Kumpulan Cara Cek Followers Instagram yang Super Lengkap

Bagi toko online yang mengembangkan bisnis lewat IG, melakukan cek followers instagram adalah hal yang sangat penting. Kenapa?

Dengan melakukan cek pengikut, pemilik akun tidak hanya akan tahu jumlah pengikutnya, tetapi juga bisa tahu ada berapa orang yang melihat profilnya dalam rentang waktu tertentu, berapa usianya, dan informasi lainnya.

Data-data ini tentu penting sekali untuk perkembangan bisnis, khususnya untuk analisa pasar. Apakah pasar yang dituju sudah benar atau belum.

Data ini nantinya juga akan mempengaruhi foto, video, atau story yang akan di-posting.

Sayangnya, banyak toko online yang baru belajar cara menggunakan instagram sehingga tidak tahu kalau fitur seperti ini sudah tersedia di instagram. Bahkan, pemilik toko juga bisa menggunakan aplikasi atau situs untuk melakukan analisa data secara lebih detail.

Selain untuk mengembangkan bisnis, cara di atas bisa juga digunakan untuk stalking IG artis, teman, atau mantan Anda. Jadi, yuk kita bahas bersama.

Cek followers Instagram tanpa aplikasi

Untuk cek jumlah followers instagram saja, Anda bisa membuka profil IG. Akan tetapi, jika yang Anda butuhkan adalah data yang lebih detail, silakan lihat Insight. Fitur ini sudah tersedia di IG jadi tak perlu aplikasi tambahan untuk melihatnya.

Syarat untuk dapat menggunakan fitur insight hanya satu, yakni mengubah jenis akun pribadi ke akun bisnis. Setelah akun Anda jadi akun bisnis, Anda punya hak untuk membuka insight sewaktu-waktu. Cara sederhana melihat insight IG adalah:

  1. Buka profil.
  2. Geser ke kiri.
  3. Pilih insight.

Data yang dapat terbaca di fitur ini adalah:

  1. Rangkuman konten (postingan, cerita, dan promosi).
  2. Rangkuman aktivitas (kunjungan profil, interaksi, jangkauan, dan impresi)
  3. Rangkuman pemirsa (pertumbuhan follower, lokasi, dan rentang usia mereka).

Informasi di atas bisa dipakai untuk menganalisa konten yang sudah kita posting dan merencanakan konten berikutnya supaya mendapatkan banyak like.

Untuk membuat pertumbuhan follower Anda meningkat secara signifikan dalam waktu singkat, cobalah hubungi jual followers instagram. Anda juga bisa menghubungi tempat jual like instagram untuk mendapatkan meningkatkan jumlah suka pada konten yang di-posting.

Cara cek pengikut IG lewat aplikasi

Insight memiliki keterbatasan, untuk itu banyak olshop yang memanfaatkan aplikasi untuk mengecek pertumbuhan bisnis mereka di IG. Apa saja pilihan aplikasi cek pengikut di IG? Ini daftarnya:

  1. Follower Analizer for Instagram.
  2. Followers Pro For Instagram (khusus untuk pengguna iOS atau iPhone).
  3. Iconosquare.

Selain tiga pilihan aplikasi cek followers instagram di atas, ada banyak sekali aplikasi yang lain. Anda bisa ketikkan analitik for instagram di kolom pencarian baik di Play Store maupun Apps Store. Maka akan ada banyak pilihan aplikasi yang muncul dan bisa diunduh.

Sebelum memasangnya di smartphone, pastikan untuk mengecek aplikasi tersebut. Mulai dari tampilan, fitur yang ditawarkan, dan review dari pengguna lainnya.

Situs cek followers instagram dan cara cek fake followers

Anda bisa mengecek jumlah pengikut melalui situs. Website yang terkenal beberapa saat lalu adalah igaudit.io. Di website ini, Anda bisa mengecek followers palsu atau asli, aktif atau tak aktif. Caranya adalah cukup dengan memasukkan username. Sayangnya, situs ini sedang tidak bisa diakses.

Sebagai gantinya, Anda bisa buka brandfollowers.io atau hypeauditor.com. Di brandfollowers.io, Anda hanya bisa membuka informasi brand dengan jumlah follower di atas 10.000. Kalau pilih hypeauditor, Anda harus daftar akun untuk bisa mengaksesnya secara gratis. Anda juga bisa bayar untuk informasi premium.

Gambar Situs cek followers instagram Social Blade

Situs lain yang bisa dimanfaatkan untuk mengecek analitik IG adalah Social Blade. Di sini Anda tidak hanya bisa melihat analitik pemilik IG, tetapi juga youtube, facebook, dll.

Untuk mengecek follower palsu atau tidak, Anda bisa melakukan cara manual di bawah ini:

Bandingkan antara jumlah follower dan komentar

Aturan khusus yang bisa dipakai untuk membandingkan jumlah pengikut dan komentar adalah:

Setiap 5000 pengikut yang dimiliki sebuah akun IG, setidaknya akan ada 13 komentar yang didapatkan pada 1 postingan.

Bandingkan antara jumlah pengikut dan suka

Aturan khusus yang bisa dipakai untuk membandingkan jumlah pengikut dan suka adalah:

Setiap 1000 pengikut yang dimiliki sebuah akun IG, setidaknya akan ada 30 suka yang didapatkan pada 1 postingan.

Nah sekarang, silakan manfaatkan informasi ini dengan bijak dan kembangkan bisnis Anda ke arah yang lebih baik.

meri puspita