Cek Resi Shopee, Express Standard, & Pembatalan Pesanan

Segera cek resi shopee Anda setelah membuat pesanan. Jangan sampai Anda menjadi korban penipuan oknum penjual abal-abal di marketplace. Lagipula, pengecekan bisa dilakukan dengan mudah. Cukup satu atau dua kali klik.

Nomor resi merupakan kode yang penting untuk melacak pesanan Anda sudah sampai di mana. Biasanya, nomor ini akan ter-generate secara otomatis di aplikasi Shopee setelah barang dikirim oleh penjual.

Simpelnya begini, ketika pesanan dibuat, pihak penjual akan menerima nomor pesanan dan mengakses pesanan tersebut. Isinya adalah pesanannya apa saja dan harus dikirim ke mana (alamat pembeli secara lengkap).

Setelah itu, mereka bisa memilih mau di-pickup apa mengirimkan sendiri barangnya langsung ke ekspedisi. Dalam proses ini, mereka akan menemui JP xxxxx (untuk ekspedisi JNT) yang kemudian kita kenal dengan nomor resi dan bisa dilacak langsung via shopee atau ke situs ekspedisinya. Sebagai catatan, semua proses ini sudah by system.

Sejarah Shopee secara singkat

Shopee sebelumnya dikenal dengan nama Garena yang didirikan pada tahun 2009. Perusahaan dengan nama Shopee sendiri baru diluncurkan pada tahun 2015 di Singapura. Sejak dibentuk perusahaan ini langsung memperluas jaringan ke negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia.

Pada awal sejarah Shopee terbentuk, model bisnis yang dibuat adalah C2C (customer to customer). Kemudian beralih ke hybrid C2C dan B2C (business to customer). Hal ini ditandai dengan dibukanya Shopee Mall.

Hingga saat ini, perkembangan e-commerce ini terus menggeliat cepat. Salah satu marketplace ternama di Indonesia ini kini sudah bekerja sama dengan sekitar 70 jasa pengiriman.

Selain itu, Shopee juga menyediakan logistik untuk para penggunanya. Dia juga sudah bekerja sama dengan ojek online dan beberapa logistik lokal.

Cek resi shopee

Cara belanja di shopee bisa dilakukan dengan mudah. Tinggal klik satu dua kali, maka pesanan bisa langsung dibuat dan Anda bisa santai menunggu barangnya di rumah.

Kalau pun barangnya lama tak datang, Anda bisa melakukan cara melacak resi Shopee yang paling sederhana di bawah ini:

Gambar Cek Resi Shopee
  1. Bukalah aplikasi marketplace ini di smartphone.
  2. Klik pada bagian Saya yang ada di bagian bawah di layar HP.
  3. Klik pada menu Dikirim.
  4. Pilih pesanan yang ingin Anda lacak.
  5. Lihat pada Status Pengiriman lalu klik Lacak.
  6. Rincian pesanan akan tampil secara detail di layar HP.

Anda juga bisa cek pesanan shopee melalui aplikasi-aplikasi lacak pesanan yang ada di Play Store atau langsung kunjungi situs ekspedisi yang Anda pilih dengan memasukkan nomor resi atau airway bill number.

Untuk nomor resinya bisa dilihat di bagian Status Pengiriman tadi.

Resi tidak bisa dilacak dan cara cek resi Shopee express standard

Salah satu masalah yang sering dialami oleh para pembeli adalah adanya resi Shopee tidak bisa dilacak. Jangan langsung berpikir bahwa ini penipuan, sebab bisa jadi Anda membeli barang dari China dan menggunakan SE (Standar Ekspres).

Gambar Cara cek resi Shopee express standard

Jika memang benar demikian, maka cara cek resi Shopee harus dilakukan secara lebih detail sebab perlu mengecek dulu di situs bea cukai.

Tapi kalau mau bersabar, biasanya dalam beberapa hari (sekitar 3-4 hari) akan muncul nomor resi JNE nya. Ini dalam kondisi normal, bisa berbeda ketika ada hari libur atau cuti bersama hari besar nasional.

Kalau Anda tetap ingin mengeceknya, silakan lakukan cara melacak resi Shopee yang sederhana di atas. Lalu lihat hasilnya, jika masih pada proses pengiriman barang dari China, maka silakan ikuti cara di bawah ini untuk melakukan pengecekan secara detail:

  1. Buka situs bea cukai.
  2. Pilih global trade logistics network.
  3. Masukkan nomor Standar Ekspres yang ada di bagian Status Pengiriman. Contoh: ID000000000000H
  4. Klik Submit.

Selanjutnya akan muncul status riwayat barang Anda. Kalau mau mencoba melacak barang lain, silakan klik clear dulu baru masukkan nomor Standar Ekspres nya lagi.

Cara ini sifatnya hanya berupa informasi. Berisi data sudah sampai di mana proses barang atau pesanan Anda. Tapi paling tidak, data ini bisa membuat Anda sedikit lega karena tidak terkena penipuan. Ditandai dengan data histori yang lengkap.

Bagaimana jika nomor resi tidak muncul diaplikasi Shopee?

Kasus lain yang biasanya terjadi adalah nomor resinya tidak muncul. Kalau ini yang terjadi, silakan hubungi penjual melalui fitur chat atau obrolan. Tanyakan secara baik-baik dan galilah informasi sebanyak-banyaknya.

Jika memang ada yang mencurigakan dan tidak ada itikad baik dari penjual, Anda bisa mengajukan pengembalian dana.

Cara membatalkan pesanan di Shopee

Kadang kala, ada kesalahan kecil saat melakukan pesanan. Bisa jadi ada item yang tidak ter-include dalam pesanan karena kelupaan atau ada item yang dibeli dalam jumlah yang berlebihan.

Tenang, Anda bisa membatalkan pesanan ini dan membuat yang baru. Pembatalan pesanan bisa dilakukan dengan mudah yakni dengan membuka pesanan yang sudah dibuat. Di bagian bawah rincian pesanan tersebut ada pilihan Batalkan Pesanan.

Salah satu akibat pembatalan pesanan adalah hilangnya satu voucher gratis ongkir (jika Anda menggunakannya sebelum check out).

Berikut ini adalah cara membatalkan pesanan di Shopee paling mudah:

  1. Masuk ke menu Saya di aplikasi.
  2. Pilih Belum Bayar.
  3. Klik Batalkan Pesanan.

Cara daftar gratis ongkir Shopee

Salah satu kekuatan Shopee adalah fitur free ongkir yang dimilikinya. Baik penjual maupun pembeli bisa merasakan manfaat fitur ini.

Untuk penjual, cara daftar gratis ongkir Shopee bisa dilakukan dengan cara mengunggah foto KTP dan selfie dengan KTP pribadi. Unggah dokumen ini bisa dilakukan di Shopee Seller Centre dan penjual harus menunggu beberapa hari sampai pengajuannya disetujui.

Cara mendapatkan gratis ongkir di Shopee

Untuk pembeli, fitur gratis ongkir bisa dinikmati dengan cara klaim voucher. Klaim voucher ini bisa dilakukan di halaman beranda aplikasi. Caranya adalah:

Gambar Cara mendapatkan gratis ongkir di Shopee
  1. Buka aplikasi.
  2. Pilih Cashback & Voucher.
  3. Klik klaim untuk voucher-voucher yang dibutuhkan.

Catatan: Di masing-masing voucher ada keterangan pemakaiannya. Bacalah dengan detail supaya tidak ada kekeliruan mengenai cara mendapatkan gratis ongkir di shopee yang berujung pada gagal klaim atau voucher tidak bisa digunakan. Selain itu, voucher ini juga punya masa berlaku dan hanya bisa digunakan pada toko yang sudah terdaftar free ongkos kirim, jadi perhatikan baik-baik.

Setelah barang diterima, jangan lupa untuk memberikan nilai kepada penjual mengenai layanan dan produk yang mereka jual. Sering memberikan testimoni bisa membuat akun Anda dikenal banyak orang saat mereka membaca review.

Artinya, kans untuk mendapatkan follower baru meningkat. Kalau ingin follower Anda bertambah cepat, silakan beli follower terbaik.

Cara ganti username Shopee

Agar terlihat profesional, ada banyak penjual yang ingin mengganti username-nya. Misal diubah menjadi nama tokonya. Sayangnya, saat ini perubahan username masih belum didukung oleh Shopee. Sebagai gantinya, Anda bisa mengubah Nama Toko agar terlihat makin profesional.

Cara ganti username Shopee nya adalah dengan masuk ke menu Saya di aplikasi. Lalu pilih Toko Saya dan masuk ke Asisten Penjual. Klik pada Profil Toko lalu Nama Toko. Ganti namanya lalu klik tanda centang.

Untuk membuat profil toko Anda makin terasa pro, jangan hanya ganti nama toko. Tetapi sekalian perbaiki background, deskripsi, produk, dan layanan yang diberikan.

Anda mungkin juga perlu menambahkan informasi soal cek resi Shopee di bagian deskripsi produk. Biasanya, hal ini berkenaan dengan jam pemesanan dan pengiriman barang. Khususnya saat pesanan dibuat pada malam hari atau di hari libur agar Anda tak perlu terburu-buru mengemas malam itu juga.

meri puspita