Begini Cara Buat Akun Gmail via HP dan PC, Langsung Jadi!

Buat akun gmail itu gratis dan mudah! Jangan ragu untuk melakukannya sendiri baik via HP maupun PC. Akun ini memiliki banyak manfaat, salah satunya mengoneksikan Anda dengan berbagai macam sosial media dan aplikasi.

Artinya, setiap kali Anda mau mendaftar di platform sosial media, aplikasi, hingga e-commerce, alamat gmail merupakan salah satu kebutuhan yang paling penting.

Tidak hanya itu, setelah membuat akun ini, Anda juga akan terkoneksi langsung dengan seluruh layanan Google. Misalnya Google Drive, Youtube, email, dan yang lainnya.

Untuk itu, di kesempatan ini kami akan membahas mengenai cara mudah melakukan pendaftaran gmail sampai siap digunakan.

Cara membuat gmail di HP yang cepat dan mudah

Cara membuat gmail di HP yang cepat dan mudah

Untuk bisa membuat atau memasukkan gmail di HP, Anda bisa mengikuti langkah di bawah ini:

  1. Masuklah ke menu pengaturan yang ada di HP Anda.
  2. Geser ke bawah untuk menemukan menu Akun atau Pengguna & Akun. Selanjutnya, klik pada menu tersebut.
  3. Geser lagi sampai ke bagian paling bawah, klik pada opsi Tambah Akun.
  4. Klik pada menu Google. Anda mungkin akan membutuhkan verifikasi seperti sidik jari atau semacamnya.
  5. Klik Buat Akun.
  6. Pilih untuk Diri Sendiri atau Bisnis. Mayoritas user pilihannya adalah Diri Sendiri.
  7. Anda akan langsung masuk ke langkah-langkah pembuatan gmail. Silakan masukkan Nama Depan dan Nama Belakang.
  8. Isilah kotak pada menu Informasi Dasar, seperti tanggal, bulan, dan tahun lahir. Pilih gender-nya sekalian.
  9. Pilihlah nama sebagai User Name. Gunakan username yang tidak dipakai orang lain. Bila secara tidak sengaja username yang Anda pilih sudah digunakan, maka carilah penggantinya. Kalau mau cepat cukup tambahkan angka unik pada username tersebut.
  10. Buatlah password yang terdiri dari minimal 8 karakter. Password ini bisa dibuat dari kombinasi angka, huruf (kapital dan kecil), dan simbol.
  11. Konfirmasi password pada kolom yang tersedia. Pastikan sama dengan kata sandi yang sudah dibuat pada langkah sebelumnya.
  12. Selanjutnya, Anda akan masuk ke menu Privacy and Terms. Geser dan baca sekilas, kemudian klik Saya Setuju.
  13. Layar akan menunjukkan konfirmasi nama pengguna dan kata sandi yang sudah dibuat.
  14. Setelah itu, tunggu prosesnya sampai selesai dan muncul pemberitahuan bahwa akun sudah berhasil dibuat.

Begitulah cara membuat email baru atau memasukkan akun baru ke HP Anda. Sebagai catatan, kata sandi yang sudah dibuat bisa diganti sewaktu-waktu sehingga akun akan lebih aman. Anda cukup melakukan cara ganti password gmail dengan mengakses Security Checkup pada akun.

Cara buat akun gmail via PC atau laptop

Cara buat akun Gmail via PC atau laptop

Cara buat email baru melalui komputer, PC, atau laptop sangat mudah. Cukup masuk ke browser seperti biasa kemudian lakukan langkah di bawah ini:

  1. Kunjungi gmail.com.
  2. Selanjutnya klik Buat Akun.
  3. Anda akan langsung masuk ke halaman “Buat Akun Google”.
  4. Isikan Nama Depan dan Nama Belakang.
  5. Lanjutkan dengan Nama Pengguna (Username). Nama pengguna bisa terdiri dari huruf, angka, dan titik.
  6. Catatan: Username bersifat unik sehingga tidak boleh sama dengan milik orang lain. Jika dalam pembuatan username ternyata nama penggunanya sudah tidak tersedia berarti nama tersebut sudah digunakan. Buatlah yang baru atau beri angka pada username yang saat ini sedang dibuat. Selain itu, username juga tidak boleh mirip. Misalnya, [email protected] diganti [email protected]
  7. Selanjutnya, buatlah sandi dengan memasukkan karakter minimal 8 yang terdiri dari huruf, simbol, dan angka. Hurufnya boleh besar (kapital) atau kecil.
  8. Masukkan password yang sudah dibuat ke kolom Konfirmasi. Pastikan kata sandi yang dibuat dan dikonfirmasi sama persis. Bila ingin memastikannya, silakan klik ikon mata yang dicoret.
  9. Berikutnya, masukkan informasi dasar seperti tanggal lahir, bulan, dan tahunnya. Pastikan diisi sesuai dengan identitas Anda karena akan mempengaruhi fasilitas yang dapat digunakan nantinya.
  10. Isikan nomor ponsel pada kolom yang tersedia.
  11. Isikan email (bila ada), jika tidak ada bisa skip atau dikosongkan.
  12. Masukkan lokasi.
  13. Berikutnya akan muncul menu ketentuan Privasi dan Persyaratan. Silakan geser dan baca sekilas kemudian klik Saya Setuju untuk melengkapi proses buat akun gmail melalui PC.
  14. Setelah itu, tunggu prosesnya selesai dan akunnya siap digunakan.

Setelah menggunakan fasilitas gmail buat akun, Anda bisa langsung menggunakannya untuk berkirim email, masuk ke Google Play, dan yang lainnya.

Nah, setelah buat akun gmail, jangan lupa untuk meningkatkan keamanannya dengan memverifikasi nomor HP. Verifikasi ini dapat dilakukan melalui menu Security Checkup yang ada di akun Anda.

Manfaat buat akun gmail

Manfaat buat akun gmail

Ada banyak hal yang bisa didapatkan jika Anda membuat akun gmail, di antaranya adalah:

Bisa dipakai pada beberapa perangkat

Setelah terdaftar, Anda bisa menggunakan akunnya pada berbagai perangkat. Boleh PC maupun HP. Kalau mau menggunakannya untuk dua atau tiga HP sekaligus tanpa logout di salah satu perangkat pun masih bisa dilakukan. Sangat fleksibel.

Jarang mengalami gangguan

Aplikasi dan akun ini juga jarang mengalami gangguan. Bagaimanapun, gmail merupakan salah satu produk dari raksasa Google yang sudah sangat dikenal di seluruh dunia. Setiap orang menggunakan email ini untuk berkirim pesan, gambar, dan terkoneksi dengan cepat serta mudah.

Terhubung dengan berbagai sosial media dengan cepat

Sosial media merupakan salah satu kebutuhan yang penting di era digital seperti sekarang. Tak hanya untuk berbagi aktivitas sehari-hari, sosial media juga jadi media marketing yang cukup bagus.

Nah, gmail merupakan akun yang sangat dibutuhkan untuk terhubung ke berbagai sosial media. Mulai dari facebook, instagram, youtube, hingga aplikasi video tik tok.

Terkoneksi dengan marketplace dengan cepat

Ada banyak sekali marketplace yang menawarkan pendaftaran menggunakan akun email, salah satu yang terkoneksi langsung adalah gmail. Sebut saja Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan marketplace lainnya.

Kapasitas penyimpanan yang besar

Dengan gmail, Anda bisa menyimpan berbagai file dengan kapasitas yang besar, yakni mencapai 15 GB. Kapasitas ini gratis dari Google dan diberikan kepada seluruh penggunanya.

Bahkan, pengguna pun bisa upgrade dengan membayar sesuai dengan kapasitas yang diinginkan.

Aman dari serangan virus

Gmail juga dikenal lebih tahan terhadap serangan virus. Jadi, para pengguna akan jauh lebih aman dalam menggunakan emailnya.

Bisa mencegah spam

Spam yang masuk ke email juga langsung disortir dengan cepat. Bila ada spam, dia akan langsung masuk ke folder Spam dan Anda tak perlu repot membukanya. Bisa langsung dihapus sesuai keinginan. Anda pun bisa melaporkan spam untuk surat atau hal-hal yang mengganggu.

Terhubung dengan layanan Google lain dengan mudah

Ada banyak sekali layanan Google yang tersedia untuk dunia. Di antaranya adalah surat elektronik, Google Drive, Google Play, dan lain-lain. Dengan membuat akun, Anda akan dapat terhubung dengan mudah ke layanan-layanan tersebut.

Mudah digunakan dan terkoneksi dengan cepat

Layanan ini sangat mudah digunakan dengan kustomisasi yang jelas. Dengan email, Anda juga bisa terkoneksi dengan cepat, termasuk saat hendak beli followers TikTok terbaik atau media sosial lainnya.

Kesimpulannya, sebagai penikmat dunia digital, kita tidak bisa menghindar dari buat akun gmail. Tapi karena cara bikinnya mudah, semua orang bisa mencobanya.

meri puspita
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami