Cara Upload Video di Shopee via HP & Tingkatkan Penjualan

Mau produk Anda langsung dibeli? Coba cara upload video di Shopee. Alih-alih foto, kini video jadi metode penjualan yang lebih menarik karena lebih real dan no tipu-tipu.

Bila dulu para penjual lebih terpaku pada uploading foto untuk produk yang mereka jual. Kini untuk menarik para buyer, seller juga menggunakan video.

Uniknya, mereka yang menggunakan metode ini bisa mendapatkan lebih banyak exposure dan penjualan. Engagement ke toko juga lebih bagus. Hal ini dibuktikan dengan kenaikan followers.

Bila Anda ingin mencobanya juga, simak ulasan ini sampai selesai karena kami akan membagi tipsnya secara runut dan menyeluruh.

Cara upload video di Shopee yang mudah via HP

Bila selama ini Anda jualan di Shopee dengan mengandalkan gadget atau smartphone yang setiap hari dipegang dan dioperasikan, maka maksimalkan dengan mengunggah video dengan mengikuti langkah di bawah ini:

Cara upload video di Shopee yang mudah via HP

Cara upload produk di Shopee lewat HP (foto dan video sudah siap di galeri)

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunggah produk berupa foto di Shopee menggunakan HP. Caranya sangat mudah, silakan ikuti langkah di bawah ini untuk memulainya:

Cara upload produk di Shopee lewat HP (foto dan video sudah siap di galeri)
  1. Buka aplikasi Shopee di smartphone.
  2. Klik Saya yang ada di pojok kanan bawah.
  3. Klik Toko Saya jika Anda sudah membuat toko. Jika belum, silakan klik Mulai Jual dan ikuti langkahnya sampai toko Anda jadi.
  4. Setelah klik toko saya, klik Tambah Produk. Akan muncul pilihan instagram, kamera, dan foto.
  5. Pilih Foto maka Anda akan masuk ke Galeri HP.
  6. Klik foto barang yang hendak dijual.
  7. Klik centang beberapa kali sampai masuk dalam menu Shopee Tambah Produk. Pada langkah ketujuh ini, Anda mungkin akan diminta untuk melakukan filter pada foto. Jika memang dirasa perlu, silakan filter agar tampilan foto lebih bagus.
  8. Klik tambah foto/video yang terletak di samping kanan foto yang baru saja diunggah.
  9. Klik pada menu video.
  10. Centang video yang hendak di-upload.
  11. Pilih centang di pojok kanan atas.
  12. Potong video sesuai kebutuhan.
  13. Isikan nama produk, deskripsi, kategori, berat barang, harga, stok, dan yang lainnya.
  14. Jika semua sudah selesai, silakan klik centang di pojok kanan atas.
Lihat juga >>  Cara Ikut Flash Sale Shopee, Keuntungan, dan Syaratnya

Selamat! produk Anda yang berisi video dan foto sudah terunggah.

Mengunggah foto dan video barang yang belum ada di galeri

Bila Anda belum menyiapkan foto produknya, maka yang perlu dilakukan adalah:

  1. Buka aplikasi Shopee di HP dan pastikan sudah login.
  2. Klik Saya yang ada di pojok kanan bawah.
  3. Klik Toko Saya jika Anda sudah membuat toko. Jika belum, silakan klik Mulai Jual dan ikuti langkahnya sampai toko Anda jadi.
  4. Setelah klik toko saya, klik Tambah Produk. Akan muncul pilihan instagram, kamera, dan foto.
  5. Pilih kamera jika foto dan video produk belum siap.
  6. Ambil foto produk, centang sampai masuk ke halaman Tambah Produk.
  7. Pilih Tambah Foto/Video.
  8. Pilih ikon kamera perekaman yang ada di pojok kanan atas bagian tengah.
  9. Silakan rekam sesuai dengan kebutuhan.
  10. Kemudian centang sampai masuk ke halaman Tambah Produk.
  11. Isikan nama, deskripsi, kondisi barang, berat, stok, harga ecer dan grosir bila ada, dan yang lainnya sampai selesai.
  12. Klik centang.

Selamat, produk sudah terunggah ke toko Anda.

Cara upload video di Shopee melalui instagram

Jika Anda mengelola toko online di sosial media instagram, maka sebaiknya gunakan cara ini agar lebih mudah. Caranya adalah dengan memilih instagram pada langkah keempat dan kelima cara-cara di atas.

Biasanya dengan memilih ini, seluruh deskripsi produk juga akan secara otomatis terisi sesuai dengan apa yang ditulis di caption IG. Jadi, lebih simpel dan cepat.

Anda hanya perlu mengecek ulang supaya harga dan stok yang masuk di Shopee sesuai dengan yang ada di gudang saat ini.

Cara jualan di Shopee pakai video bisa bikin penjualan meningkat

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh seller saat mau mengunggah video ke dalam tokonya. Keuntungan-keuntungan tersebut bermuara pada satu hal yakni meningkatnya penjualan. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Cara jualan di Shopee pakai video bisa bikin penjualan meningkat

Video bisa membuat produk terlihat lebih nyata

Ada beberapa produk yang memang cukup ditunjukkan dalam bentuk foto, namun ada juga yang harus dijelaskan detailnya dalam video.

Lihat juga >>  Contoh Kata-Kata Promosi Olshop, Bikin Bisnis Makin Moncer

Sebagai contoh, produk kecantikan body cream. Produk ini biasanya memiliki tekstur yang berbeda antara satu merk dengan yang lainnya.

Para pembeli yang mau melakukan pemesanan produk akan cenderung memilih yang jelas teksturnya seperti apa lewat sebuah video dibanding yang hanya dalam bentuk foto tanpa bisa dilihat kekentalan produknya.

Terlebih lagi, pengaplikasian produk body cream tersebut. Apakah saat diaplikasikan ke kulit langsung akan terserap atau justru terasa lengket. Dengan video, produk yang dijual akan terlihat lebih nyata dan meyakinkan.

Bila Anda terbiasa menyertakan video pada produk semacam ini, bukan tidak mungkin follower toko akan meningkat karena mereka percaya pada Anda. Bila memang masih belum bisa mendongkrak follower, paling tidak bisa menambah jumlah suka.

Sementara untuk follower-nya bisa ditambah lewat jasa beli followers Shopee terbaik.

Video berisi tutorial atau cara pakai produk

Lewat sebuah video, Anda juga membuat tutorial atau cara pakai produk tertentu. Sebagai contoh cara memakai jilbab.

Lewat video ini, pembeli bisa melihat dan mencontoh cara pakainya. Juga melihat secara langsung ukurannya bila dipakai pada model.

Contoh lainnya adalah mainan anak seperti mainan Tayo satu set. Di mana biasanya ada yang pull back, ada juga yang tidak pull back.

Saat digunakan secara langsung, pihak pembeli akan mengira-ngira perbandingan ukuran produk dengan ukuran tangan anaknya secara langsung. Mereka juga bisa mengerti cara pakainya dengan mudah.

Jadi, pada saat barang datang mereka tidak akan merasa dikecewakan karena sudah melihat secara detail produknya dalam bentuk video.

Membuat penjualan di Flash Sale cepat habis

Sebagaimana diketahui, flash sale merupakan salah satu metode yang cukup praktis untuk meningkatkan penjualan. Jumlah produk yang ikut flash sale dibatasi.

Lihat juga >>  Cara Bayar di Shopee: Indomaret, Alfamart, Transfer ATM

Bila Anda perhatikan, ada banyak sekali produk yang cepat terjual, ada pula yang tidak habis saat durasinya sudah selesai.

Hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal, di antaranya adalah:

  1. Produk tersebut memang tidak sedang dibutuhkan oleh para pembeli.
  2. Barang yang dijual tidak dikemas secara menarik, dll.

Khusus untuk kasus kedua, salah satu solusinya adalah dengan memberikan video agar produk yang masuk flash sale jauh lebih meyakinkan.

Oleh karena itu, saat hendak melakukan cara ikut flash sale Shopee, Anda perlu membuat produk Anda jadi menarik dulu dengan membubuhkan foto tampak dari segala arah. Juga menyertakan video yang menarik.

Dengan begini, produk akan tampil lebih meyakinkan dan ditaksir oleh pembeli. Hasilnya, barang akan cepat habis meski durasi flash sale masih lama.

Demikian informasi tentang cara upload video di Shopee via HP dan cara mudah meningkatkan penjualan lewat video. Manfaatkan informasi dan semua fitur di Shopee dengan baik untuk meningkatkan penjualan dan bisnis.

meri puspita
 

Butuh Bantuan? Chat dengan kami