WhatsApp Bisnis: Cara Daftar, Menggunakan, dan Biayanya

Punya bisnis dan mau go online? Cobalah WhatsApp bisnis. Anda tinggal pasang aplikasi, melengkapi profil, dan mulai terhubung dengan jutaan pelanggan secara cepat.

WA bisnis merupakan solusi yang baik untuk para pebisnis online karena kini hampir semua orang memiliki akun WA dan menggunakannya untuk berkomunikasi secara intens. Tak hanya dengan orang yang dikenal, tetapi juga dengan orang yang belum dikenal seperti pemilik toko online.

Dengan aplikasi ini, pengguna bisa berkirim pesan, bertukar suara melalui voice note atau telepon, hingga berkomunikasi lewat video call. Dengan kelengkapan fitur ini, tak heran bila jumlah penggunanya menyentuh angka milyaran di seluruh dunia.

Para calon pembeli umumnya lebih nyaman berbicara langsung dengan pemilik bisnis melalui chat. Dengan begitu, pesan yang dikirimkan bisa lebih pribadi dan cepat mendapat jawaban. Selain itu, mereka juga merasa bebas bertanya apa saja melalui pesan ini.

Itulah mengapa ada banyak pemilik toko yang menggunakan akun WA-nya untuk berjualan. Bahkan, ada yang membuat grup jualan sendiri supaya bisnisnya makin lancar.

Melihat itu semua, WhatsApp akhirnya mengeluarkan WA bisnis. Dibanding WhatsApp Messenger, aplikasi WA bisnis memiliki banyak fitur yang akan menguntungkan buat para pebisnis.

Lebih jauh mengenai WA business, silakan cek ulasannya di bawah ini.

Tentang WhatsApp Bisnis

WA bisnis adalah sebuah aplikasi yang dibuat dan didesain secara khusus untuk para pemilik usaha. Sama dengan WA messenger, Anda juga bisa mendapatkan apk ini secara gratis di Play Store maupun App Store.

Tentang WhatsApp Bisnis

Tak hanya bisnis besar yang sudah settle, semua yang memiliki bisnis berhak memilikinya. Termasuk pemilik UKM atau seseorang yang baru merintis usaha.

Di sini, ada banyak sekali fitur yang dapat memperlancar dan mempermudah komunikasi dengan para pelanggan. Di antara fitur yang sangat menarik dan tidak ada di WA messenger adalah:

  1. Pesan otomatis.
  2. Menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat.
  3. Menyortir atau memberi label pada pesan dari pelanggan, dll.

Masih banyak fitur lain dari WhatsApp bisnis yang sangat sayang untuk dilewatkan karena berpotensi meningkatkan performa penjualan.

Cara download dan daftar WA bisnis

Untuk memiliki akun WA business, silakan unduh dulu aplikasinya di Play Store atau App Store. Ketikan “WhatsApp Bisnis” di kolom pencarian Play Store atau App Store dan mulailah menginstal-nya di HP Anda.

Lihat juga >>  Tips Jitu Jualan di Instagram Untuk Pemula

Selanjutnya, Anda bisa buka aplikasinya dan mendaftarkan nomor yang digunakan untuk usaha. Kalau bisa, jangan gunakan nomor pribadi agar urusan pribadi dapat terpisah dan tidak bercampur.

Selain itu, menggunakan nomor khusus untuk usaha juga akan memudahkan proses verifikasi bisnis Anda.

Cara menggunakan WhatsApp bisnis

Secara lengkap, berikut ini adalah tutorial menggunakan WhatsApp bisnis:

  1. Instal aplikasinya.
  2. Ketuk Setuju untuk menerima Ketentuan Layanan.
  3. Pilih kode negara dan masukkan nomor HP bisnis.
  4. Masukkan 6 digit kode pendaftaran untuk menyelesaikan pendaftaran.
  5. Sampai di sini, Anda sudah terdaftar. Jangan lupa untuk mengizinkan akses ke file, foto, atau video yang ada di HP agar bisa berkomunikasi dengan mudah.
  6. Selanjutnya, untuk memakai aplikasinya Anda harus membuat akun, caranya adalah dengan memasukkan nama bisnis, membuat foto profil, dan memilih kategori bisnisnya.
  7. Anda juga perlu membuat profil bisnis, caranya adalah membuka menu Settings kemudian klik Business Settings, dan ketuk Profile. Silakan isi dengan informasi yang detail meliputi email, website, detail kontak, alamat, dll. Pastikan semua infonya benar atau sesuai.

Ikuti semua prosesnya sampai usaha Anda benar-benar terlihat nyata meski hanya dalam bentuk informasi di WA.

Selanjutnya, untuk memulai berkirim pesan, Anda bisa menggunakan ikon chat atau pena. Jangan lupa pilih nomor yang ingin dituju dengan benar dan klik ikon panah hijau atau biru (seperti di WA messenger) untuk mengirimkan pesannya.

Anda juga bisa mengatur menu pembalasan pesan secara otomatis. Dengan menu ini, Anda akan tetap bisa membalas pesan saat sedang tidak membawa HP atau berada di luar jam kerja.

Untuk mengaturnya, silakan ikuti langkah di bawah ini:

  1. Pilih Settings.
  2. Kemudian klik Business Settings.
  3. Klik menu Away Message/Greeting Message/Quick Replies.
  4. Silakan atur pesannya.

Dalam mengatur pesan, Anda juga bisa sekalian menyesuaikan waktu pengirimannya.

8 Fitur spesial WhatsApp bisnis yang tidak ada di WA messenger

Ada beberapa hal yang bisa ditemui di WA business tapi tidak ada di WA messenger, di antaranya adalah:

Lihat juga >>  5 Contoh Dropship, Bisnis Online Tanpa Modal Pasti Laku

Penggantian nama pengguna tak boleh sesuka hati

Jika di WA messenger Anda bisa mengganti nama pengguna atau akun kapan saja, di sini Anda tidak bisa begitu. Karena sifatnya resmi dan harus kredibel, maka nama pengguna memiliki ketentuan seperti:

  1. Tidak boleh ditulis dengan huruf kapital.
  2. Yang boleh ditulis kapital hanya akronim (singkatan) atau huruf pertama dari sebuah kata.
  3. Spasi antar kata harus satu, tidak boleh lebih.
  4. Tidak boleh menambahkan tanda baca.
  5. Tidak diperkenankan memakai simbol, karakter spesial, dan emoji.
  6. Dilarang menggunakan atau menambahkan karakter non alfanumerik.
  7. Menulis merek dengan benar, tidak boleh salah ejaan.
  8. Tidak boleh terdiri dari nama lengkap seseorang.
  9. Dilarang menulis nama yang hanya mencakup lokasi umum.
  10. Jangan memakai kata umum sebagai nama.
  11. Nama harus dibuat lebih dari 3 karakter.

Jangan terlalu menganggap bahwa pembuatan namanya rumit. Yang paling penting, pikirkan saja bahwa Anda membuat namanya untuk bisnis resmi. Oleh karena itu, ejaan dan penamaannya juga bersifat formal. Tidak bisa memakai bahasa alay atau semacamnya.

Bisa mengisi profil bisnis

Berbeda dengan WA messenger yang dipakai untuk jualan, di mana Anda tidak bisa menuliskan profil atau deskripsi toko, di sini Anda bisa melakukannya.

Oleh karena itu, isikan dengan lengkap dan menarik. Bahkan, Anda pun bisa menambahkan link ke akun facebook atau instagram dengan menuliskannya di kolom URL.

Dengan begini, akan terjadi simbiosis mutualisme antar dua media sosial. Mereka yang datang dari IG bisa langsung menghubungi nomor WhatsApp bisnis. Sebaliknya, yang tahu nomor HP dulu bisa langsung cek akun IG, bahkan menjadi followers baru.

Artinya, WA bisnis juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan followers sama seperti beli followers instagram terbaik.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda sebaiknya tidak melakukan cara menonaktifkan instagram sehingga terjadi hubungan timbal balik yang baik.

Mengirim pesan otomatis

Ada 3 jenis pesan otomatis yang ada di aplikasi ini, yakni:

  1. Greeting Message, yakni pesan yang dikirimkan secara otomatis saat ada pelanggan menghubungi Anda pertama kali.
  2. Away Message, yakni sebuah teks balasan untuk pelanggan saat tidak berada di jam kantor atau toko sedang tutup.
  3. Quick Replies, yakni pesan cepat yang berisi kode tertentu. Saat Anda mengetikkan kodenya, pesan berupa jawaban atas pertanyaan yang umum dari pelanggan akan langsung ter-generate.

Dengan fitur ini, layanan toko Anda akan terlihat formal dan cepat.

Lihat juga >>  Cara Buka Toko di Bukalapak Pakai Nomor HP, FB, Google

Katalog

Fitur spesial WhatsApp bisnis yang tidak ada di WA messenger - Katalog

Anda bisa memasukkan foto dagangan beserta deskripsinya pada bagian ini.

Statistik pesan

Pemilik akun bisa melihat statistik pesan yang masuk ke dalam akunnya.

Label

Anda bisa memberikan label pada pesan yang masuk, apakah masih tanya-tanya, perlu follow up lagi, sudah bayar, atau mungkin pesanan sudah diproses. Anda bisa membuat labelnya sendiri dan memasukkan pesan-pesan ke dalam label tersebut.

Masing-masing label juga bisa diberi warna sehingga makin menarik dan mudah dikenali.

Kategori

Anda juga perlu memilih kategori bisnis. Jika jualan baju atau gamis misalnya, maka Anda harus memilih kategori pakaian. Jika tidak menemukan kategori yang sesuai, silakan pilih Others.

Tanda centang akun bisnis resmi

Jika sudah terdaftar sebagai akun bisnis, maka saat profil Anda dibuka akan tertulis “akun bisnis” atau “akun bisnis resmi”. Akun bisnis resmi umumnya bisa didapatkan jika sudah terverifikasi secara sempurna, ditandai dengan centang berwarna hijau di nama akunnya.

Fitur spesial WhatsApp bisnis yang tidak ada di WA messenger - Tanda centang akun bisnis resmi

Jadi, saat ada orang yang menghubungi Anda, meskipun belum menyimpan nomor tersebut dalam kontak mereka, akan muncul nama akun dan centang tersebut di menu chat saat sedang berbalas pesan.

Biaya whatsapp business

Karena peminatnya banyak dan demi memajukan fitur yang ada, ke depannya akan ada biaya yang dibebankan untuk pengguna. Namun, sampai saat ini masih belum jelas bagaimana konsepnya.

Hanya saja, sejak Juni 2019, pihak WA sudah memberlakukan biaya tertentu. Contohnya untuk pesan template.

Oleh karena itu, saat Anda sudah menggunakan WhatsApp bisnis nanti, pastikan sudah siap dengan segala perubahan dan ketentuan yang ada di dalamnya.

meri puspita
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami