Apa Itu Instagram: Sejarah, Fitur, Fungsi, dan Dampak Positif

Meski sudah jadi pengguna, benarkah Anda tahu apa itu instagram dan bagaimana sejarahnya? Yuk kenali semuanya termasuk fitur, fungsi, dan manfaatnya di sini.

Kami akan mengupas tentang informasi dasar seputar instagram. Kalau Anda mau tahu lebih banyak, silakan simak sampai selesai.

Pengertian dasar tentang apa itu instagram

Instagram biasanya disebut juga dengan IG atau insta. Secara sederhana definisinya adalah sebuah aplikasi yang bisa dipakai untuk berbagi foto dan video.

Pengertian dasar tentang apa itu instagram

Secara detail, dengan aplikasi ini para pengguna bisa membidik kamera untuk mendapatkan foto atau video kemudian menerapkan filter secara digital lalu membagikannya ke sosial media atau jejaring sosial.

Yang unik dari aplikasi ini adalah pengguna bisa memotong foto dengan ukuran persegi layaknya kamera polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio foto yang kebanyakan digunakan secara digital, yakni 16:9 atau 4:3.

Sejarah instagram

Meski saat ini sudah diakuisisi oleh FB, bukan berarti sejak awal IG adalah milik FB. Jika Anda menganggapnya seperti ini, maka anggapan ini tak sepenuhnya benar.

Sebab menurut sejarahnya, dua pemuda Kevin Systrom dan Mike Krieger yang mendirikan startup Burbn, Inc. Startup ini memungkinkan penggunanya untuk membagikan video dan foto.

Namun, mereka berdua menganggap startup ini terlalu banyak fitur. Yang mereka inginkan adalah sebuah aplikasi yang simpel. Cukup bisa untuk dipakai membagikan foto dan video dengan kolom komentar dan like.

Dari sinilah mereka melakukan penyederhanaan dan terbentuklah instagram.

Pada tanggal 6 Oktober 2010. IG mulai dikenalkan hanya untuk perangkat iOS. Selanjutnya, pada 3 April 2012, versi Apk untuk android keluar. Pada saat versi untuk android keluar, jumlah pengguna IG sudah mencapai satu juta.

Fitur-Fitur Instagram dan fungsinya buat pemula (dasar)

IG terus melakukan pembaharuan pada aplikasinya. Maka dari itu ada banyak fitur baru yang selalu dikenalkan kepada para pengguna. Di antara beberapa fitur yang harus diketahui oleh pemula adalah:

Fitur-Fitur Instagram dan fungsinya buat pemula (dasar)

Follower/pengikut

Kepopuleran sebuah akun IG salah satunya diukur dari berapa banyak pengikut yang dimiliki. Maka dari itu, ada banyak sekali orang yang mau membeli followers.

Bila Anda ingin membelinya, silakan hubungi tempat jual followers instagram terpercaya. Dengan menghubungi yang terbaik, pengikut bukanlah abal-abal dan engagement IG Anda bisa meningkat dengan cepat.

Lihat juga >>  5 Link Penambah Followers Gratis Instagram Tanpa Following

Unggah foto dan video (feed)

Anda bisa membuat postingan dengan klik tombol positif pada homepage saat sudah login. Saat posting, pengguna bisa mengedit secara langsung fotonya, memotong videonya, menetapkan sampul video, dan yang lainnya.

Pengguna juga bisa memberi caption atau keterangan hingga memberikan lokasi pada postingan tersebut.

Insta story

Para pengguna juga bisa memposting video, foto, teks, hingga boomerang dengan kreativitas masing-masing di insta story (snapgram) Postingan ini hanya bertahan 24 jam dan akan langsung hilang dari story setelah itu.

Berbeda dengan feed yang sifatnya memang menjadi postingan permanen sampai sang pengguna menghapus atau melakukan tindakan lain.

Like, komentar, bagikan, dan simpan

Di sini juga ada fitur untuk menyukai postingan yang ditandai dengan bentuk hati. Jika postingan anda bagus, maka bisa mendapatkan banyak like. Nah, kalau ingin dapat banyak like, ada tips like instagram gratis disini.

Anda juga bisa memberikan komentar dan meneruskannya melalui DM (Direct Message) ke follower-follower atau orang yang ada di kontak.

Jika ingin menyimpan postingan, ada juga tombol menyerupai amplop yang bisa diklik. Nantinya, postingan yang sudah disimpan akan masuk ke dalam salah satu menu di profil Anda.

IG TV

Instagram juga punya IG TV. Di sini, para pengguna bisa memposting video dengan durasi yang lebih panjang. Follower atau user lain bisa memberikan tanda suka dan komentar mereka pada postingan ini.

Hashtag

Inilah fitur pencarian yang unik di IG. Bila biasanya pencarian bisa dilakukan di halaman pencarian, di IG pun sebenarnya sama.

Hanya saja, untuk mengumpulkan postingan-postingan bertema sama. Misalkan Masakan Indonesia, Baking, atau yang lain, Anda bisa menggunakan tagar atau hashtag ig.

Lihat juga >>  Cara Memilih Hastag IG Terpopuler Agar Konten Viral

Tag foto atau video ke pengguna lainnya

Saat mengunggah sebuah foto atau video, Anda bisa sekalian menandai siapa saja yang ada di dalam foto tersebut.

Direct Message (DM)

Bila pengguna ingin bertukar pesan secara pribadi dengan follower atau pengguna lain, maka gunakanlah fitur Direct Message. Ini seperti messenger inbox bila di facebook.

Anda bisa mengirimkan gambar lewat DM dan memberikan tanda suka pada pesan atau gambar yang dikirimkan oleh pengguna lainnya.

Selain fitur-fitur di atas, masih banyak fitur lain yang bisa dimanfaatkan. IG memang selalu update soal fitur, jadi para pengguna juga harus siap dengan setiap perubahan yang ada. Kalau fiturnya tidak ada di hpmu, berarti aplikasi ig-mu perlu di update.

Dampak positif instagram

Selain memahami apa itu instagram dan beberapa fungsi dari fiturnya, Anda juga perlu tahu manfaat instagram dan dampak positifnya buat banyak orang. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Dampak positif instagram

Jualan online

Ada banyak sekali pengguna IG yang memakai akunnya untuk berjualan online. Hal ini karena di sini para pembeli jauh lebih bebas melihat barang dalam bentuk foto dan video dengan deskripsi serta harga yang ditulis di caption.

Fanbase atau komunitas tertentu

Media sosial ini juga dijadikan sebuah tempat berkumpulnya komunitas tertentu. Sebagai contoh, fanbase artis, infotainment, orang yang memiliki hobi sama, dan yang lainnya.

Mencari sebuah informasi (tutorial)

Ada banyak akun yang memberikan informasi berupa tutorial kesehatan, masakan, hingga make up. Dengan adanya IG orang jauh lebih mudah dalam mencari resep masakan, ikut senam kebugaran secara online, dan yang lainnya.

Dijadikan tempat untuk iklan

Banyak sekali orang yang memanfaatkan IG sebagai tempat untuk mempromosikan produk mereka. Sebagai contoh, artis yang memberikan cuplikan video youtube melalui IG lalu mengarahkan follower untuk langsung melihat videonya di platform tersebut melalui link yang ditaruh di Bio.

Lihat juga >>  Cara Endorse Instagram dan Rentang Harga Endorsement

Upload produk di marketplace dengan mudah

Dampak positif lain yang dimiliki oleh instagram adalah kemudahannya dalam membantu para penjual online, khususnya Anda yang berjualan di Shopee.

Hal ini karena cara upload video di Shopee bisa dilakukan melalui IG. Hanya perlu sinkronisasi antara akun Shopee dan IG saja.

Kelebihan dan kekurangan Instagram

Selain kelebihan di atas, masih ada banyak sekali dampak positif IG. Namun demikian, karena ini adalah sebuah platform sosial, positif atau tidaknya tergantung pada pemakainya.

Bila memang digunakan untuk hal-hal yang positif, maka hasilnya juga bisa positif. Sebaliknya, bila digunakan untuk hal-hal negatif, tentu ada hal negatif pula yang akan muncul.

Orang mudah melontarkan ujaran kebencian

Salah satu contoh dampak negatifnya adalah kebebasan dalam berpendapat yang makin luas. Hingga banyak orang yang mengungkapkan hate speech kepada orang lain.

Dari platform ini, lahirlah para haters dadakan yang merasa bebas melontarkan ujaran kebencian kepada orang yang tidak disukainya.

Yang bikin runyam adalah saat seseorang tidak kuat mendengar dan membaca ujaran kebencian tersebut, lantas memutuskan untuk bunuh diri.

Itulah sekilas mengenai apa itu instagram, fitur, dan dampaknya buat kehidupan manusia. Sebagai pengguna, sudah seharusnya kita saling mendukung dan memanfaatkan fasilitas dengan baik untuk hal-hal yang positif.

meri puspita
 

Butuh Bantuan? Chat dengan kami