Kenali Insight Instagram (IG Analytics) dan Cara Memakainya

Kalau Anda berniat mengembangkan bisnis lewat IG, mengenal insight instagram adalah sebuah kewajiban. Hal ini karena dengan insight Anda bisa melakukan analisa mendalam mengenai postingan, feed, story, dan follower.

Insight merupakan fitur data analitik yang disediakan oleh IG untuk para penggunanya yang senang berbisnis. Tak heran bila banyak orang yang menyebut insight dengan istilah IG analytics. Beberapa orang juga menyebutnya secara terbalik, Analitik IG atau IG Insight.

Apapun sebutannya, yang jelas insight merupakan bagian terpenting dari platform IG. Sebuah platform media sosial dengan pengguna lebih dari 1 Milyar di dunia dan rentang usianya beragam. Namun, mayoritas pengguna adalah kaum muda yang senang belanja online.

Bisa dibilang, IG merupakan surganya pemilik toko online yang senang memamerkan dagangannya melalui foto dan caption keren. Tapi IG tidak akan mendatangkan uang jika penggunanya tidak bisa memanfaatkan insight dengan baik.

Apa saja yang disajikan dalam insight instagram?

Anda bisa melihat banyak data di sini, di antaranya adalah:

  1. Terdiri dari 3 menu utama yakni konten, aktivitas, dan pemirsa.
  2. Isi dari konten adalah postingan, cerita, promosi, dan rangkuman ketiganya dalam bentuk grafik.
  3. Isi dari aktivitas adalah jangkauan, impresi, interaksi, kunjungan profil, dan penemuan dalam bentuk grafik.
  4. Kategori pemirsa berisi pertumbuhan (pemirsa secara keseluruhan, tambahan follower, dan orang yang unfollow), lokasi follower teratas, rentang usia pengikut Anda, jenis kelamin mereka, dan data pengikut dalam bentuk diagram batang.

Dengan insight, Anda bisa melihat berapa banyak orang yang melihat cerita dan bisa melakukan promosi. Anda juga akan mendapatkan notifikasi berapa kunjungan profil dalam 7 hari terakhir saat membuka instagram.

Cara mengaktifkan insight instagram

Tidak semua pengguna memiliki fitur ini di IG-nya. Hanya pengguna yang mendaftar sebagai akun bisnis saja yang bisa. Jika saat ini Anda masih menggunakan instagram sebagai akun pribadi, silakan ikuti langkah di bawah ini untuk mengaktifkan insight:

Cara Mengaktifkan Insight Instagram
  1. Masuklah ke akun Anda lewat aplikasi.
  2. Klik pada bagian profil.
  3. Pilih edit profil.
  4. Klik pada pilihan beralih ke akun profesional.
  5. Pilih bisnis.
  6. Klik lanjutkan.
  7. Pilih kategori yang sesuai.
  8. Klik selesai.

Selanjutnya, Anda sudah bisa menggunakan insight dan menjangkau lebih banyak orang.

Cara membaca dan memakai IG analytics

Setelah pilihan insight muncul, Anda bisa mulai berlatih membaca dan menggunakannya untuk meningkatkan engagement. Berikut adalah caranya:

Membaca per kategori

Anda bisa membaca grafik utama atau rangkuman pada masing-masing kategori, yakni konten, aktivitas, atau pemirsa.

Misalnya, kategori konten bisa dianalisis dengan cara melihat postingan atau stori apa saja yang mendapat jumlah tayangan tinggi dan like yang banyak. Postingan dengan tayangan dan like banyak biasanya merupakan konten yang menarik.

Jadi, atur strategi untuk membuat konten serupa tapi tidak membosankan. Jika like tidak meningkat padahal strateginya sudah benar, cobalah beli like IG.

Membaca jenis kelamin dan rentang usia

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengenali profil viewer Anda adalah dengan membaca jenis kelamin dan rentang usia.

Misalnya, Anda membuka bisnis baju anak. Maka pastikan bahwa follower Anda berjenis kelamin perempuan dengan rentang usia 25-54 tahun. Mereka bisa jadi adalah seorang ibu yang ingin berbelanja baju buat anaknya atau nenek yang ingin belanja buat cucunya.

Cara membaca dengan cepat

Jika Anda ingin membaca dengan cepat, manfaatkanlah grafik dengan baik. Sayangnya, ada beberapa orang yang kesulitan dalam membaca grafik. Oleh karena itu, kemampuan ini perlu diasah dengan sering berlatih.

Arti jangkauan di insight instagram

Arti jangkauan di IG analytics adalah jumlah user IG baru atau unik yang terjangkau dalam seminggu terakhir (dalam kurun waktu tertentu). Jadi, bagian reach atau jangkauan ini sangat penting untuk mengembangkan sebuah bisnis dan merk dagang Anda.

Cara memakai insight instagram ini diharapkan bisa meningkatkan follower baru. Namun kadang yang terjadi justru sebaliknya. Meski jangkauan sudah tinggi tapi follower tak bertambah. Jika demikian, Anda bisa beli followers instagram agar bisnis Anda bisa cepat berkembang.

meri puspita