Cara Membuat Header Youtube Keren dan Ukurannya Pas

Biar makin profesional, Anda harus menguasai cara membuat header youtube yang keren dengan ukuran pas dan tak terpotong. Profil channel makin bagus dan berkesan di hati para subscribers dan viewers.

Header atau disebut juga dengan banner merupakan salah satu komponen yang cukup penting untuk membuktikan keseriusan Anda sebagai youtuber. Hal ini karena banner bersifat ikonik dan menjadi identitas channel.

Setiap kali ada viewers atau subscribers yang mampir ke profil kanal Anda, secara langsung mereka bisa melihat banner atau header-nya. Bila dibuat dengan cara yang tepat, maka orang yang melihatnya akan mudah mengingatnya.

Coba perhatikan kanal-kanal besar, mereka pasti memiliki header yang unik dan menarik. Untuk youtuber di Indonesia, kami contohkan Deddy Corbuzier, Bapau (Baim Wong dan Paula), atau Rans Entertainment.

Ketiganya memiliki header yang cukup mudah diingat dan langsung mengena begitu dibuka.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas bagaimana cara membuat banner youtube yang keren dengan ukuran yang pas supaya tidak terpotong dan terlihat bagus. Selengkapnya bisa disimak di bawah ini.

Apa itu header youtube?

Sebelum memasuki trik membuat banner yang keren, kenali dulu pengertiannya. Banner atau header adalah gambar yang menjadi latar belakang pada bagian atas dari halaman profil Youtube yang Anda miliki.

Apa itu header youtube

Keberadaan banner ini bisa menunjukkan identitas dari channel sehingga harus dibuat unik dengan nuansa yang sesuai dengan konsep kanal Anda.

Jadi, tak hanya kontennya yang harus unik sehingga tidak melanggar copyright, header pun harus demikian.

Header youtube size yang direkomendasikan agar tidak terpotong

Perlu diketahui oleh semua youtuber bahwa tampilan halaman profil Youtube di HP, laptop, komputer, hingga TV, semuanya berbeda. Maka dari itu, agar tidak terpotong, ukuran banner yang disarankan adalah 2560 x 1440 piksel.

Lihat juga >>  Cara Unsubscribe Semua Channel Youtube Secara Instan

Panduan menambahkan atau mengganti header kanal

Setelah memahami ukuran dan pengertiannya, berikut ini tutorial menambahkan atau edit header pada kanal:

  1. Buka situs youtube.
  2. Masuk memakai email dan password.
  3. Pilih gambar profil yang ada di channel Anda.
  4. Klik menu Your Channel.
  5. Arahkan kursor ke gambar yang jadi latar belakang profil. Pada pojok kanan atas akan muncul ikon kamera. Silakan klik. Anda akan langsung masuk ke halaman uploading foto.
  6. Selain langkah kelima, Anda juga bisa mengubahnya dengan klik menu Customize Channel.
  7. Setelah itu, pilih ikon pensil pada foto yang jadi latar belakang.
  8. Selanjutnya, Anda akan langsung masuk ke menu penggantian foto.
  9. Silakan upload gambar keren yang sudah disiapkan.

Terakhir, jangan lupa simpan semua perubahan yang sudah dilakukan.

Cara membuat header youtube keren dan ukurannya pas tak terpotong

Untuk membuat header yang kualitasnya sama dengan milik artis dan youtuber besar memang butuh perjuangan. Mereka memiliki tim dan punya tanggung jawab masing-masing.

Cara membuat header youtube keren dan ukurannya pas tak terpotong

Kalau Anda masih mengelola channel sendiri, maka cukup melakukan langkah sederhana di bawah ini untuk membuat tampilan foto latar belakang halaman Anda jadi keren.

Perhatikan ukuran header youtube

Sebelum berpikir untuk membuat yang keren, ada hal yang utama untuk dilakukan yakni memperhatikan ukuran dari gambar yang akan diunggah.

Sebagaimana ditulis di atas, ukuran yang paling direkomendasikan adalah 2560 x 1440 piksel dengan rasio 16:9.

Kalau untuk pedoman gambarnya secara rinci, bisa dilihat dalam panduan dan pedoman di bawah ini:

  1. Dimensi minimalnya adalah 2048 x 1152 piksel.
  2. Rasio tinggi dan lebarnya adalah 16:9.
  3. Untuk teks dan logo, dimensi minimal yang aman adalah 1235 x 338 piksel.
  4. Ukuran file-nya maksimal 6 MB.
Lihat juga >>  Siapakah Atta Halilintar?

Saat bikin foto, usahakan ukurannya sudah memenuhi syarat di atas.

Cara membuat banner youtube di android dan iphone pakai aplikasi

Anda bisa membuat gambar latar belakang di PC atau HP. Tapi karena sekarang makin banyak orang yang memakai HP untuk mengelola channel, salah satu cara mudah yang bisa dilakukan untuk membuat banner adalah dengan memasang aplikasi.

Berikut ini adalah aplikasi yang cukup direkomendasikan karena sudah menyediakan template keren dengan ukuran yang sudah disesuaikan:

  1. Ultimate thumbnail maker for youtube.
  2. Canva.

Agar lebih jelas, mari kita bahas aplikasinya satu persatu:

Ultimate thumbnail maker for youtube

Aplikasi ini cukup lengkap karena tak hanya bisa dipakai untuk youtube saja. Pada saat dibuka pertama kali, layar akan menunjukkan beberapa opsi menu. Salah satunya adalah menu untuk “create” thumbnail baru.

Tapi begitu dibuka, Anda tidak hanya bisa membuat thumbnail, tetapi juga presentasi, infografis, ukuran untuk facebook, instagram, dan yang lainnya.

Jika Anda ingin membuat banner, silakan pilih size for youtube bagian cover. Di situ, ukuran pikselnya sudah ditentukan, yakni 2560×1440 piksel. Artinya, Anda tak perlu repot crop sana sini atau menentukan ukurannya sendiri sebab sudah tersedia di aplikasi.

Setelah memilih ukuran, Anda akan langsung masuk ke halaman background. Silakan pilih sesuai dengan niche channel atau pilihlah yang paling menarik.

Silakan edit-edit sesuai dengan kebutuhan hingga hasilnya jadi menarik.

Di aplikasi ini tersedia banyak pilihan font menarik dan jelas sehingga cukup direkomendasikan untuk membuat header youtube yang unik dan mudah diingat orang.

Canva

Cara membuat banner youtube di android dan iphone pakai aplikasi - Canva

Canva merupakan aplikasi yang sudah populer di kalangan editor pemula. Tak hanya buat banner youtube, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk membuat undangan, postingan untuk instagram story, facebook, dan yang lainnya.

Lihat juga >>  Cara Mengganti Nama Channel Youtube di Android dan PC

Di canva juga tersedia banyak sekali template gratis yang desainnya sangat menarik. Font yang ada di canva biasanya kekinian dan hits.

Anda bisa memilih template yang tegas, bisa juga pilih yang keren dengan gaya agak sedikit feminin.

Berikut ini cara membuat header youtube melalui aplikasi canva:

  1. Buka aplikasi canva.
  2. Scroll ke bawah sampai menemukan menu Gambar Saluran Youtube.
  3. Silakan pilih tema yang Anda sukai dan klik edit.
  4. Dari sini, Anda cukup mengedit teks sesuai dengan nama channel, tagline, atau jadwal upload video jika ada.

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, di mana Anda punya opsi untuk menampilkan bagian background sesuai dengan ukuran header. Di sini, templatenya sudah siap dan tinggal edit sehingga tak perlu melakukan hal tersebut lagi.

Apapun itu, kedua aplikasi ini sangat bagus dan akan membantu Anda untuk membuat banner yang menarik. Maka dari itu, jangan ragu untuk menginstalnya di HP. Unduh di Play Store atau App Store terlebih dulu.

Membuat header youtube di PC

Anda juga bisa membuat header melalui PC secara sederhana. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan microsoft power point. Software ini sudah cukup mudah digunakan untuk edit ukuran gambar.

Setelah membuat header yang bagus, unggahlah ke channel dengan cara-cara di atas. Dengan begitu, cara membuat header youtube yang dilakukan akan langsung mendapatkan apresiasi dari orang lain dengan bertambahnya subscribers. Kalau belum bertambah juga, belilah subscribers sebagai booster di jasa jual subscribers youtube.

meri puspita
 

Butuh Bantuan? Chat dengan kami