Pengertian Endorse Adalah pada Jualan Online IG & Sosmed

Endorse adalah salah satu istilah penting dalam penjualan secara daring. Jangan ngaku serius bisnis jika belum mengerti maksud dari istilah ini.

Istilah ini digunakan sebagai salah satu media untuk memasarkan produk. Pemasarannya sendiri biasanya melalui media sosial, yang paling utama adalah instagram. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengembangkan bisnis melalui sosial media, ketahuilah maksudnya endorse di IG atau sosial media lain.

Kami yakin, beberapa orang sudah tahu maksud dari istilah ini. Sayangnya, kadang ada beberapa info yang masih miss atau kurang lengkap. Untuk itu, kali ini kami akan membahasnya agar lebih jelas.

Arti kata Endorse adalah (secara detail)

Gambar Endorse

Secara umum, endorse adalah suatu bentuk support yang dilakukan oleh public figure untuk mempromosikan produk-produk tertentu. Sebagai contoh, artis A menggunakan alat masak merek X. Maka bisa dikatakan artis ini mempromosikan produk merek X tersebut.

Contoh lainnya adalah pada satu waktu artis A memeragakan bagaimana cara cek resi Shopee karena dia sering berbelanja online di sana. Maka bisa dibilang artis A ikut mempromosikan marketplace Shopee.

Istilah ini sering digunakan oleh artis-artis dan pemilik online shop di facebook, instagram, youtube, dan twitter. Hal ini karena endorsement merupakan salah satu metode promosi di era digital.

Melihat contoh di atas, bayangkan jika para fans melihat dan mengetahui bahwa idolanya menggunakan merek X, maka mereka akan merasa penasaran apa itu merek X dan bisa jadi akan ikut-ikutan untuk menggunakan produk tersebut.

Tentu ini merupakan sesuatu yang akan memberikan keuntungan besar buat para pemilik online shop yang melakukan endorsement. Maka tak heran bila semua proses ini tidak gratis. Ada tarif-tarif khusus yang dibebankan setiap kali akan meng-endorse barang ke para artis.

Berapa nominalnya? Silakan simak ulasan ini sampai selesai.

Fungsi endorse

Sudah dijelaskan di atas bahwa salah satu kegunaan endorse adalah sebagai media promosi. Apa fungsi lainnya? Simak dalam ulasan berikut!

Gambar Fungsi Endorse

Munculnya management endorsement

Facebook, twitter, youtube, dan IG merupakan sosial media yang biasanya jadi ladang endorsement para artis. Khususnya di instagram.

Saat ini, ada banyak sekali artis yang mengikuti program ini. Saking banyaknya, terbentuklah management endorsement untuk mengatur semua bentuk promosi para artis melalui media sosial. Jadi, management inilah yang akan menjadi pihak ketiga antara pemilik olshop dan publik figur.

Dengan adanya management, maka proses bisa berjalan secara teratur sekaligus bisa melahirkan lahan pekerjaan baru buat para pengangguran.

Ada istilah selebgram

Di instagram, kita sering mendengar istilah selebgram. Mereka ini adalah pemilik akun media sosial yang follower-nya sudah tinggi dan sering mendapatkan tawaran endorse.

Mereka memang tidak tampil di televisi. Tapi kepopulerannya di media sosial membuat mereka punya pekerjaan dan ladang penghasilan baru.

Menambah jumlah follower

Bagi para pemilik online shop, mengikuti endorsement jelas menguntungkan. Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan dari endorse adalah untuk mendapatkan tambahan follower, khususnya jika profil dan konten yang diposting menarik atau produk yang dijual sedang dibutuhkan oleh pengunjung.

Agar makin maksimal kenaikan jumlah follower-nya, biasanya akun juga perlu digembok dulu, untuk memberikan kesan misterius. Jika Anda ingin menambah follower tanpa lewat jalan endorsement, silakan kunjungi tempat jual followers IG terbaik.

Meningkatkan penjualan

Dengan bertambahnya jumlah follower, maka penjualan pun bisa meningkat seiring berjalannya waktu.

Harga endorse selebgram dan artis

Harga Endorse Selebgram dan Artis

Sebagaimana disebutkan di atas, endorsement tidaklah gratis. Pihak pemilik toko online akan meng-endorse artis. Sementara artis akan mempromosikan atau istilahnya promote produk yang diminta.

Tarif endorse masing-masing artis berbeda. Kalau di instagram, tergantung pada jumlah follower realnya. Semakin tinggi jumlah follower aslinya, maka semakin tinggi pula tarif yang dibanderol untuk endorsement.

Maka dari itu, banyak pemilik online shop yang lebih memilih endorse ke selebgram. Karena selain harga endorse selebgram tidak terlalu mahal, biasanya antrenya juga tak sepanjang endorse di artis.

Endorse instagram

Salah satu media sosial yang marak digunakan untuk endorsement adalah IG atau endorse instagram. Sebut saja artis Ayu Ting Ting, Kartika Putri, Raffi Ahmad, Jessica Iskandar, dll. merupakan deretan artis yang menerima endorse.

Bahkan saat ini hampir semua artis juga mengikuti jejak mereka. Produk yang di-endorse tak hanya barang, tetapi juga jasa, termasuk wedding organizer dan acara-acara pesta.

Tarif masing-masing artis beda. Mereka biasanya berada di bawah naungan manajemen tersendiri untuk pengelolaan endorsement yang diterimanya. Pihak online shop harus menghubungi manajemen dulu untuk bisa meng-endorse mereka.

Jika Anda ingin mencoba endorsement melalui instagram, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu disiapkan:

Ganti bio instagram sehingga terlihat profesional

Sebelum memutuskan untuk memakai jasa para artis atau selebgram, percantiklah profil IG Anda. Mulai dari bio, foto profil, nama, dan username yang terlihat pro. Pastikan juga bahwa foto produk yang diunggah terorganisasi dengan baik. Tertata dan terlihat indah.

Sehingga pada saat orang membuka profil Anda akan langsung jatuh cinta dan ingin jadi pengikut.

Contoh bio instagram

Membuat kata-kata bio instagram yang menarik ada tingkat kesulitan tersendiri. Namun, jika Anda ingin membuat toko online Anda dipercaya, cobalah melihat toko online yang sudah berhasil.

Bukalah instagram artis, carilah beberapa produk yang mereka endorse. Buka profilnya dan lihat bio-nya. Lakukan riset kecil-kecilan. Dari riset ini Anda bisa menemukan contoh bio instagram terbaik.

Biasanya, bio yang bagus untuk IG selalu berisi profil singkat, nomor telepon, rekening yang digunakan, produk yang dijual, pengiriman, dll. Buatlah kata-kata untuk bio IG yang ringkas tapi menarik.

Kata-kata promosi instagram

Jika Anda sudah yakin profil sudah bagus, mulailah menyaring artis atau selebgram mana yang akan di-endorse. Pastikan bahwa mereka memiliki profil yang sesuai dengan produk yang sedang Anda jual sehingga mudah untuk membuat kata-kata promosi instagram nantinya.

Jangan sampai membuat kata promosi tanpa tahu dulu profil selebgram-nya, khawatir tidak akan nyambung. Sebagai contoh, Anda ingin promote produk yang bisa memperlancar ASI, maka pilihlah selebgram yang mengandung di trimester akhir atau baru saja melahirkan.

Inilah yang dinamakan nyambung dan kata promosinya bisa dibuat dengan mudah.

Cara meminta endorsement

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebagai cara meminta endorsement. Salah satunya sudah kami sebutkan di atas, yakni mempelajari profil publik figurnya apakah sesuai dengan produk atau tidak.

Selain profil, berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang harus Anda lakukan:

  1. Periksa jumlah komentar dan like yang ada di IG mereka. Bagaimana engagement yang mereka dapatkan untuk masing-masing postingan. Cek apakah pengikutnya loyal atau tidak. Cek juga apakah postingan mereka bisa mempengaruhi orang atau tidak.
  2. Pilih lebih dari satu lalu bandingkan.
  3. Apakah follower selebgram, artis, atau publik figur tepat buat produk Anda?
  4. Pilihlah IG yang fotonya berkualitas HD karena dengan begini produk Anda akan jauh lebih jelas terlihat. Audiens yang menonton juga bisa lebih tertarik.

Demikian ulasan tentang maksud endorse adalah dan beberapa informasi penting tentang endorsement. Selamat berbisnis dan semoga sukses.

meri puspita