Pernahkah kamu mengalami kejadian dimana ada beberapa teman atau followers melakukan unfollow akun Instagram kamu tiba-tiba? Mungkin kamu orang yang cuek karena dianggap tidak penting, namun ada juga yang sangat penasaran.

Namun bagaimana kalau jumlah follower kamu berkurang drastis? Yuk baca tutorial kita tentang cek unfollowers instagram terbaru melalui HP dan PC. Kamu bisa melakukannya secara manual, online, atau via aplikasi.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas langkah dan tutorialnya sampai selesai. Silakan ikuti tutorialnya dengan terlebih dulu menyesuaikannya dengan perangkat yang digunakan.

3 Cara Mengetahui Unfollowers Instagram Akun Kita Secara Manual

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengecek apakah seseorang menjadi followers kamu atau tidak. Atau, pernah menjadi followers tapi langsung unfollow dalam beberapa waktu.

Mengetahui unfollowers instagram secara manual

Salah satu caranya adalah dengan metode manual. Sama halnya dengan metode manual lainnya, metode ini juga tergolong menyita waktu karena setiap stepnya harus dilakukan satu per satu sendiri.

1. Cek Followers Kamu di Instagram

Yang perlu dilakukan adalah mengeceknya langsung ke profil akun dengan langsung melihat pada kolom followers. Jika kamu tidak menemukan username yang pernah jadi pengikut, berarti mereka telah meng-unfollow.

Cara ini dapat menghabiskan waktu karena kamu mungkin perlu mengeceknya satu per satu. Tak masalah jika jumlah pengikut akun masih ratusan.

Tapi, akan jadi masalah jika jumlah pengikutnya sudah ribuan bahkan lebih. Tidak mungkin rasanya untuk mengecek setiap follower dengan jumlah tersebut.

Maka dari itu, jika kamu punya followers yang sangat banyak. Baiknya, pilih cara lain saja. Misalnya via aplikasi atau situs yang akan kami bahas di bawah.

Terlebih, saat kamu tidak menemukan nama mereka di daftar pengikut, kadang ini bukan berarti mereka sudah unfollow. Tapi, ada hal lain yang mungkin terjadi, yakni akunnya sedang dinonaktifkan sementara atau diblok oleh instagram karena melanggar ketentuan.

2. Langsung ke profil yang dituju

Kunjungi Akun Instagram Temanmu

Cara ini berlaku untuk Anda yang sudah curiga dengan username tertentu sehingga bisa langsung mengeceknya melalui profil mereka.

Jika saat dibuka masih ada tanda ikon mengikuti yang dicentang, maka berarti Anda dan dia masih mutual-an. Artinya, belum unfollow. Sebaliknya, jika sudah tidak ada, maka berarti sudah unfollow. Kalau kamu masih ragu, kamu juga bisa mengecek following mereka. Jika kamu bisa menemukan username kamu, maka mereka berarti masih men follow akun kamu.

Lihat juga >>  Apa Itu Instagram Stories dan Bagaimana Menggunakannya Secara Efektif?

3. Gunakan Instagram Stories

Cara Mengetahui Orang yang Unfollow Kita di Instagram Tanpa Aplikasi - Instagram Stories

Kamu bisa membuat instagram stories yang menarik untuk memancing followers-followers kamu untuk menonton instagram stories kamu. Dengan instagram stories tersebut, kamu juga bisa mengetahui siapa saja yang tidak aktif mengikuti akun ig kamu.

Walaupun cara ini tidak terlalu efektif karena belum tentu temanmu menggunakan ig pada hari itu, namun cara ini bisa digunakan untuk menyortir siapa saja yang kemungkinan telah unfollow akun ig kamu.

2 Cara Cek Unfollowers Instagram Menggunakan Web 

1. Cek Unfollowers Instagram Web Via PC Lewat Statusbrew.com

Cara berikutnya yang bisa diterapkan adalah dengan mengecek melalui web. Langkah ini bisa dilakukan pakai laptop, PC, atau semacamnya. Asalkan perangkatnya bisa digunakan untuk membuka website, maka caranya dapat dilakukan.

Cek unfollowers instagram web via PC

Salah satu alamat website yang bisa dikunjungi untuk mencari tahu siapa unfollowers instagram adalah statusbrew.com.

Oleh karena itu, silakan ikuti langkah di bawah ini:

  • Buka browser yang ada di perangkat.
  • Pada address bar, masukkan statusbrew.com kemudian enter.
  • Anda akan langsung masuk ke situsnya.
  • Jika sudah, masukkan email pada kolom yang tersedia dan klik opsi Get Started.
  • Silakan daftarkan diri Anda menggunakan akun IG.
  • Isikan data dengan lengkap mencakup nama depan, belakang, email, password, dan captcha-nya. Pastikan semua benar.
  • Apabila sudah selesai, maka registrasinya sudah sukses.
  • Sekarang, Anda bisa log in dan masuk ke profil akun.
  • Untuk mengetahui siapa yang sudah unfollow, silakan klik pada opsi New Unfollowers.

Jika Anda memilih cara ini, tetaplah berhati-hati. Pasalnya, ada data yang harus Anda berikan kepada pihak ketiga. Misalnya informasi email, password, dan yang lainnya.

2. Cek Unfollowers Instagram Web Via PC Lewat Unfollowgram.com

unfollowgram.com

  1. Gunakan situs unfollowgram.com yang dapat diakses pada komputer, laptop, maupun smartphone kamu. Setelah masuk ke halaman utama, segera log in dengan menggunakan nama ID serta password Instagram seperti biasa.
  2. Setelah itu, lakukan pengaturan kecil yaitu mengizinkan situs unfollogram.com untuk mengakses akun kamu. Nantinya akan muncul pemberitahuan di awal secara otomatis, tinggal pilih saja menu Authorize.
  3. Tahap yang terakhir adalah memasukkan email aktif, yang dipakai untuk akses Instagram. Tujuannya adalah agar kamu tahu informasi terbaru dari para unfollowers.
  4. Nanti kamu akan mengetahui siapa saja akun yang berhenti mengikuti. Terdapat lima jenis menu antara lain Who Unfollowed Me, Who Doesn’t Follow Me Back, Who I Don’t Follow Back, Follower aktifdan Following.

4 Cek Unfollowers Instagram Kamu Menggunakan Aplikasi

Selain melalui situs sebagaimana disampaikan di atas, Anda juga bisa cek unfollower melalui aplikasi dari pihak ketiga.

Cara keempat ini tergolong cepat karena sifatnya otomatis. Anda tinggal mengunduh dan memasang aplikasinya ke HP dan mulai menggunakannya sesuai petunjuk yang sudah ada di aplikasi tersebut.

Lihat juga >>  3 Cara Mengetahui Stalker di IG Online, Aplikasi, dan Resmi

Anda bisa memilih aplikasinya langsung di Play Store atau App Store. Namun sebagai rekomendasi, kami akan memberikan beberapa pilihan aplikasi yang paling banyak digunakan oleh user instagram.

Berikut ini pilihan aplikasinya untuk Anda:

1. FollowMeter, Unfollowers Analytics for Instagram

followmeter

FollowMeter sudah lama ada di toko aplikasi. Tak heran bila jumlah unduhannya sudah membludak sampai saat ini. Bahkan, total ulasannya sudah mencapai lebih dari 110 ribu lebih dengan perolehan bintang hampir 4.

Yang menarik dari aplikasi ini adalah interface-nya yang sederhana sehingga membuatnya mudah dipahami, bahkan oleh pemula. Anda yang baru mulai melakukan tracking akan mudah terbiasa memakai aplikasinya.

Jika Anda sedang serius mengelola akun IG dan ingin menambah followers IG dengan mudah, maka FollowMeter bisa jadi salah satu tools yang dapat membantu.

Pasalnya, di sini Anda akan mendapatkan akses yang mumpuni untuk tracking performa akun. Tersedia insight yang lebih mendalam sehingga memudahkan Anda untuk melakukan analisa.

Secara umum, dengan FollowMeter Anda bisa memonitor unfollowers instagram, mengecek pertumbuhan followers, hingga melihat performa postingan dan story.FollowMeter, Unfollowers Analytics for Instagram

Untuk mewujudkan fungsi dan fasilitas tersebut, tersedia beberapa fitur penting, di antaranya adalah:

  • Tracking unfollower.
  • Mendeteksi siapa yang tidak mengikuti balik.
  • Melihat siapa yang paling sering melihat story.
  • Melihat akun publik (bukan followers) yang sering melihat story.
  • Mengecek top likers di profil.
  • Menemukan siapa follower hantu.
  • Tracking akun-akun yang sudah memblokir.
  • Fitur Activity Meter untuk cek angagement, dll.

Yang menarik dari itu semua, saat ada orang yang tiba-tiba unfollow, FollowMeter akan memberikan notifikasi sehingga Anda tidak perlu repot mengeceknya satu per satu.

Tinggal unduh saja aplikasinya kemudian pasang di HP masing-masing, maka seluruh fitur yang tersedia pada aplikasi gratis ini bisa digunakan. Aplikasi ini tersedia baik untuk iOS maupun Android, sehingga tidak jadi masalah apapun smartphone kamu.

Kelemahan dari aplikasi ini adalah, mereka hanya bisa menunjukkan unfollowers instagram kamu setelah aplikasi diinstall dan disambungkan dengan akun ig kamu. Jadi followmeter tidak bisa menujukkan siapa unfollowers ig kamu sebelum aplikasi terpasang.

2. Menggunakan Aplikasi Followers & Unfollowers for IG

Followers & Unfollowers for IG

Aplikasi lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Followers & Unfollowers for IG. Aplikasi ini mempunyai rating 4.9 dengan jumlah download melebihi 100rb download. Aplikasi Followers & Unfollowers for IG menawarkan fitur yang sangat lengkap dimana kamu bisa mengecek analitik akun instagram kamu dengan sangat lengkap.

Beberapa fitur yang ditawarkan adalah: 

  1. Cek akun yang tidak followback akun ig kamu.
  2. Siapakah unfollower akun ig kamu.
  3. Siapakah follower ig kamu yang baru.
  4. Postingan kamu yang paling populer.
  5. Repost.
  6. dan masih banyak lagi.

3. Followers+ Reports for IG

Followers+ Reports for IG

Sesuai dengan namanya, di sini tersedia banyak sekali laporan tentang akun instagram. Aplikasi ini sangat cocok buat para selebgram, influencer, dan pemilik toko online yang sudah memiliki pengikut lebih dari seribu.

Lihat juga >>  Cara Membuat Feed Instagram Nyambung, Aesthetic, Cantik

Pasalnya, Anda bisa melakukan tracking akun IG dengan mudah melalui aplikasi Followers+ Reports for IG ini.

Adapun fitur yang ditawarkan di apps ini di antaranya adalah:

  • Orang-orang yang melihat profil Anda.
  • Menunjukkan siapa yang memblokir akun.
  • Siapa yang baru saja mengikuti.
  • Mengetahui orang yang sering menyukai postingan.
  • Pengikut mana yang tidak pernah melihat postingan Anda.
  • Siapa yang sering melihat story IG.
  • Cek orang yang tidak pernah mengikuti balik.
  • Mengecek unfollowers
  • Siapa yang baru saja berhenti menjadi pengikut.

Selain fitur di atas, Anda juga bisa melakukan beberapa fungsi di bawah ini:

  • Download IG story.
  • Menonton IG story secara anonim.
  • Tracker follower baik yang didapatkan maupun yang hilang, dll.

Dengan berbagai fitur di atas, sudah jelas bahwa Followers+ Reports for IG layak untuk direkomendasikan. Terlebih, jumlah downloader-nya sudah mencapai 500 ribuan lebih dengan perolehan bintang 4,7 di Play Store.

4. Menggunakan Aplikasi Insta Follow for Instagram

Selain menggunakan situs unfollowgram.com, kamu juga bisa menggunakan aplikasi resmi yang sudah ada di Playstore atau Appstore bernama Insta Follow for Instagram (update: tidak rekomendasi karena bad rating yang ada).

Kalau yang satu ini jauh lebih simpel karena bisa langsung kamu akses dengan mudah. Caranya adalah sebagai berikut:

instafollow

  1. Download aplikasinya dan kemudian install di smartphone.
  2. Lakukan Log In dengan nama ID serta password Instagram. Nanti juga akan muncul pemberitahuan berupa izin mengakses akun tersebut. Klik saja tombol Authorize!
  3. Kalau sudah maka kamu bisa langsung mengetahui informasi seputar Instagram, seperti followers, unfollowers, siapa yang melakukan block, dan sebagainya. Terdapat beberapa macam menu di aplikasi ini yaitu Lost Follower, Non Follower, Mutual Friends, Blockers, Gained Followers, dan Fans.

Selain empat aplikasi di atas, sebenarnya masih banyak pilihan aplikasi lain. Kamu bisa mencarinya langsung di toko aplikasi sesuai dengan smartphone yang digunakan. Apakah android atau iOS, silakan disesuaikan saja.

Yang terpenting, saat mengunduh dan menginstal aplikasi dari pihak ketiga, kamu tetap harus mengutamakan keamanan untuk menghindari terjadinya pencurian data yang bisa disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Jangan berkecil hati juga jika ada beberapa orang yang unfollow akun instagram kamu, yang terpenting adalah kamu harus bisa mendapatkan lebih banyak followers dibandingkan unfollowers kamu. Tentu kamu tidak akan berkecil hati jika misalnya ada 10 orang unfollowers namun kamu mendapatkan 100 followers di hari tersebut bukan?

Untuk menambah followers instagram kamu, kamu bisa membaca artikel kami tentang 16 cara menambah followers instagram atau kamu juga bisa menggunakan jasa tambah followers instagram pojoksosmed untuk menambah followers instagram kamu dengan cepat.

Demikian informasi tentang cara cek unfollowers instagram baik melalui PC maupun HP. Selamat mencobanya dan semoga bermanfaat.


meri puspita

Seorang penulis dan penggiat sosial media yang selalu gatal untuk menulis tentang hal-hal baru seputar dunia teknologi dan sosial media dengan bahasa yang mudah dimengerti tanpa embel-embel IT

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *