Apakah Benar Snapgram adalah Instagram Story?

Snapgram adalah instagram story, benarkah demikian? Iya, snapgram merupakan sebutan pendek untuk instagram story. Selain snapgram, Anda juga bisa menyingkat Instagram Story menjadi Insta Story.

Sebutan insta story sudah sangat umum dipakai oleh para pengguna IG, tapi bagaimana dengan snapgram, kenapa sebutan ini ada?

Snapgram adalah…

Snapgram adalah instagram story

Tahun 2016, instagram memunculkan fitur baru yakni instagram story. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk memposting foto atau video maksimal 15 detik di story mereka. Story akan bertahan selama 24 jam dan bisa dilihat baik oleh follower maupun non follower. Setelah 24 jam, postingan di story itu akan hilang secara otomatis.

Fitur ini sangat mirip snapchat. Bahkan banyak orang yang menuding instagram menirunya. Dari sinilah muncul istilah snapgram. Bisa jadi istilah ini muncul karena kata ‘snap’ diambil dari snapchat dan ‘gram’ dari instagram.

Dengan kata lain, lahirnya istilah snapgram adalah karena penggabungan antara snapchat dan instagram.

Apa itu snapchat?

Snapchat merupakan aplikasi pesan smartphone yang memungkinkan user bisa saling kirim foto dan video dan akan hilang atau terhapus setelah beberapa detik secara otomatis.

Dalam aplikasi ini, pengguna bisa menambahkan coretan-coretan lucu pada fotonya sehingga terlihat lebih artistik. Video dan foto yang dikirim inilah yang disebut dengan snap.

Snap dapat dikirimkan kepada teman yang ada dalam kontak dengan durasi yang ditentukan oleh pengirim. Setelah durasi habis, video atau foto secara otomatis akan terhapus.

Dari sini, sejarah munculnya istilah snapgram sebagai pengganti instagram story sudah makin jelas, bukan?

Fitur yang ditawarkan insta story

Insta story memiliki banyak fitur yang dapat digunakan oleh penggunanya, di antaranya adalah:

Postingan foto dan video

Pengguna bisa memilih mau posting apa di story mereka. Bisa foto atau video yang menceritakan satu hal. Panjang video snapgram lebih pendek dibanding postingan biasa, yakni 15 detik saja.

Sementara, durasi maksimal postingan video di instagram adalah 1 menit. Anda bisa download video lewat sosmedsave.com. Lewat situs itu, cara mengunduh video di IG menjadi mudah dilakukan.

Ada pilihan boomerang, superzoom, dan yang lainnya

Untuk membuat postingan makin menarik, ada pilihan boomerang, superzoom, siaran langsung, tulisan atau teks, normal, mundur, dan handsfree.

Dari sekian banyak pilihan, boomerang adalah salah satu fitur yang paling favorit. Para pengguna juga sering menggunakan fitur tulisan. Sebab ternyata banyak orang Indonesia yang suka menulis, khususnya menulis di akun sosial media mereka.

Bisa diatur privasinya

Para pengguna IG bisa mengatur siapa saja yang diperbolehkan melihat cerita mereka. Pengguna secara khusus bisa menyembunyikan cerita dari akun-akun tertentu. Mereka juga diberi keleluasaan untuk menyortir orang-orang yang boleh membalas melalui pesan terkait isi snapgram.

Selain itu, pengguna juga bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur simpan ke galeri atau ke arsip untuk foto atau video yang sudah diposting.

Bertahan 24 jam atau dimasukkan dalam sorotan

Insta stories hanya dapat bertahan selama 24 jam setelah diposting. Setelah dua jam, video atau foto akan terhapus otomatis.

Jika pengguna ingin menyimpannya, cukup gunakan fitur sorot yang kini sudah disediakan oleh instagram. Tinggal klik pilihan sorot dan secara otomatis cerita yang sudah dibuat akan masuk dalam sorotan.

Menyorot cerita ini hanya bisa dilakukan saat cerita masih aktif atau sebelum waktu 24 jam habis.

Begini cara membuat instagram story

Jika Anda masih bingung bagaimana cara membuat snapgram, begini adalah langkahnya:

  1. Klik ikon kamera yang ada di pokok kiri atas aplikasi instagram.
  2. Pilih postingan yang Anda mau. Misalnya mau posting teks, maka silakan pilih teks.
  3. Anda bisa menambahkan coretan lucu dengan meng-klik pilihan yang ada di bagian atas.
  4. Klik pada tanda panah lalu pilih cerita.

Dengan begini, cerita Anda sudah bisa dilihat oleh para follower. Anda bisa mengecek siapa saja yang melihat cerita Anda.

Salah satu kelebihan snapgram adalah kemampuannya dalam menarik follower baru. Mereka yang belum menjadi pengikut Anda tapi tertarik dengan story yang Anda buat bisa jadi calon pengikut baru. Jika ada masalah dengan jumlah follower yang sedikit, Anda bisa mempertimbangkan untuk menghubungi tempat jual followers.

meri puspita