Ukuran Story Instagram Full dan Cara Agar Tak Terpotong

Ketahui secara pasti ukuran story instagram agar Anda bisa mengunggah foto atau video tanpa takut blur. Cobalah pakai template untuk membuatnya makin menarik.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai bagaimana cara agar story instagram tidak terpotong atau full screen. Dengan begitu, postingan Anda akan tersampaikan dengan baik dan orang yang melihatnya bakal tertarik.

Kenapa harus mengetahui ukuran Instastory?

Bagi sebagian orang, IG story mungkin tak terlalu penting. Mereka cenderung lebih fokus memperbaiki feed dibandingkan dengan story yang bisa hilang dalam 24 jam. Contohnya adalah saat mencoba cara membuat instagram bisnis.

Namun, bagi mereka yang sering menggunakan IG story, tampilan cerita di instagram ini sangat amat penting. Sebab di sinilah mereka yang follower dan bukan follower bisa ikut memperhatikan apa isi dari story kita.

Sebagai contoh, pada saat ikut berkomentar di salah satu akun IG yang terkenal, garis tepi profil akan terlihat berwarna jika masih ada instastory yang aktif.

Jika komentarnya lucu dan username-nya menarik, bisa jadi orang akan tertarik untuk melihat profil atau minimal melirik instastory-nya saja.

Nah, disinilah pentingnya mengetahui ukuran instagram story. Saat cerita yang dipasang terlihat flat, blur, dan tak menarik, maka orang yang melihat pun tak akan tergerak untuk melakukan aksi dengan klik follow atau membuka feed.

Lain halnya dengan sesuatu yang menarik, baik dari segi isi, desain, dan kualitas postingan. Tentu orang akan melihatnya dengan cara yang berbeda.

Ukuran story instagram foto

Sebagaimana diketahui, foto yang diunggah ke instastory bisa dalam bentuk portrait, bisa juga dalam bentuk landscape. Tergantung pengambilan gambarnya.

Ukuran story instagram foto

Portrait

Jika Anda mengunggah foto portrait, maka ukuran piksel terbaiknya adalah 1080 x 1920 piksel. Bila memang tidak ada, alternatifnya 720 x 1280 piksel atau 450 x 800 piksel.

Lihat juga >>  Apa Itu Instagram Stories dan Bagaimana Menggunakannya Secara Efektif?

Namun, khusus untuk ukuran piksel terakhir, fotonya akan tampak lebih buram. Jadi memang tak cukup direkomendasikan.

Ukuran dokumennya adalah 30 MB dengan jenis file PNG atau JPEG. Sementara aspect ratio-nya adalah 9:16.

Landscape

Nah, apabila foto yang diunggah adalah landscape, maka biasanya akan diperbesar secara otomatis. IG akan mengambil bagian tengahnya dan menerapkan rasio asli dari story, yakni 9:16.

Seiring dengan berjalannya waktu, kini Anda tetap bisa mengunggah foto landscape tanpa dipotong. Namun sebagai gantinya akan ada bagian blur yang menjadi latar atau background-nya.

Instagram story size untuk video

Selain foto, ada kalanya Anda perlu memposting video di instastory. Agar ukurannya pas dan terlihat bagus, dimensi ukurannya haruslah 1080 x 1920 piksel.

Format file-nya adalah MP4 atau MOV dengan ukuran maksimal 4 GB. Resolusi video yang disarankan adalah 720 piksel dengan aspek rasio 9:16.

Dengan mempertimbangkan ukuran sebagaimana dituliskan di atas, maka Anda bisa membuat unggahan story jadi lebih menarik dan tidak akan terpotong.

Nah agar makin kece, Anda bisa memakai template yang tersedia di aplikasi-aplikasi yang bisa diunduh di PlayStore dan App Store.

5 Rekomendasi aplikasi Instagram story template

Ada banyak sekali aplikasi IG story template yang bisa dipakai. Dengan aplikasi-aplikasi ini, Anda bisa membuat unggahan yang menarik tanpa perlu mahir atau menguasai trik editing foto atau semacamnya.

Rekomendasi aplikasi Instagram story template

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa Anda gunakan:

Canva

Aplikasi yang pertama adalah Canva. Aplikasi ini memang cukup terkenal karena tidak hanya bisa digunakan untuk membuat IG story, tetapi juga feed instagram, undangan, poster, hingga postingan di facebook.

Dengan aplikasi ini, Anda cukup memilih salah satu atau dua dari jutaan foto dan template yang tersedia. Lalu edit sebentar dengan memasukkan teks, gambar, atau semacamnya sesuai dengan template yang dipilih.

Lihat juga >>  Penasaran Kalau Ada yang Unfollow? Ini Cara Mengetahui Unfollowers Instagram Kamu!

Hasilnya, Anda akan mendapatkan foto dengan desain menarik yang siap diposting di story instagram tanpa perlu pusing dengan ukuran gambarnya.

Yang perlu Anda siapkan hanyalah sinyal internet kencang supaya bisa melihat foto dengan baik dan tidak nge-lag di tengah-tengah.

Aplikasi ini bisa diunduh di App Store dan Play Store. Tersedia juga versi online bila Anda sering menggunakan laptop untuk bersosial media.

Unfold

Unfold juga menyediakan banyak sekali template untuk story. Di sini, Anda bisa melakukan editing dasar setelah memilih template-nya. Jangan lupa berikan efek kekinian untuk membuat tampilan yang menarik pada foto.

Unfold dikenal dengan efek vintage dan film feed. Anda juga harus mencobanya.

StoryArt

Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu menghafalkan berapa dimensi, rasio, dan ukuran dari sebuah instastory. Sebab memang sudah ada template dengan custom size.

Selain foto, Anda juga bisa mengedit video sehingga keduanya memiliki efek yang bagus dan bisa diposting ke media sosial secara bebas dan nyaman.

StoryChic

Dengan Storychic, Anda bisa memberikan efek blur, tulisan, musik, dan yang lainnya. Template dan filternya memiliki banyak sekali pilihan yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna.

Ada ratusan animasi dan template statis yang ada di StoryChic. Semuanya bisa digunakan secara gratis sebagai layout di instagram story full screen.

Mojito

Selain aplikasi-aplikasi di atas, Anda juga bisa mencoba Mojito. Sama dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, Mojito juga bisa dimanfaatkan secara gratis.

Terdapat banyak sekali latar belakang, teks, efek filter, hingga stiker. Semuanya akan membuat tampilan postingan jadi makin bagus tanpa perlu pusing memikirkan ukurannya.

Selain aplikasi-aplikasi di atas, masih ada banyak sekali pilihan aplikasi yang bisa digunakan. Anda bisa mencarinya langsung di App Store dan Play Store dengan kata kunci “Template Instagram Story” atau sinonimnya.

Lihat juga >>  Download Foto Profil Instagram Pakai dan Tanpa Aplikasi

Cara membuat story IG full screen, tak terpotong, dan menarik

Dari ulasan tentang ukuran story instagram di atas, diketahui bahwa banyak sekali aplikasi yang bisa dipakai untuk membuat sebuah postingan IG story yang cepat dan tidak terpotong. Sayangnya, tak semua orang bisa memanfaatkannya dengan baik.

Cara membuat story IG full screen, tak terpotong, dan menarik

Untuk itu, Anda perlu memaksimalkan aplikasinya dan menggunakan kreativitas dengan baik agar hasilnya bagus. Silakan simak tips berikut agar lebih jelas:

Biasakan menggunakan aplikasi yang sudah terunduh

Dari aplikasi tema yang ditulis di atas, silakan pilih salah satu. Jika sudah, maka kuasai pemakaian aplikasi tersebut dengan baik untuk menciptakan postingan yang menarik di sosial media Anda. Kenali setiap fitur yang ada dan maksimalkan.

Sering melihat sumber-sumber IG story kreatif

Untuk menghasilkan sesuatu yang kreatif dan bagus, Anda perlu riset. Jika buntu, cobalah untuk mencari inspirasi dari postingan orang lain. Amatilah, kemudian edit, dan tiru. Jangan langsung ditiru secara utuh karena itu bisa dikategorikan sebagai tindakan plagiat.

Sering-seringlah melihat foto-foto yang bagus, bermainlah dengan perpaduan warna, kemudian temukan mana yang paling pas.

Buatlah postingan yang tujuannya untuk banyak orang

Pada dasarnya, orang tidaklah ingin mengetahui Anda atau produk yang dijual kecuali memang sedang benar-benar mencarinya.

Engagement sebuah IG story bisa bagus biasanya karena apa yang diposting itu bisa bermanfaat untuk orang lain. Jadi, fokuslah untuk membuat sesuatu yang bermanfaat.

Demikian informasi tentang ukuran story instagram dan cara membuatnya agar menarik perhatian. Dengan cara di atas, kesempatan Anda untuk mendapatkan followers baru jauh lebih besar. Kalaupun tidak meningkat banyak, masih ada solusi lain, yakni menghubungi tempat jual followers instagram terbaik.

meri puspita
 

Butuh Bantuan? Chat dengan kami