Apa itu DM di Instagram dan Bagaimana Caranya

Mayoritas pengguna IG tahu apa itu DM. Meski istilah ini sangat identik dengan instagram, tapi banyak orang yang menggunakannya untuk WA, Facebook, dan media sosial lain.

Salah satu penyebabnya adalah habit. Kebiasaan menggunakan istilah ini setiap kali ingin berkirim pesan secara pribadi membuat seseorang terus menggunakannya meski tidak sedang dalam konteks IG.

Meski sudah banyak yang tahu, bukan berarti istilah ini tidak asing buat sebagian orang. Faktanya, masih ada pengguna IG yang kurang paham apa arti DM. Bila Anda adalah salah satu orang yang bingung dengan istilah ini, silakan simak artikel ini sampai selesai.

Arti DM di Instagram dan caranya

Sebelum kita bahas bagaimana berkirim pesan secara pribadi melalui IG, terlebih dulu kita bahas definisi DM. Fitur ini biasanya digunakan saat seseorang hendak meminta izin sebelum melakukan cara repost instagram.

Apa itu DM?

Arti DM adalah pesan pribadi yang dikirimkan secara langsung antar pengguna instagram. DM adalah kependekan dari Direct Message, yang dalam bahasa indonesia memiliki makna Pesan Langsung.

Apa itu Dm

Jadi, jika ada yang meminta Anda untuk men-DM, maka berarti mereka ingin mengobrol secara pribadi. Bukan lewat kolom komentar atau yang lainnya.

Cara kirim pesan di instagram

Tidak banyak pengguna IG yang tahu bagaimana cara mengirim pesan. Mayoritas baru pada tahap bisa membuka Direct Message saat ada yang mengirimi pesan, karena ada notifikasinya.

Sebaliknya, untuk bisa mengirim pesan duluan, tidak semuanya bisa. Nah, bila Anda ingin tahu cara mengirim message duluan kepada seseorang berikut ini adalah caranya:

Mengirim pesan pribadi di IG melalui smartphone

Berikut ini adalah langkah mudah bila Anda ingin berkirim pesan IG melalui smartphone (android dan iPhone):

  1. Buka profil orang yang akan Anda kirimi message.
  2. Klik pada pilihan Kirim Pesan.
  3. Ketikkan sesuatu pada Kolom Pesan.
  4. Klik Kirim untuk mengirim pesannya.
Lihat juga >>  Cara Upload Foto di Instagram Web PC dengan/tanpa Aplikasi

Anda juga bisa menambahkan stiker, emoticon, foto, dan mengirimkan voice note.

Anda juga bisa membalas insta story seseorang melalui Direct Message. Umumnya, saat sedang melihat story orang lain, ada pilihan Send A Message di bagian bawah story tersebut. Anda bisa menuliskan pesannya di kolom kemudian menekan kirim atau send.

Mengecek dan mengirim DM melalui smartphone melalui menu home

Selain cara di atas, Anda juga bisa mengecek dan mengirim Direct Message dengan cara lain, yakni:

  1. Buka aplikasi instagram dan pastikan sudah login.
  2. Klik menu home (ikon rumah).
  3. Di pojok kanan atas ada ikon anak panah. Klik.
  4. Anda akan langsung masuk ke fitur pengiriman message IG.
  5. Untuk menulis DM baru, silakan klik ikon pensil di pojok kanan atas.
  6. Ketikkan nama pengguna di kolom cari.
  7. Mulailah mengetikkan pesan yang akan dikirim.

Mengirim pesan IG melalui PC

Anda juga bisa mengirimkan DM melalui PC, caranya:

  1. Buka browser dan situs instagram.com.
  2. Login menggunakan akun pribadi.
  3. Klik pada ikon anak panah yang terletak di samping ikon profil atau cari profil orang yang akan dikirimi pesan. Kemudian klik Message.

Sekarang, Anda sudah bisa mempraktikkan pengiriman message melalui instagram. Fitur ini bisa membuat hubungan antar pengguna makin dekat. Saling follow dan like postingan.

Jika Anda ingin membuat engagement postingan meningkat, maka salah satu cara instannya adalah dengan menghubungi tempat jual like instagram terbaik.

Arti DM di media sosial lain

Berikut ini adalah beberapa contoh pemakaian DM di media sosial lain:

Apa itu DM di WA?

Jika ada orang yang bilang mau di-DM tapi meninggalkan nomor WA. Itu berarti mereka meminta Anda mengirimkan personal chat atau private chat melalui whatsapp.

Lihat juga >>  Fakta Likes & Followers Instagram Sebagai Social Proof Dan Pengaruhnya

DM di facebook

Pemakaian istilah ini di facebook sebenarnya sama dengan inbox. Anda bisa buka messenger untuk mengirim pesan secara pribadi melalui FB.

Itulah beberapa pemakaian istilah Direct Message. Informasi tentang apa itu DM di IG, FB, dan WA ini sangat berguna karena saat ini kita tidak bisa dipisahkan dengan sosial media.

meri puspita
 

Butuh Bantuan? Chat dengan kami