Hal yang sangat menyebalkan ketika mendapati video Youtube yang ditonton tidak tampil baik dan macet. Cara mengatasi Youtube patah-patah wajib kamu ketahui agar masalah tersebut hilang. Solusi dari masalah tersebut umumnya sangat sederhana dan semua orang bisa melakukannya dengan mudah.

Cara Mengatasi Youtube Patah-Patah dan Macet Parah

Cara Mengatasi Youtube Patah-Patah dan Macet Parah

Rasa kesal dan emosi adalah reaksi natural apabila video Youtube yang ditonton macer, patah-patah, dan tidak bisa dimainkan dengan baik. Apa sebenarnya yang menyebabkan video Youtube tidak lancar untuk dijalankan di PC maupun di HP Android? Penyebabnya ternyata cukup beragam.

  • Koneksi dan paket data internet yang buruk.
  • Gangguan pada layanan internet yang kamu gunakan.
  • Spesifikasi HP yang tidak kuat menjalankan video Youtube pada resolusi tertentu.
  • Aplikasi Youtube yang bermasalah (perlu direstart, diupdate, dan dibersihkan).
  • Web browser yang bermasalah (perlu direstart, diupdate, dan dibersihkan).
  • HP/PC yang digunakan tidak bekerja baik sehingga mempengaruhi penayangan video Youtube.

Solusi dari masalah ini tentu akan mengikuti penyebab terjadinya masalah tersebut. Di sini, kamu akan menemukan 7 solusi untuk menyelesaikan masalah Youtube patah-patah dan macet tidak lancar. Jika saat ini kamu sedang mengalaminya, langsung terapkan solusi-solusi berikut ini.

  • Gunakan Internet Cepat dan Stabil

Pada umumnya, penyebab buruknya video Youtube yang dijalankan adalah internet yang kamu gunakan tidak memiliki kecepatan yang baik. Hal tersebut bisa diakibatkan oleh paket data atau wifi yang memang speednya kecil, kualitas jaringan atau sinyal wifi yang buruk, dan banyaknya pengguna (jika sharing wifi).

Lihat juga >>  Perhitungan 4000 Jam Berapa Menit + Cara Mendapatkannya

Gangguan dari pihak ISP juga bisa menyebabkan masalah tersebut terjadi. Hal umum dan sederhana yang bisa kamu lakukan apabila tidak melakukan upgrade paket internet dan internet sedang gangguan adalah merestart modem. Melakukan reset modem pun bisa kamu lakukan untuk menyegarkan koneksi internet.

  • Mengubah Kualitas Video

Cara mengatasi Youtube patah-patah di PC dan Android selanjutnya adalah mengubah kualitas video. Lambatnya atau macetnya video Youtube yang kamu mainkan mungkin ada hubungannya dengan kualitas internet yang kamu gunakan. Kamu bisa mengakalinya dengan mengubah kualitas video yang dimainkan.

Ubah kualitas dan resolusi video dari 1080p Full HD ke 480p SD. Perhatikan apakah ada perubahan dalam artian terjadi peningkatan kualitas. Apabila ada, maka kemungkinan besar memang kecepatan internet yang tersedia tidak pas digunakan untuk menonton video Youtube pada resolusi yang kamu awalnya pilih.

  • Bersihkan Cache dan Data Youtube

Bersihkan Cache dan Data Youtube

Membersihkan cache dan data pada aplikasi Youtube di Android merupakan cara mengatasi Youtube patah-patah dan macet yang bisa kamu coba. Data dan sampah yang menumpuk di aplikasi tersebut bisa menyebabkan performa aplikasi melambat. Agar kembali cepat dan prima pembersihan bisa kamu lakukan.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membersihkan cache dan data sampah di aplikasi Youtube:

  • Buka menu Pengaturan.
  • Pilih Aplikasi.
  • Geser ke bawah sampai menemukan aplikasi Youtube.
  • Pilih Penyimpanan.
  • Selanjutnya, tap Hapus Data dan Cache.
  • Bersihkan Web Browser

Cara mengatasi Youtube patah-patah di PC Chrome dan browser lainnya adalah dengan membersihkan cache dan data. Sama seperti pada aplikasi Youtube, kamu juga harus membersihkan cache dan data sampah agar web browser yang kamu gunakan bisa selalu tampil pada kondisi dan kecepatan terbaiknya.

Lihat juga >>  5+ Langkah Cara Masuk YouTube Desktop dengan Mudah Melalui Smartphone!!

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membersihkan cache dan data sampah di aplikasi web browser Google Chrome:

  • Pada browser Google Chrome, klik ikon tiga titik di kanan atas.
  • Tap tulisan More Tools dan masuk ke Clear Browsing Data.
  • Untuk hasil pembersihan yang lebih baik, klik Advanced.
  • Silakan pilih rentang waktu dan data apa yang dibersihkan.
  • Jika sudah, klik Clear Data.

Panduan membersihkan web browser Chrome di atas bisa kamu gunakan pada web browser lainnya. Perbedaannya hanya ada pada UI dan cara mengakses fitur pembersihan browser. Selain itu, tidak ada yang berbeda dalam prinsipnya.

  • Update Aplikasi Youtube

Update

Bisa jadi, sudah saatnya kamu melakukan pembaruan pada aplikasi Youtube yang terpasang di Android. Pembaruan dilakukan agar aplikasi Youtube selalu segar dan semua masalah yang ada di sana bisa diperbaiki. Aplikasi Youtube bisa diperbarui pada menu aplikasi di sistem Android melalui Pengaturan.

  • Gunakan Web Browser

Kamu bisa mencoba menggunakan web browser apabila video di aplikasi Youtube tampil patah-patah dan tidak lancar digunakan. Aplikasi Youtube yang kamu gunakan mungkin sedang bermasalah dan solusi untuk mengatasinya tidak bisa instan dilakukan. Coba saja tonton video di browser untuk sementara waktu.

  • Restart Perangkat

Restart perangkat memang selalu bisa diandalkan untuk menyelesaikan berbagai masalah termasuk pada video Youtube. Kamu bisa merestart HP Android yang kamu gunakan untuk menonton video Youtube. Restart juga bisa kamu lakukan pada laptop atau PC yang kamu gunakan untuk menonton video Youtube.

Cara mengatasi Youtube patah-patah macet dan tidak lancar bisa kamu lakukan sendiri tanpa perlu jago IT. Jika sedang bermasalah, hindari emosi berlebihan. Koneksi internet biasanya menjadi penyebab hal ini terjadi dan apabila ada gangguan tidak ada pilihan lain selain menunggu sampai masalah selesai.

Lihat juga >>  Fungsi Tag di Youtube & Cara Membuatnya Biar Ramai Viewer

Pojoksosmed merupakan website social media marketing agency. Kami menawarkan berbagai macam jasa untuk mengembangkan channel youtube kamu dengan cepat. Kamu bisa membeli berbagai macam kebutuhan untuk channel youtube kamu seperti untuk menambah subscriber channel youtubebeli viewer video youtube, menambah likes youtube maupun jasa tambah jam tayang. 


morgan

Social Media merupakan trend terbaru dalam 10 tahun belakangan ini dan akan tetap eksis selama 20 tahun kedepan. Saya mencoba untuk membedah serta memanfaatkan sosial media yang ada untuk keperluan bisnis maupun pribadi.

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *