini menjadi komponen penting dalam optimasi sebuah kanal.

Bisa dibilang, sedikit banyaknya viewers tergantung pada judul, deskripsi, dan tag yang Anda buat. Maka dari itu, menguasai penulisan dan pemilihan kata untuk ketiganya adalah hal dasar dalam pembelajaran menjadi seorang youtuber.

Nah, bagaimana seharusnya menulis video description yang baik? Kami akan mengulasnya dalam artikel ini.

Buatlah deskripsi youtube yang bisa dicari

Buatlah deskripsi youtube yang bisa dicari

Coba posisikan diri Anda sebagai seorang viewer. Ketika hendak mencari video tentang musik misalnya, apa yang akan Anda cari pertama kali? Tentunya yang dicari adalah judul lagu, penyanyi, dan nama acara musiknya.

Baru-baru ini sedang tren tentang Indonesian Idol. Contoh kata kunci yang digunakan untuk mencari adalah Tiara Indonesian Idol Gemintang Hatiku.

Kata kunci ini dimaksudkan untuk mencari lagu kemenangan yang dibawakan oleh Tiara Anugerah di acara tersebut. Ketika contoh di atas diketikkan di kolom pencarian, akan banyak sekali hasil pencarian yang ditampilkan.

Mayoritas dari hasil pencarian tersebut, judul videonya mengandung kata Tiara, Gemintang Hatiku, dan Indonesian Idol. Inilah yang disebut dengan kata kunci dan harus ada di judul.

Nah, untuk bisa masuk ke nomor satu di hasil pencarian, Anda perlu memasukkan deskripsi yang lebih lengkap, yakni penjabaran dari judul tersebut.

Misalnya dengan memasukkan tanggal, season Indonesian Idol-nya, dan babaknya. Intinya, agar bisa dicari oleh orang. Deskripsi youtube harus mencakup:

Kata kunci (keyword)

Keyword yang dipilih harus sesuai dengan video yang di-upload.

Tag dan contoh deskripsi youtube pemula

Agar makin mudah dicari, sertakan hashtag atau tag. Tag juga dipilih berdasarkan inti dari pembahasan dalam video Anda.

Sebagai contoh, untuk membuat tag khusus pembahasan soal CPNS. Anda bisa menyertakan #cpns #pembahasansoal #tiu #soaltiu, dll.

Semakin banyak jumlah tag yang dimasukkan, semakin tinggi kesempatan untuk mendapatkan jumlah viewers.

Buatlah tulisan awal yang mengesankan

Perlu diketahui bahwa sebanyak 100 sampai 150 kata pertama memberikan dampak yang luar biasa kepada penonton. Karakter inilah yang akan tampil lebih dulu saat seseorang membuka video. Selebihnya, harus ditampilkan dengan cara klik “tampilkan lebih banyak”.

Untuk itu, pastikan bahwa 100-150 karakter yang Anda tulis adalah sesuatu yang penting dan membuat penasaran. Berisi tentang inti dari video yang menarik dan bersifat persuasif agar viewer mau menonton sampai selesai.

Jika Anda berhasil membuat kalimat ini, maka kemungkinan besar jumlah tayangan bisa bertambah dan bisa jadi penonton yang suka akan berlangganan. Jika tidak, jangan khawatir. Masih ada cara lain yakni dengan membeli subscribers youtube terbaik.

Jangan ragu untuk menambahkan link aksi

Agar tayangan makin meningkat, sertakan beberapa link pendukung di deskripsi youtube. Misalnya adalah link untuk menonton video lain yang berkaitan.

Anda juga bisa membagikan link playlist yang bisa direkomendasikan kepada penonton. Khususnya bila video yang Anda buat bersifat serial (part 1, 2, dst).

Kenali viewer dengan baik

Dalam membuat sebuah tulisan yang menggambarkan isi video, Anda juga harus memperhatikan target viewer.

Misalnya, Anda membuat tutorial memasak yang simpel. Tentu, pangsa pasarnya kebanyakan adalah anak kos, wanita karier, atau pasangan yang baru menikah. Pastikan isi penggambaran video sesuai dengan target pasar yang sedang dituju.

Selanjutnya, untuk membuat tampilan video makin menarik, Anda bisa membuat thumbnail youtube berukuran pas dan desain yang menarik.

Menulis deskripsi youtube itu butuh latihan. Bisa makin bagus seiring berjalannya waktu. Jangan menyerah dan perbanyak membaca. Kosakata dan pilihan kata Anda akan tajam dengan sendirinya.

meri puspita