Cara Kompres Video Mudah Tanpa Menurunkan Kualitasnya

Mau hemat memori? Cobalah cara kompres video yang mudah melalui laptop dan HP Anda. Pastikan caranya benar sehingga kualitas videonya tetap bagus dan tidak mengalami penurunan.

Ada banyak cara yang bisa Anda pilih. Mulai dari online hingga offline. Baik itu pakai aplikasi maupun tanpa aplikasi.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas langkahnya. Selamat menyimak.

Cara kompres video di HP

Cara termudah yang bisa dilakukan untuk mengompres video adalah melakukannya via smartphone atau HP. Anda bisa melakukannya dari HP android dan iPhone, tergantung perangkat apa yang digunakan.

Cara kompres video di HP

Cara kompres video di android tanpa aplikasi (via situs online)

Opsi pertama yang dapat diambil saat Anda mau mengompres video dan mempertahankan kualitasnya adalah melalui situs online. Ada banyak sekali situs online yang menyediakan layanan ini, di antaranya adalah:

  • Freeconvert.com.
  • Clideo.com.
  • Video2edit.com.
  • Compress2go.com.
  • Mp4compress.com.
  • Fileconverto.com.
  • Clipcompress.com
  • Videoconverter.com, dll.

Masih banyak situs online lain yang bisa dimanfaatkan. Cara memanfaatkannya juga sangat mudah. Cukup gunakan browser yang ada di HP android masing-masing. Saran kami, pakailah Google Chrome atau Mozilla Firefox agar lebih mudah.

Saat situsnya sudah terbuka, Anda tinggal memasukkan file yang mau dikompres. Artinya, sebelum memulai proses kompres, usahakan file-nya sudah siap di galeri HP-nya. Jadi, pas memilih file, videonya sudah siap untuk dikompres.

Sebagai informasi, masing-masing situs biasanya juga punya batasan ukuran file sendiri-sendiri. Situs Freeconvert misalnya, memiliki ketentuan maksimal ukuran video 1 GB.

Oleh karena itu, perhatikan ketentuan ini dengan seksama agar bisa mengompres dengan tepat dan cepat.

Pakai aplikasi kompres video di android

Apabila Anda punya memori yang cukup di HP dan tidak keberatan untuk memakainya buat menginstal aplikasi dari pihak ketiga, maka cobalah untuk menggunakan aplikasi kompres video.

Lihat juga >>  8 Pilihan Aplikasi Perekam Layar PC Laptop Terbaik All OS

Sama dengan situs online yang jumlahnya sangat beragam, aplikasi ini pun tersedia cukup banyak di Play Store. Salah satunya adalah Video Compressor – Fast Compress Video & Photo.

Cara kompres video di HP - Pakai aplikasi kompres video di android

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini tidak hanya dapat dipakai untuk mengompres video saja, tetapi juga foto.

Tersedia juga fitur untuk mengubah file ke MP4, melakukan pemotongan, hingga ekstraksi suara yang ada di video menjadi audio Mp3. Intinya, aplikasi ini cukup multifungsi.

Terlebih, penggunaannya juga sangat mudah. Anda tinggal memasukkan file, kemudian dalam sekali tekan semuanya beres. Pengguna bisa memilih ukuran file hasil kompresnya juga.

Video Compressor ini memiliki review yang cukup bagus di Play Store. Bintangnya lebih dari 4 dengan total unduhan yang lumayan.

Bila Anda mau mencoba aplikasi lainnya, masih ada beberapa opsi seperti:

  • Video Compressor – Compact Video (MP4, MKV, MOV, AVI).
  • Video Compressor & Converter – Fast Compress Video (selalu pertahankan kualitas).
  • Video Compressor Panda: Resize & Compress Video.

Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan pribadi. Penyesuaiannya bisa berdasarkan jenis file videonya hingga kualitas yang dihasilkan dan fitur pendukungnya.

Cara kompres video di iPhone pakai aplikasi

Sama dengan via android, di iPhone Anda juga bisa pakai aplikasi. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah Video Compress – Shrink Video yang sudah cukup fenomenal dan banyak digunakan oleh para user iOS.

Selain video, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk mengompres ukuran foto.

Terlebih, interface-nya sangat sederhana sehingga para pemula bisa memakainya dengan mudah tanpa kendala.

Apabila Anda mau mencoba aplikasi lainnya, silakan coba cari saja di App Store. Di sana, tersedia banyak pilihan yang sudah disesuaikan dengan versi dari perangkat masing-masing pengguna. Jadi, sortirnya sudah lumayan ketat.

Lihat juga >>  Cara Upload Video ke Youtube Lewat HP dan Laptop/Desktop

Setelah menemukan yang terbaik, silakan langsung diinstal ke HP dan dipakai sesuai manfaatnya secara bijak.

Mengompres video di iPhone tanpa aplikasi (via situs online)

Anda juga bisa coba melakukan compressing langsung dari situs online. Sama dengan di android, Anda juga bisa mengunjungi beberapa situs pengompres video. Salah satunya adalah freeconvert.com.

Situs ini sangat menarik dan multifungsi. Dalam satu situs, Anda bisa melakukan compressing untuk beragam jenis file.

Di antaranya adalah image, video, musik, ebook, hingga dokumen. Bahkan, di situsnya juga tersedia pilihan perangkat yang akan digunakan, seperti:

  • Android.
  • iPhone.
  • Mobile.
  • iPad.
  • PSP.
  • XBOX.
  • Kindle.

Jenis file-nya juga bisa Anda pilih. Berikut ini beberapa pilihannya:

  • Mp4.
  • WebM.
  • FLV.
  • MKV.
  • MOV.
  • AVI.
  • WMV.
  • 3GP.

Dengan beragam pilihan perangkat dan jenis file seperti di atas, maka aplikasi ini cukup direkomendasikan karena lengkap.

Mengompres video di laptop atau PC

Jika perangkat yang Anda gunakan untuk melakukan compressing adalah laptop, PC, atau semacamnya, maka silakan lakukan dengan cara di bawah ini:

Pakai software windows Movie maker classic

Pilihan pertama adalah melakukan cara kompres video melalui software atau aplikasi gratis yang tersedia buat para pengguna Windows 7 dan Windows XP.

Pada dasarnya, aplikasi ini bisa dipakai untuk melakukan editing video. Namun sebagai tambahan, terdapat fitur lain yang diperuntukkan buat mengecilkan ukuran video. Nah, fitur inilah yang bisa Anda manfaatkan.

Apabila Anda memilih cara ini, maka satu hal yang perlu Anda ingat. Software ini hanya tersedia buat pengguna Windows 7 dan Windows XP saja. Pengguna Windows 10 sudah tidak bisa memakainya karena sudah tidak dikembangkan lagi.

Meski begitu, software-nya tetap layak buat dicoba karena memiliki antarmuka yang sederhana sehingga mudah diaplikasikan.

Tidak hanya itu, aplikasinya juga gratis dan bisa digunakan secara offline. Jadi, dapat dipakai kapan saja dan di mana saja asalkan Anda sedang membawa laptopnya.

Lihat juga >>  Cara Melihat Subscriber yang di Hidden atau Disembunyikan

Namun, perlu diingat bahwa software ini tidak mendukung format file baru seperti MKV. Jadi, silakan gunakan secara bijak.

Kompres video tanpa aplikasi pakai laptop atau PC (via situs online)

Sama dengan di android dan iPhone, Anda juga bisa memanfaatkan situs online seperti freeconvert.com, onlineconverter.com, clideo.com, dan yang lainnya untuk melakukan compressing.

Mengompres video di laptop atau PC tanpa aplikasi - via situs online

Caranya mudah, tinggal kunjungi saja situsnya dan mulailah memilih file serta memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di situs tersebut.

Coba pakai software gratis

Apabila Anda bukan pengguna Windows XP dan Windows 7 tapi ingin melakukan compressing, maka cobalah pasang software gratis ke laptop. Salah satu yang direkomendasikan adalah Handbrake.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengatur seberapa kecil ukuran file yang dikehendaki berikut kualitasnya. Jadi, sejauh Anda mengatur kualitasnya secara hati-hati dan oke, hasilnya pun akan mengikuti.

Berbagai jenis file juga bisa dikompres memakai Handbrake. Misalnya WebM, AVI, WMV, MKV, MP4, MPEG, FLV, dll.

Software ini bisa jadi solusi buat para pengguna Windows 7, 8, 8.1, 10, MacOS 10.11 atau yang lebih baru, dan Linux Ubuntu berikut turunannya.

Pakai software berbayar buat pertahankan kualitas terbaik

Apabila tujuan Anda memang kualitas, maka sediakan anggaran sedikit. Anda bisa membeli software berbayar dan memasangnya di laptop. Salah satunya adalah VideoProc. Silakan beli lisensinya dan gunakan seperlunya.

Itulah beberapa cara kompres video yang tergolong mudah dan solutif. Langkah ini cocok buat para youtuber baru yang masih cari subscriber dan sering menyimpan konten buat inspirasi. Atau, buat Anda yang sering kehabisan memori HP karena suka merekam dan membagikannya ke media sosial.

meri puspita
 

Seorang penulis dan penggiat sosial media yang selalu gatal untuk menulis tentang hal-hal baru seputar dunia teknologi dan sosial media dengan bahasa yang mudah dimengerti tanpa embel-embel IT

Butuh Bantuan? Chat dengan kami