15 Cara Membuat Video Tik Tok Masuk FYP Sampai Viral

Mau video tik tok yang Anda buat masuk FYP agar bisa ditonton oleh banyak orang dan viral? Lakukan triknya dengan baik supaya terkenal.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai trik tersebut. Namun, sebelum ke sana Anda perlu tahu dulu apa itu FYP. Karena inilah gerbang yang harus dilalui supaya bisa mendapatkan engagement tinggi pada setiap konten yang dibuat di TikTok.

Mengenal FYP

FYP Tik Tok adalah kependekan dari For Your Page. Istilah ini digunakan untuk video-video yang berhasil masuk ke home (beranda) aplikasi tersebut.

Mengenal FYP

Jadi, setiap kali pengguna membuka aplikasi, mereka akan secara langsung masuk ke menu home dan melihat berbagai pilihan video yang disarankan oleh aplikasi. Pengguna bisa scroll ke atas dan bawah untuk melihat video-video lainnya.

Ada banyak orang yang sudah tahu FYP, tapi tak sedikit yang belum mengerti. Mereka yang sudah mengerti umumnya menggunakan #fyp atau #foryourpage pada setiap postingan yang dibuat di aplikasi ini.

Bila konten yang Anda buat bisa masuk ke FYP, maka akan banyak orang yang akan menontonnya. Selanjutnya bila konten tersebut disukai banyak orang dan engagement-nya bagus, maka konten tersebut bisa viral.

15 Cara membuat video Tik Tok agar bisa viral atau terkenal

Cara membuat video Tik Tok agar bisa viral atau terkenal

Untuk membuat konten Anda masuk ke FYP dan jadi viral, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan:

1. Memposting secara konsisten

Bila Anda memang ingin diperhatikan oleh TikTok, maka perhatikanlah dulu aplikasi ini. Caranya adalah dengan sering memposting konten di aplikasinya.

Buatlah konten yang apik dan posting-lah secara konsisten. Rajin posting dan memilih waktu yang tepat secara terus menerus akan membuat akun Anda diperhatikan.

Sebaliknya, jika posting-nya hanya sesekali mengikuti mood, maka hasilnya juga tidak maksimal.

Lihat juga >>  11 Cara Menambah Viewer Youtube yang Aman dan Terhitung

2. Selalu update

Seringlah buka aplikasi dan scroll atas bawah. Dengan begitu, Anda bisa melihat bagaimana kecenderungan konten yang dibuat oleh para pengguna. Baik yang ada di dalam negeri maupun seluruh dunia.

Dari sini, Anda bisa mendapatkan inspirasi dan tahu harus membuat konten seperti apa bila ingin masuk ke FYP.

3. Aktif dalam berinteraksi

Jangan jadi pengguna yang pasif dan hanya fokus pada konten pribadi. Untuk menjadi seseorang yang dikenal, ada sistem timbal balik yang harus dilakukan.

Sering-seringlah membuka konten orang lain. Selain sebagai inspirasi, Anda harus meninggalkan interaksi dengan memberikan komentar, love, dan yang lainnya.

Dengan begini, Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan pengguna lain, tak hanya pemilik konten.

4. Pakai hashtag dengan tepat dan banyak

Sama dengan di instagram, hashtag juga sangat penting di TikTok. Anda harus memilih tagar yang tepat untuk konten yang diposting. Selain itu, Anda juga harus menggunakan tagar dalam jumlah banyak.

Silakan pilih tagar yang sesuai dengan konten dan masukkan #fyp dan #foryourpage di antara tagar-tagar tersebut.

5. Pastikan kualitas videonya bagus

Video akan menarik jika gambarnya jelas. Dengan kualitas video tik tok yang bagus, orang-orang yang menonton juga akan menikmati konten secara nyaman dan betah menontonnya sampai selesai.

6. Buat 5 detik pertama yang memikat

Ketika sudah berhasil masuk ke FYP, Anda harus membuatnya berada di sana lebih lama dan mendapatkan engagement dalam jumlah tinggi.

Salah satu caranya adalah dengan membuat konten menarik di 5 detik pertama. Ini adalah first impression bagi orang-orang yang sedang scroll di beranda.

Apabila Anda berhasil membuat first impression yang menarik, orang akan berhenti scroll dan mau menonton video sampai selesai.

Kebalikannya, jika 5 detik pertama Anda gagal karena monoton misalnya, maka orang juga akan langsung scroll cepat ke bawah tanpa menonton video Anda.

Lihat juga >>  Format Video untuk Youtube dan Tips Menjaga Kualitasnya

Ingat bahwa meski berhasil masuk ke FYP, Anda tidak bisa mendapatkan like dan komentar dengan cepat bila konten yang dibuat tidak bagus.

7. Ikuti challenge yang lagi tren

Ada banyak sekali challenge yang diadakan di TikTok dan umumnya tren di seluruh penjuru dunia. Cobalah ikuti challenge semacam ini sehingga Anda bisa mendapatkan tangkapan dari para pengguna yang sedang ingin menonton challenge tersebut.

Umumnya, para pengguna yang ingin menonton video challenge akan memanfaatkan halaman pencarian. Bila Anda mengikuti challenge-nya dan menyematkan tagar saat posting, maka bisa jadi postingan akan direkomendasikan oleh aplikasi kepada pengguna yang sedang mencarinya.

8. Jadilah berbeda agar menonjol

Video Tik Tok rata-rata memiliki lagu yang sama untuk backsound. Terlebih untuk musik-musik yang sedang viral.

Tak hanya musik, gerakan dance yang dilakukan juga sama persis. Bahkan, saat ada orang yang membuat video tik tok lucu misalnya, ada pengguna yang akan menduplikasinya. Menyontek idenya secara menyeluruh.

Padahal cara ini tidak cukup efisien untuk meningkatkan engagement. Pasalnya, manusia cenderung bosan menonton konten yang sama berulang kali.

Solusinya, meskipun secara umum gerakan dan musik yang Anda gunakan sama dengan yang lain, carilah sesuatu yang berbeda dan masukkan dalam konten tersebut. Buat Tik Tok video yang Anda buat jadi menonjol.

9. Pakai musik atau lagu yang sedang sering dipakai

Musik dan lagu yang sedang populer juga bisa meningkatkan view pada video Tik Tok Anda. Hal ini karena kans konten bisa dilihat orang tak hanya via FYP, melainkan juga lewat halaman pencarian saat pengguna lain mencari lagu tersebut.

10. Fokus pada apa yang dikuasai

Agar bisa membuat konten dalam jangka panjang, maka fokuslah pada apa yang Anda kuasai. Entah itu tutorial makeup, memasak, video lucu Tik Tok, nge-dance, emoji, atau yang lainnya. Fokuslah pada bakat apa yang Anda kuasai.

Lihat juga >>  Tik Tok Adalah (Pengertian), Asal, Manfaat, Efek Negatifnya

11. Tonton video Tik Tok lainnya

Cara membuat video Tik Tok dengan menonton video lainnya

Menonton video TikTok dari user lain akan membantu memunculkan ide baru sekaligus mengoreksi konten-konten yang Anda buat di TikTok. Jadikanlah video orang lain sebagai pembanding untuk bergerak maju ke depan.

12. Lakukan editing di luar aplikasi TikTok

Aplikasi TikTok memang sudah dilengkapi dengan fitur editing. Sayangnya, fitur ini cukup terbatas. Untuk menciptakan konten yang keren, Anda bisa mengedit video di aplikasi lain yang bisa diunduh baik di App Store maupun di Play Store.

13. Bagikan video ke sosial media atau platform lain

Jangkau lebih banyak penonton dengan membagikan video Tik Tok Anda ke platform lain. Misalnya, ke sosial media seperti facebook, instagram, whatsapp, dll.

14. Jangan hanya fokus ingin viral

Akhir-akhir ini, orang-orang rela melakukan apa saja agar kontennya viral. Saking inginnya viral, mereka tidak memperhatikan konten yang diposting. Apakah menyinggung isu SARA atau bukan atau apakah dapat membuatnya merugi, misalnya dapat mengancam nyawa karena saking bahayanya.

Hindari niat ingin viral dengan cara-cara yang salah.

15. Konsep jelas, unik, dan original

Untuk membuat konten yang kuat dan berkesan di hati orang yang menonton, silakan siapkan konsep yang jelas, ide unik, dan eksekusi yang original.

Dengan begitu, Anda bisa membuat video Tik Tok yang keren dan bisa terkenal. Bila kesulitan mendapatkannya, mulailah dengan fokus menambah follower karena dengan begini Anda bisa mendapatkan view dari para pengikut. Beli followers TikTok terbaik dulu supaya prosesnya cepat.

meri puspita
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami