Instagram adalah sosial media yang memfokuskan pada sharing konten visual seperti foto dan video. Ada jutaan konten yang dibagikan oleh jutaan pengguna sehingga konten membanjiri Instagram setiap harinya dengan konten menarik.

Dari sekian banyak konten yang ada pastinya ada konten yang tak hanya ingin kita lihat saja namun kita download untuk dilihat dan dibagikan ke orang lain. Tak seperti situs berbagi karya fotografi seperti Unplash.com yang menyediakan fitur download, Instagram tak menyediakannya.

Mengapa Instagram Tak Menyediakan Fitur Download Video?

Pertanyaan yang timbul selanjutnya adalah mengapa Instagram tak menyediakan fitur download video?

Jawabannya adalah karena hak cipta. Sebagai upaya Instagram mencegah pencurian hak cipta orang lain maka satu-satunya cara yang dibolehkan untuk mengambil konten di Instagram adalah meminta izin kepada pemiliknya atau dengan membagikan dengan menggunakan link.

Pastikan kamu telah mengirim pesan kepada pemilik video untuk meminta izin jika anda ingin menggunakan videonya kembali untuk tujuan komersial.

Namun bukan berarti mengambil video dari Instagram tak bisa dilakukan, hanya saja dibutuhkan bantuan aplikasi lain untuk dapat mengambil konten video dari Instagram.

Cara Download Video Instagram di iPhone Menggunakan IGSaver

Jika anda menggunakan ponsel iPhone, tutorial kali ini tepat untuk anda karena dalam artikel ini akan dijelaskan dengan sederhana bagaimana cara download video Instagram di iPhone. Tutorial kali ini kita akan menggunakan aplikasi IGSaver. Berikut ulasannya:

  1. Instal IGSaver. Pertama buka terlebih dahulu Appp Store lalu cari IGSaver lalu klik Instal. Tunggu beberapa saat hingga muncul ikon IGSaver. Jika sudah muncul klik ikon tersebut untuk membuka aplikasinya.
  2. Setelah aplikasi IGSaver terbuka maka anda akan melihat kolom username dan password sama seperti saat hendak masuk ke Instagram. Isi dengan Username dan Password IG anda setelah itu klik Log in. Nanti sistem akan melakukan validasi, tunggu hingga tapilan selanjutnya terbuka.
  3. Setelah proses validasi selesai dilakukan anda akan melihat tampilan yang mirip dengan tampilan aplikasi Instagram. Pilihlah mana video yang hendak anda unduh. Anda dapat mencarinya terlebih dahulu di kolom pencarian jika tak menemukan video yang anda cari di bagian explorer dan home.
  4. Jika sudah menemukan video yang hendak didowonload, klik video tersebut maka akan muncul opsi pilihan antara lain save at gallery, repost, dan edit caption. Pilih bagian save at galery yang berwarna oranye.
  5. Beri Izin Aplikasi. Setelah anda mengklik unduhan maka akan muncul izin untuk mengakses Photos. Klik Ok supaya video yang didownload dapat diakses di Photos.
  6. Sekarang video sudah ada di ponsel anda lebih tepatnya di bagian photos.
Lihat juga >>  Cara Dark Mode IG di Android dan iOS Terlengkap

Cara Donwnload Video Instagram di Iphone Menggunakan Aplikasi FastSave for Instagram

Salah satu cara download Instagram adalah dengan menggunakan aplikasi FastSave for Instagram. Aplikasi ini tak hanya dapat menyimpan video dari Instagram saja, melainkan aplikasi lain seperti Facebook dan TikTok.

Tak sampai disitu aplikasi ini dilengkapi dengan keamanan dimana pemiliknya dapat menimpan video secara rahasia dengan fitur Video Locker sehingga tak dapat diakses oleh orang lain. Format yang didukung sangatlah beragam lebih dari 7 video.

Untuk dapat mendownload video Instagram dengan menggunakan aplikasi FastSave sangat mudah. Anda dapat mengikuti panduan berikut ini:

  1. Pastikan anda telah mengunduh aplikasi FastSave di perangkat iPhone anda.
  2. Setelah tekan toggile di sisi tulisan FastSave Service untuk mengaktifkan aplikasi.
  3. Klik Open Instagram di bagian bawahnya.
  4. Nantinya aplikasi Instagram akan terbuka. Lalu cari video yang hendak diunduh.
  5. Jika sudah menemukan video yang hendak diunduh, klik menu tiga titik pada sisi kanan atas lalu akan muncul beberapa pilihan.
  6. Pilih copy link. Setelah diklik maka video tersebut akan secara otomatis akan tersimpan ke perangkat iPhone anda.
  7. Untuk melihatnya anda dapat kembali membuka aplikasi FastSave for Instagram lalu pilih My Saved. Disinilah video yang telah terunduh disimpan.

Cara Download Video Instagram Tanpa Aplikasi di HP Iphone

Jika perangkat iPhone anda sudah terlalu banyak aplikasi sehingga tak dapat menambah jumlah aplikasi lagi atau hanya ingin mendownload video Instagram sesekali saja maka salah satu alternatifnya adalah dengan menggunakan situs yang menyediakan fitur download video Instagram.

Terdapat banyak situs yang menyediakan fitur ini salah satunya adalah DownloadGram. DownloadGram adalah situs yang secara khusus dibuat untuk memudahkan seseorang mengintal video Instagram. Cara untuk menggunakan tool ini sangat mudah berikut caranya:

  1. Pertama buka Instagram lalu buka video yang hendak didownload.
  2. Saling link video dengan cara mengklik tiga titik lalu klik coy link.
  3. Buka VideoGram.org lalu paste/ tempel link video yang sebelumnya anda copy pada kolom yang tersedia.
  4. Setelah itu tekan tombol download.
  5. Tekan lagi pilihan Download Video.
  6. Selesai. Video yang anda download sudah terdownload ke perangkat iPhone anda.
Lihat juga >>  2 Cara Melihat Foto Profil Instagram dan Menyimpannya

Untuk tutorial lengkapnya anda bisa membacanya di postingan kami Cara Mengambil Video di Instagram Tanpa Aplikasi dan 2 Cara Simple Mendownload Foto Profil 2021 jika anda juga ingin mendownload foto profil.

Begitulah cara untuk mendownload video instagram di iphone anda. Jika video yang ingin anda download merupakan hasil live, maka anda bisa mengecek postingan kami dengan judul 4 Langkah Mudah Cara Live di IG.


morgan

Social Media merupakan trend terbaru dalam 10 tahun belakangan ini dan akan tetap eksis selama 20 tahun kedepan. Saya mencoba untuk membedah serta memanfaatkan sosial media yang ada untuk keperluan bisnis maupun pribadi.

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *