Cara Dropship di Bukalapak dan Beragam Keuntungannya

Ada beragam keuntungan yang bisa didapatkan bila Anda menjalankan cara dropship di bukalapak dengan serius. Salah satunya adalah mendapatkan uang dari bisnis tanpa modal. Bagaimana bisa?

Sebagaimana diketahui, belanja online kini sudah makin trend di Indonesia. Ada banyak sekali marketplace yang jadi tempat bertemunya puluhan juta penjual dan pembeli.

Transaksi melalui toko online di marketplace juga terus ada setiap harinya. Hal ini karena di sini seluruh penjual bersaing secara sehat dalam memberikan layanan kepada pembeli. Mulai dari persaingan harga, kualitas barang, hingga ketersediaannya.

Semua harga dan kualitas bisa diakses dengan mudah oleh pembeli. Mereka bisa menyortir harga termurah lewat aplikasi dan mengetahui kredibilitas penjual dari testimoni yang masuk ke lapak tersebut.

Tentu saja, ini menjadi alasan yang cukup kuat bagi para pembeli untuk datang berbelanja. Cukup dengan satu dua kali klik, barang bisa diantar langsung ke rumah oleh pihak ekspedisi.

Belum lagi bila ada promo khusus seperti Flash Sale, Super Deal atau gratis ongkos kirim. Semua itu menjadi nilai tambah yang tidak bisa diabaikan begitu saja.

Nah, bila Anda ingin mencoba berbisnis secara online tapi tak ada modal, maka dropship adalah salah satu metode yang bisa diandalkan. Metode ini bisa dilakukan di berbagai marketplace, salah satunya adalah Bukalapak.

Ada banyak sekali dropshipper yang sudah sukses menjalankan bisnis tanpa modal. Kami yakin, Anda ingin menjadi salah satunya.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas cara atau tutorialnya, jadi silakan simak sampai selesai.

Keuntungan dropship bukalapak

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan bila Anda memilih bukapalak sebagai partner dropshipper. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Keuntungan dropship bukalapak
  1. Marketplace ini secara khusus menyediakan menu untuk dropshipper.
  2. Anda tidak perlu modal besar untuk memulainya.
  3. Pemilihan supplier lebih mudah karena ada badge super seller bila Anda mau membeli dari toko terpercaya.
  4. Penjualan secara dropship juga sangat praktis.
  5. Untuk menjalankan bisnis ini, tak ada biaya operasional yang perlu dihitung. Anda cukup menyediakan kuota bulanan untuk koneksi internet.
  6. Bisa dikerjakan dari mana saja dan kapan saja.
Lihat juga >>  Cara Buka Toko di Shopee Lewat HP Android dan PC

Meski begitu, bisnis ini juga memiliki beberapa kekurangan atau risiko yang perlu Anda siasati:

  1. Keuntungannya tergolong kecil.
  2. Anda tidak bisa melihat langsung barang yang hendak dijual.
  3. Info stok barangnya tidak bisa update dengan cepat. Risiko kehabisan saat Anda sewaktu-waktu membutuhkannya. Sebab info stok ter-update hanya ada di supplier.
  4. Risiko terkena komplain.

Untuk risiko keempat ini, tak hanya dropshipper yang akan mengalaminya. Hampir semua bisnis harus siap dengan komplain pembeli.

Hanya saja, karena Anda tidak tahu secara riil barang yang dijual dan tidak mengerti update jumlah stok, maka risiko komplain ini jauh lebih besar sehingga dropshipper harus siap dengan jawaban-jawaban yang diplomatis dan menenangkan.

Cara dropship di bukalapak dan tips mudahnya

Setelah membaca keuntungan dan risiko di atas, apabila Anda tetap yakin untuk mencoba bisnis ini maka yang perlu dilakukan adalah:

Cara dropship di bukalapak dan tips mudahnya

Memilih supplier terbaik agar sukses jadi dropshipper

Saat berniat mau buka usaha dropship, maka Anda harus memilih supplier terbaik. Kriterianya adalah harganya murah, kualitasnya bagus, bisnisnya sudah stabil, terbuka dengan sistem dropship, layanannya keren, dan yang lainnya.

Komunikasi Anda dengan mereka harus baik agar keterbukaan informasi stok bisa didapatkan dengan mudah. Artinya, bila sewaktu-waktu butuh sebuah barang tapi stoknya tinggal sedikit, supplier bisa melakukan sesuatu dengan cepat sebagai solusi. Jadi, Anda dan pihak supplier bisa sama-sama untung dan tidak ada yang dirugikan.

Untuk mencari supplier terbaik, pihak marketplace biasanya juga sudah memberikan petunjuk untuk memudahkan para dropshipper. Sebagai contoh, di Tokopedia kita mengenal Gold Merchant. Selain itu, ada juga Super Seller Bukalapak.

Dengan memilih toko yang sudah terpercaya dengan pengikut banyak, penjualannya bagus, dan rating testimoninya di atas 4,5, maka Anda bisa sedikit lega karena menemukan supplier terbaik yang bisa diajak bekerja sama.

Lihat juga >>  5 Cara Menjadi Reseller di Lazada yang Mudah Buat Pemula

Salin produk supplier ke lapak yang sudah Anda buat

Bila sudah menemukan supplier terbaik, cara dropship di bukalapak selanjutnya adalah membuka toko. Pastikan bahwa toko yang Anda buat adalah salinan dari lapak supplier.

Salinan yang dimaksud di sini adalah:

  1. Alamat atau lokasi supplier harus menjadi alamat toko Anda sehingga ongkos kirimnya bisa sama dan tidak akan dobel.
  2. Produk-produk yang Anda jual harus sama dengan yang dijual oleh supplier. Isi judul atau nama produk secara menarik, deskripsi, dan yang lainnya. Ambil juga foto-foto produk dari supplier. Kalau ada video, sertakan juga sekalian agar makin lengkap.
  3. Gunakan prinsip SEO untuk membuat dagangan Anda mudah dicari dan bisa ramai pembeli.
  4. Beri harga dengan profit margin sesuai kebutuhan tapi jangan terlalu mahal agar tidak kalah saing.
  5. Sambil menyalin deskripsi produk, Anda juga harus membaca dan mengenali spesifikasi produk yang dijual. Agar saat ada komplain, Anda bisa menjawabnya dengan mudah.

Butuh waktu memang untuk menyalin dan mengenali spesifikasi produk-produk yang dijual. Namun, bila dilakukan dengan telaten, hasilnya juga akan bagus.

Promosi lapak ke media sosial

Agar lapak mendapatkan kunjungan yang cukup banyak dan kredibilitasnya meningkat, silakan lakukan promosi. Kenalkan pada teman FB, follower IG, dan semua orang di kontak WA bahwa sekarang Anda berjualan sebuah produk.

Lakukan promosi secara serius dan kontinu. Jangan suka berhenti di tengah jalan karena ini akan memunculkan kebingungan tersendiri di pikiran orang-orang yang sudah terlanjur tahu Anda berjualan.

Anda juga bisa mencoba menghubungi tempat jual followers bukalapak terbaik agar calon pembeli yang berkunjung bisa lebih merasa aman berbelanja.

Lakukan pelayanan dengan cepat dan terbaik

Saat ada yang memesan produk di lapak, pastikan untuk segera melakukan prosesnya dengan baik. Pelayanan yang cepat adalah sebuah kunci untuk mendapatkan kepercayaan dan feedback positif dari para pembeli.

Lakukan pelayanan dengan cepat dan terbaik

Oleh karena itu, kenali produk apa saja yang dibeli oleh buyer dan segera ambil dari supplier. Bila ada yang habis, segera kasih tahu pembeli lewat pesan dengan kalimat yang komunikatif dan sopan. Tawarkan solusi penggantian barang atau semacamnya barangkali mereka mau.

Lihat juga >>  Jualan Online Terlaris Saat Ini yang Bikin Bisnis Menggurita

Jangan lupa pilih kirim sebagai dropshipper

Ini adalah salah satu hal yang secara tidak sengaja dilupakan oleh para dropshipper. Di mana kadang lupa memilih menu dropshipper. Bila ini terjadi, barang yang dikirim tersebut akan langsung dikirim oleh supplier menggunakan alamat dan nomor HP mereka.

Hal semacam ini tentu akan merugikan. Sebab database pembelian akan masuk ke sistem supplier dan nomor telepon mereka akan tertulis di paket pengirimannya.

Jadi agar aman, lakukan cara dropship di bukalapak secara hati-hati. Pelan-pelan saja sambil belajar dari awal. Bila sudah terbiasa, Anda akan mahir sendiri. Silakan kumpulkan uang hasil dropship untuk membuka usaha sendiri. From Dropshipper to Reseller.

meri puspita
 

Butuh Bantuan? Chat dengan kami