Super Seller Bukalapak: Definisi, Ketentuan, Keuntungan, FAQ

Super seller Bukalapak merupakan program terbaru. Cari tahu ketentuan, keuntungan, dan apakah berdampak positif buat lapak Anda di sini.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang salah satu program yang disinyalir akan menguntungkan para pelapak di Bukalapak. Dengan program ini, toko yang Anda buka di marketplace tersebut akan lebih dipercaya oleh pelanggan karena memiliki badge khusus.

Sekilas tentang definisi super seller Bukalapak

Sebagaimana diketahui, program ini memang baru saja diluncurkan secara resmi. Ini adalah semacam program yang bertujuan untuk memaksimalkan dan meningkatkan penjualan di lapak para pelapak.

Sekilas tentang definisi super seller Bukalapak

Pemaksimalan penjualan ini didapat dari badge Super Seller bagi pelapak yang ikut mendaftarkan diri dalam program tersebut. Badge ini secara tidak langsung menjadi ikon toko yang terverifikasi sehingga dapat dipercaya oleh para pembeli yang datang.

Secara umum, dalam program ini terdapat 3 paket dengan biaya dan fitur berbeda. Penjelasan mengenai paketnya bisa disimak di bawah. Jadi baca sampai selesai.

Ketentuan dan syarat umum

Ada beberapa ketentuan yang harus digarisbawahi saat Anda ingin lapak mendapatkan badge Super Seller. Berikut beberapa di antaranya:

Kategori dan syarat pelapak yang boleh join program

Pemilik toko yang boleh join adalah mereka yang lapaknya aktif, minimal ada 1 barang yang dijual secara aktif, tidak pernah melakukan pelanggaran, dan minimal melakukan transaksi penjualan 1x selama 30 hari terakhir.

Artinya, bila Anda penjual yang baru melakukan cara buka toko di Bukalapak dan belum menjual barang sama sekali, Anda tidak bisa mengikuti program ini.

Mau membayar biaya layanan dan ketentuan detailnya

Pada setiap transaksi yang dilakukan oleh super seller, diberlakukan biaya layanan yang kisarannya 2-6% tergantung barang yang dijual.

Lihat juga >>  Cara Jadi Reseller Baju Online Tanpa Modal, Tak Perlu Ijazah!

Biaya layanan ini tidak termasuk biaya pengiriman dan pemakaian voucher atau promo yang dibiayai oleh pihak marketplace.

Pemilik toko berhak mendapatkan cashback setelah penjualan selesai

Untuk setiap transaksi penjualan yang sudah sukses, perjual berkesempatan mendapatkan cashback dengan nilai 1,1% dengan skema pemotongan tertentu.

Cashback ini akan masuk ke dalam saldo BukaDompet dalam waktu maksimal 2 x 24 jam yang dihitung sejak transaksi jual beli selesai.

Ketentuan untuk ganti atau berhenti dari paket

Pada saat awal mengikuti program, penjual hanya bisa memilih salah satu dari 3 paket yang tersedia. Bila ingin berganti paket, bisa dilakukan kapan saja.

Kecuali jika penggantiannya dilakukan ke paket yang lebih rendah, maka hanya bisa dilakukan satu kali dalam sehari.

Sementara itu, bila ingin non aktif dari layanan ini, penjual hanya bisa melakukannya sehari setelah terdaftar (H+1).

Otomatis keluar dari program

Penjual bisa secara otomatis keluar dari program bila ditemukan melakukan pelanggaran, tidak ada barang yang aktif dijual, dan tidak ada transaksi sama sekali terhitung 14 hari setelah proses aktivasi program dilakukan.

Badge hanya ditampilkan bila pelapak berskor sangat baik

Bila Anda mengikuti program super seller bukalapak, maka mau tidak mau performa toko harus baik. Sebab badge hanya akan diberikan kepada toko yang memiliki nilai 90 ke atas atau berkategori sangat baik.

Terlebih, performa lapak Anda akan dinilai setiap minggu secara rutin. Jadi, memang performa harus benar-benar bagus.

Bila Anda berminat untuk gabung, coba hubungi tempat jual followers bukalapak sebagai booster performa toko Anda.

Selain ketentuan di atas, masih ada banyak ketentuan lain yang perlu dipelajari sebelum Anda memutuskan untuk ikut program ini. Jadi, baca dengan saksama sebelum mengikutinya.

Lihat juga >>  Cara Buka Toko di Bukalapak Pakai Nomor HP, FB, Google

Keuntungan mengikuti program

Sebagaimana disebutkan di atas, ada beberapa keuntungan umum yang bisa didapatkan bilamana mengikuti program ini, di antaranya adalah:

  1. Mendapatkan badge super seller sehingga tokonya lebih trusted.
  2. Memperoleh cashback.
  3. Berhak mendapatkan fitur khusus sesuai dengan paket yang diambil.
  4. Jadi lebih semangat jualan karena mau tidak mau harus menjaga performa toko, dll.

3 Paket super seller bukalapak

Berikut ini adalah beberapa paket yang ditawarkan berikut informasi umumnya:

Paket super seller bukalapak

Paket bronze

Ini adalah paket terendah. Biaya layanannya berkisar dari 2% sampai 4% tergantung pada sub kategori barang yang dijual. Sebagai contoh untuk transaksi flash deal, biaya layanannya adalah 3% dari harga jual.

Pelapak yang mengambil paket bronze bisa mendapatkan bonus budget sebesar 5% dengan ulasan instan gold. Paket ini juga memberikan fasilitas prioritas pada hasil pencarian. Sayangnya, biaya campaign 0% tidak berlaku di paket ini.

Paket silver

Ini adalah paket kedua yang berada di peringkat tengah-tengah. Biaya layanannya adalah 4% untuk semua kategori yang dijual.

Fasilitas yang didapatkan di sini berbeda dengan bronze khususnya pada bagian bonus budget 5%. Di mana selain mendapatkan bonus, paket silver juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan bonus bulanan Rp 10.000,- dengan ulasan instan platinum.

Tak hanya itu, pada saat toko keluar di hasil pencarian karena diprioritaskan, barang yang muncul tersebut juga akan dilabeli dengan Gratis Ongkir. Biaya campaign 0% juga berlaku di paket ini.

Paket gold

Paket tertingginya adalah gold dengan biaya layanan 6% dari harga jual untuk seluruh kategori.

Yang membedakan paket ini dengan silver adalah bonus bulanannya sebesar Rp 50.000,- per bulan. Sementara fitur lainnya hampir sama.

Lihat juga >>  Cara Jualan di Lazada via HP dan Laptop Agar Cepat Laku

Semua paket di atas berkesempatan mendapatkan cashback sebesar 1,1% untuk seluruh kategori produk atau barang yang dijual. Oleh karena itu, selama berjualan, hendaknya Anda melakukan perhitungan dengan cermat supaya tidak merugi.

Soal fitur umum yang didapatkan masing-masing paket adalah voucher gratis ongkos kirim, bonus dan fitur khusus super seller, dan Bukasend.

Super seller bukalapak FAQ

Bila ada pertanyaan yang ingin diajukan, maka informasi ini bisa dilihat langsung di menu Super Seller yang ada di situs bukalapak.com.

Super seller bukalapak FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang cukup mengganggu para pelapak:

Tiba-tiba jadi Super seller padahal tidak pernah mendaftar

Salah satu pengalaman pelapak adalah dirinya yang tiba-tiba saja join program padahal tidak pernah merasa daftar.

Hal ini terjadi karena semua pelapak dengan performa lebih dari atau sama dengan 90 akan secara otomatis diundang untuk join program.

Selain itu, para penjual yang berlangganan premium account juga secara otomatis akan terdaftar sebagai super seller.

Maka dari itu, jangan heran jika tiba-tiba Anda join padahal merasa belum pernah mendaftar.

Menurut pengalaman, ada beberapa pelapak yang mengalaminya. Jadi, tiba-tiba saja ada pemotongan biaya layanan dari produk yang mereka jual. Bagi sebagian orang ini merugikan.

Maka dari itu, perhitungan amat penting bila Anda mengikuti program ini. Sehingga fitur yang disediakan oleh Bukalapak ini akan benar-benar memberikan hasil kepada performa bisnis Anda.

Pertanyaan lainnya

Mengenai pertanyaan lainnya bisa langsung dibaca di menu program tersebut pada bagian “Pertanyaan yang sering ditanyakan”.

Demikian informasi mengenai super seller bukalapak. Sebelum join, silakan dipikirkan dulu plus minusnya sehingga bisa lebih matang dalam mengelola bisnis online Anda di marketplace ini.

meri puspita
 

Butuh Bantuan? Chat dengan kami