Tutorial Lengkap Cara Menggunakan Instagram yang Mudah

Jangan kudet. Anda bisa makin canggih bila tahu cara menggunakan instagram versi baru. Cara ini bisa diterapkan pada semua perangkat termasuk smartphone / android, iPhone, PC atau laptop. Penasaran? Silakan cek ulasan ini sampai selesai.

Instagram merupakan salah satu platform media sosial dengan jumlah pengguna yang terus meningkat. Tak heran bila IG terus muncul dengan inovasi-inovasi terbaru. Media sosial ini terus hadir dengan fitur-fitur tambahan yang menguntungkan buat para pengguna.

Sayangnya, tidak semua pengguna siap dengan fitur tersebut. Bagi user yang suka dengan hal baru, upgrade ke IG versi baru adalah tantangan untuk belajar hal baru. Hal seperti ini baik karena bisa menambah pengetahuan.

Lain halnya dengan user yang merasa lebih nyaman dengan IG versi lawas, mereka lebih memilih tidak meng-upgrade IG nya karena berbagai alasan.

Nah, jika alasan Anda malas meng-upgrade IG ke versi terbaru adalah karena khawatir tidak bisa mengoperasikannya, maka tenanglah. Sebab di kesempatan kali ini kami akan membahas beberapa cara mudah untuk bisa mengoperasikan IG pakai android, PC/laptop, dan dihubungkan dengan media sosial lain seperti facebook.

Tutorial dasar lengkap cara menggunakan instagram terbaru di notebook dan android

Berikut ini adalah trik memakai instagram di android dan PC:

Tutorial instagram dasar

Jika Anda baru mau mulai pakai IG, ikuti langkah di bawah ini:

Download aplikasi IG di Play Store atau Apps Store.

Untuk pengguna Play Store, begini caranya:

  1. Buka play store.
  2. Pada kolom pencarian ketik instagram, lalu klik cari.
  3. Biasanya IG official akan muncul di paling atas kolom pencarian, klik.
  4. Unduh atau instal.

Buka aplikasi dan jalankan

Tutorial instagram dasar cara mengunduh IG di play store

Setelah proses instalasi berhasil, silakan buka aplikasi IG dan jalankan. Anda akan diminta untuk mendaftar di IG.

Cara buat akun Instagram

Hal pertama yang bisa Anda lakukan setelah membuka aplikasi adalah membuat akun instagram. Berikut ini adalah cara buat akun instagram untuk pengguna android:

  1. Buka aplikasi.
  2. Ketuk daftar dengan email atau nomor telepon.
  3. Masukkan nomor telepon atau alamat email yang ingin didaftarkan.
  4. Ketuk berikutnya.
  5. Isi kolom nama pengguna (username) dan kata sandi (password).
  6. Klik skip pada bagian yang ingin dilewati.
  7. Next, ganti foto profil, isi bio, dll.
Lihat juga >>  Cara Promote IG Agar Followers Bertambah dengan Cepat!

Selain bisa membuat akun melalui cara di atas, Anda juga bisa membuat akun IG lewat facebook dan laptop. Berikut ini adalah penjelasannya:

  1. Untuk pembuatan akun melalui facebook, Anda bisa mengetuk pilihan Login dengan facebook saat pertama kali membuka aplikasi. Jika Anda sudah login di akun facebook sebelumnya, maka Anda akan bisa langsung masuk ke IG menggunakan akun tersebut.

Sebaliknya, jika Anda sudah logout dari facebook sebelum membuka aplikasi IG, maka Anda akan diminta untuk memasukkan email dan password untuk masuk ke facebook terlebih dulu.

  1. Untuk pembuatan akun melalui laptop, Anda bisa membuka browser lalu mengetikkan instagram.com. Langkah selanjutnya biasanya hampir sama dengan cara membuat akun IG pada android.

Setelah selesai membuat akun, langkah selanjutnya adalah mencari teman atau follow akun-akun teman.

Cara follow akun instagram

Anda bisa mengikuti teman di IG lewat nomor HP dan email mereka. Tergantung akun teman Anda didaftarkan dari email atau nomor HP. Anda juga bisa menambahkan teman dengan memakai username mereka, berikut adalah pembahasannya:

  1. Jika teman Anda mendaftar memakai nomor HP dan nomor tersebut ada di kontak Anda, maka biasanya saat pertama kali masuk IG Anda akan disarankan untuk mengikuti mereka. Tinggal klik follow atau ikuti.
  2. Anda juga bisa menghubungi teman, menanyakan apakah mereka ada akun IG atau tidak. Jika ada tanyakan username-nya, kemudian cari di kolom pencarian IG dan mem-follow mereka.
  3. Instagram biasanya juga menampilkan beberapa username yang diikuti oleh teman Anda. Jika mau Anda bisa menambahkan mereka dalam daftar nama yang Anda ikuti.
  4. Anda juga bisa pilih profil, kemudian geser ke kiri, akan muncul pilihan teman dekat dan temukan orang.

Itulah beberapa cara follow akun instagram yang bisa Anda lakukan. Beberapa akun instagram di-setting terkunci. Artinya, untuk bisa menjadi follower mereka Anda memerlukan izin. Setelah mendapat izin, Anda baru bisa membuka profil mereka secara leluasa.

Lihat juga >>  5 Cara Copy Link Instagram Terbaru di HP dan PC

Sebaliknya, untuk akun-akun yang tidak terkunci, Anda bebas mengklik follow dan menjadi follower mereka secara otomatis.

Cek followers instagram

Silakan beritahukan username IG Anda (Misal: @namaakuninstagram) kepada teman agar mereka mau menjadi follower. Saat menjadi follower mereka biasanya juga akan mendapat notifikasi saat Anda jadi follower. Sehingga mereka bisa langsung follow Anda dari situ.

Setelah itu, Anda bisa cek followers instagram Anda dengan cara membuka profil instagram. Letaknya adalah di bagian pojok kanan bawah aplikasi IG.

Jika sudah dibuka, Anda bisa melihat jumlah postingan, follower, dan orang yang Anda ikuti.

Sangat wajar bila jumlah follower sedikit karena akun baru dibuat. Jika Anda ingin menaikkan jumlah follower secara cepat bisa beli followers.

Membuat postingan (feed) pertama di IG

Jangan biarkan akun Anda kosong, pastikan untuk membuat postingan pertama atau feed di IG agar akun jadi menarik.

Anda bisa mem-posting foto atau video terbaru dengan caption instagram yang menarik. Hal ini dilakukan agar orang tertarik untuk klik like atau komen. Anda bisa berlatih membuat caption yang bagus sambil terus menggunakan IG.

Jika memang butuh booster likes untuk postingan Anda di IG dalam waktu cepat, silakan beli like instagram.

Mengenal fitur penonaktifan

Anda bisa menonaktifkan sementara akun IG kemudian mengaktifkannya kembali di kemudian hari. Sebelum melakukan cara mengaktifkan instagram, pastikan bahwa akun sudah lama non aktif. Pihak platform biasanya butuh waktu beberapa jam untuk memproses permintaan Anda.

Sebagai catatan, hanya akun yang non aktif yang bisa diaktifkan kembali. Akun yang telah dihapus tidak bisa diaktifkan kembali.

Cara menggunakan instagram di laptop

Sebagaimana dipaparkan di atas, Anda bisa masuk ke situs instagram.com untuk bisa menggunakan IG melalui laptop. Yang menarik dari cara ini adalah Anda bisa menambahkan add-on tampilan IG di desktop.

Cara menggunakan instagram lewat laptop

Apa fungsi add-on ini?

Lihat juga >>  5 Ide Caption Instagram dan Cara Menulisnya Agar Keren

Anda bisa mengatur tampilan IG di desktop sesuai dengan smartphone Anda. Anda juga bisa mengaturnya seperti tampilan smartphone-smartphone keluaran terbaru.

Cara menggunakan instagram di facebook

Jika Anda login ke instagram menggunakan akun facebook, maka secara otomatis akun IG Anda akan nge-link ke FB. Artinya, setiap Anda posting di facebook, postingan juga akan masuk ke IG. Demikian juga bila Anda posting sesuatu di cerita facebook, akan langsung masuk ke instagram story.

Cara menggunakan instagram plus

Salah satu fitur yang sangat ditunggu oleh para pengguna adalah fitur download video dari IG secara cepat. Sayangnya, sampai sekarang fitur tersebut belum tersedia.

Maka dari itu banyak user yang menggunakan instagram plus. Anda pun bisa mencobanya. Akan tetapi jika Anda ingin tetap menggunakan IG official, maka Anda bisa download video instagram tanpa aplikasi lewat sosmedsave.com.

Tips menggunakan instagram untuk online shop

Instagram tidak hanya bisa digunakan sebagai platform untuk akun pribadi. Lebih dari itu, pengguna instagram banyak yang memanfaatkan platform ini untuk berjualan dan mengenalkan produk ke khalayak.

Jika Anda tertarik, pilihlah nama olshop yang bagus dengan username yang sesuai. Jika pada saat membuat akun Anda menggunakan username pribadi. Tenang, Anda bisa menggantinya sesuai dengan nama akun olshop yang dipilih.

Gambar Tips menggunakan instagram untuk Online Shop dengan melihat Insight Instagram

Untuk menganalisa jumlah follower, likes, dlsb, beralihlah ke akun bisnis. Akun bisnis memungkinkan Anda untuk membuka insight instagram. Untuk bisa memuka insight, Anda bisa masuk ke halaman profil kemudian klik garis tiga di pojok kanan atas.

Itulah beberapa cara menggunakan instagram untuk pemula dan bisa diaplikasikan buat olshoppers baru. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

meri puspita
 

Butuh Bantuan? Chat dengan kami