Instagram sangat kaya akan fitur dan terus bermunculan fitur-fitur baru yang terus mewarnai keseruan menggunakan Instagram. Selain instagram mempunyai fitur live, salah satu fitur lainnya adalah pengguna dapat menggunakan stiker ini dalam konten mereka.

Tak hanya menambahkan stiker yang sudah ada, ternyata stiker Instagram dapat ditambah sendiri. Membuat stiker sendiri di Instagram menjadi alternatif yang dapat digunakan ketika tak ada stiker yang cocok dengan yang anda inginkan.

Stiker di Instagram ada dua jenis yaitu yang statis dan ada yang bergerak. Lalu bagaimana cara membuat stiker di Instagram? Berikut ulasannya:

3 Cara Membuat Stiker di Instagram dengan MudahCara Membuat Stiker Instagram menggunakan AnyStiker

 

Cara Membuat Stiker Instagram menggunakan AnyStikerAnySticker adalah aplikasi yang sangat mudah digunakan tanpa perlu melakukan verifikasi. AnySticker dapat diunduh di Google Play Store dan App Store.

Namun penggunaan AnySticker hanya terbatas pada membuat stiker teks saja artinya stiker gambar tak dapat dibuat dari AnySticker. Namun ada sangat banyak variasi bentuk, warna, dan ikon yang dapat ditambahkan untuk memperindah stiker.

Berikut cara membuat stiker Instagram dengan AnySticker:

  1. Pertama, buka aplikasi AnySticker.
  2. Klik Create Sticker.
  3. Tulis teks yang ingin dibuat menjadi stiker. Anda dapat menambahkan warna dan ikon di dalamnya.
  4. Jika sudah, klik Create Sticker.
  5. Selanjutnya beralih ke instagram story, pilih foto atau video yang ingin diupload ke Instagram Story. (Kamu bisa membaca tutorial kami tentang cara mendownload video instagram di iphone jika anda menggunakan iphone dan ingin menggunakan video orang lain)
  6. Klik Add to Instagram Story.
  7. Selanjutnya sesuaikan tata letak stiker yang ditambahkan.
  8. Upload foto atau video sebagaimana biasanya.
Lihat juga >>  3 Cara Menghapus Akun Instagram dari HP dan Laptop

Cara Membuat Stiker Instagram dengan Gbox

Cara Membuat Stiker Instagram dengan Gbox

Gbox memiliki fitur yang jauh lebih banyak daripada aplikasi yang kita jelaskan sebelumnya. Jika aplikasi AnyStiker hanya dapat membuat stiker tulisan maka Gbox dapat membuat stiker bergerak. Gbox dapat diunduh di Google Play Store dan App Store.

Berikut cara membaut stiker Instagram bergerak di Gbox:

  1. Pertama, rekam terlebih dahulu objek yang ingin diubah menjadi stiker.
  2. Selanjutnya hapus background agar tak muncul dalam stiker. Untuk menghapus background video dapat menggunakan aplikasi editor video ataupun menggunakan website www.unscreen.com. Setelah itu ubah menjadi format GIF.
  3. Setelah anda mempunyai video berformat GIF maka selanjutnya buka aplikasi Gbox.
  4. Selanjurnya adalah melakukan aktifasi keyboard Gbox Keyboard.
  5. lalu buat Instagram Story seperti biasa.
  6. Klik bagian tengah maka akan muncul Gbox Keyboard.
  7. Akan muncul ikon foto lalu pilih GIF.
  8. Sesuaikan tata letak stiker dalam Instagram Story lalu posting seperti biasanya.

Cara Membuat Instagram Story Menggunakan Giphy

Giphy sebenarnya adalah situs berbagi konten GIF. Giphy sendiri adalah situs yang berkerja sama dengan Instagram sehingga konten GIF yang ada di Giphy akan dapat muncul di Instagram.

Hal itu berarti anda harus mengupload gambar GIF anda ke Giphy untuk kemudian baru anda masukan ke Instagram anda.

Giphy adalah situs UGC (User Generate Content) jadi semua GIF yang ada di Giphy adalah berasal dari GIF yang diupload orang lain. Saat anda mengupload GIF milik anda di Giphy maka GIF yang anda upload dapat digunakan oleh orang lain (jika diizinkan).

Namun Giphy tak sembarangan mengizinkan semua konten sebab agar platform Giphy dapat berjalan dengan baik maka akan ada kurasi atau verifikasi untuk mengecek kembali konten yang yang diupload disana.

Lihat juga >>  7 Cara Melihat Story Instagram Tanpa Diketahui, 100% Bisa!

Ini sangat wajar mengingat seringkali GIF yang diupload pengguna Giphy bernada pornografi atau menyinggung SARA. Verifikasi dilakukan untuk memastikan bahwa konten yang diupload bebas konten negatif semacam itu.

Jadi jika anda sudah cukup mengerti dan ingin mengupload GIF anda di Giphy untuk ditampilkan di Instagram Story anda, maka dapat melakukan panduan berikut ini:

  1. Pertama buka situs giphy.com.
  2. Klik Create yang berada di sisi kanan atas.
  3. Ungah foto atau gambar yang hendak diubah menjadi gambar GIF. Jika anda mengupload gambar maka sertakan dua gambar yang berbeda agar terlihat bergerak.
  4. Klik Continue to Decorte.
  5. Tambahkan tulisan atau animasi atau lewati saja tahap ini.
  6. Setelah itu klik Continue to Upload.
  7. Tambahkan tags atau kata kunci untuk mempermudah pencarian.

Setelah diupload maka gambar GIF tak akan dapat langsung digunakan sebab konten akan dilakukan verifikasi. Jika sudah berhasil terverifikasi maka gambar GIF yang anda upload akan muncul di Instagram filter. Tak hanya itu GIF yang anda upload juga akan muncul di aplikasi lain juga.

Kesimpulan

Dari cara upload stiker di Instagram yang telah dijelaskan diatas tak ada yang paling bagus maupun paling buruk. Semua cara upload stiker di Instagram diatas memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

Karena keunikan masing-masing itulah anda harus memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan anda untuk membuat Instagram Story yang menarik. Jangan lupa juga membaca artikel kami dengan judul Ukuran Story Instagram Agar Tidak Terpotong.


morgan

Social Media merupakan trend terbaru dalam 10 tahun belakangan ini dan akan tetap eksis selama 20 tahun kedepan. Saya mencoba untuk membedah serta memanfaatkan sosial media yang ada untuk keperluan bisnis maupun pribadi.

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *