Bagi Kalian yang Baru Bikin Akun, Inilah 5 Tips Instagram untuk Pemula!

Sekarang ini zaman sudah serba canggih karena didominasi oleh teknologi, salah satunya gadget dan perkembangan internet. Mau apa saja bisa karena jaringan internet bisa dipakai dan dimanfaatkan oleh semua masyarakat dari berbagai macam jenis bidang.

Misalnya saja para pebisnis, pelajar, pekerja kantoran, ibu rumah tangga dan orang biasa. Dengan adanya fasilitas tersebut maka muncul fitur digital satu persatu, termasuk sosial media.

Diawali dengan kepopuleran Facebook, kemudian disusul Twitter menjadi contoh sosial media paling laris. Bahkan sampai sekarang masyarakat masih menggunakannya, mulai dari anak remaja, sekolahan, kuliahan, orang dewasa, bahkan para pejabat pemerintahan sekalipun.

Karena perkembangan dunia internet makin merajalela dan sudah tak bisa lepas lagi dari kehidupan sehari-hari maka beberapa perusahaan di bidang teknologi berbondong-bondong membuat media terbaru.

Saat ini yang sedang naik daun adalah sosial media Instagram dengan jumlah pengguna terbanyak setelah Facebook di seluruh dunia. Yup, sepertinya kalau belum punya akunInstagram masih dianggap kurang modern.

Seperti Gallery Image Online

Instagram sendiri merupakan sosial media yang fungsinya seperti gallery foto di smartphone kalian. Akan tetapi sifatnya online dimana hanya bisa diakses dengan jaringan internet saja.

Kalian dapat mengupload ratusan bahkan ribuan momen penting dan menarik melalui foto serta video. Akan tetapi, durasi untuk video tersebut tidak terlalu panjang, yakni hanya sekitar 1 menit saja.

Berbeda dengan gallery gambar pada ponsel yang rahasia atau private. Di Instagram atau IG, tak hanya si pemilik akun saja yang bisa melihat apa yang diposting. Melainkan juga orang lain, mulai dari teman dekat, kenalan biasa, atau bahkan orang asing dari berbagai penjuru daerah.

Agar tidak cepat bosan, pihak sosial media yang satu ini memberikan banyak fitur menarik seperti filter foto, video editor, layanan iklan untuk bisnis, dan sebagainya. Selain itu IG juga dapat digunakan di berbagai sistem seperti Android, iPhone, iPod, iPad, tab, bahkan komputer atau laptop.

Manfaat Instagram

Meskipun hanya dapat memajang gambar serta video, namun Instagram mempunyai banyak sekali kelebihan. Terutama untuk membantu melancarkan keperluan masyarakat di masing-masing bidang. Adapun keuntungan menggunakan IG adalah sebagai berikut:

1. Keperluan Bisnis

Tidak sedikit lho yang menjadikan sosial media ini sebagai ladang atau tempat mencari uang. Salah satunya dengan berbisnis, misalnya jualan pakaian, kosmetik, aksesoris, tas, sepatu, jam tangan, dan lain sebagainya. Karena lebih fokus pada pemajangan gambar maka ini menjadi trik promosi jitu bagi para pebisnis.

Mereka bisa menonjolkan kualitas dari produk dagangan. Hal ini disebabkan calon pembeli dapat melihat secara detail dan puas mengenai barang-barang tersebut. Selain itu, bisnis juga lebih tepat sasaran karena akan ada banyak orang yang melihatnya.

2. Menyalurkan Hobi dan Ekspresi

Tak hanya dipakai untuk peluang mendapatkan keuntungan saja. Instagram pun dapat menjadi salah satu cara kalian untuk berekspresi dan menyalurkan hobi. Bagi yang suka berdandan, bisa mencoba memamerkan hasil dandanan ke IG.

Atau kalian mulai tertarik dunia fotografi dan ingin memajang setiap hasil fotonya. Dengan begitu, nanti karya tersebut disaksikan banyak orang dari seluruh dunia. Kemungkinan besar juga akan diberikan tanda “love” atau komentar berupa masukan atau kritikan.

3. Lebih Up to Date

Kenapa main Instagram bisa membuat kalian lebih modern dan tidak ketinggalan berita terkini? Alasannya adalah karena di dana terdapat berbagai macam informasi penting yang bisa membuat kalian lebih kritis tentang keadaan sekitar.

Tak hanya akun pribadi saja lho, tetapi IG juga sering dipakai oleh berbagai macam perusahaan, instansi, atau organisasi tertentu. Tujuannya adalah untuk membagikan ilmu positif atau sekedar informasi umum saja.

Misalnya saja kalian bisa mendapatkan referensi tempat liburan seru dari salah para artis, info lowongan pekerjaan, inspirasi berpakaian, resep masakan, gaya rambut, dan masih banyak lagi.

4. Sarana Berbelanja Online

Kalian yang sangat hobi berbelanja dapat mencari referensi atau rekomendasi beberapa online shop favorit. Contohnya saja ingin yang harganya relatif murah, di bawah 100 ribu, banyak memberi diskon, menjual barang branded, dan sebagainya.

Ada puluhan ribu penjual Indonesia maupun mancanegara yang menggunakan IG sebagai media promosi serta jual beli.

Menggunakan Instagram Bagi Pemula

Adanya sosial media IG memang sangat mempermudah pekerjaan manusia. Tak hanya dapat dijadikan sebagai hiburan saja, melainkan juga kegiatan atau urusan lainnya. Kalian yang belum pernah memiliki atau menggunakan Instagram bisa memperhatikan tips mudah di bawah ini!

Pertama, download lebih dulu aplikasi IG di smartphone masing-masing. Kalau menggunakan sistem Android bisa langsung menuju ke Google Playstore. Kemudian iPhone, menuju ke Appstore.

Kedua, jika sudah didonwload dan install maka selanjutnya adalah membuat akun pribadi sesuai petunjuk di layar utama. Pilih menu Sign up karena kalian belum pernah mempunyai akun IG sama sekali dan harus membuat baru.

Terdapat beberapa kolom data yang wajib diisi, antara lain seperti nama, email, password, dll. Ada pula alternatif lain yang dapat digunakan yaitu masuk dengan akun Facebook jika kalian sudah memilikinya.

Ketiga, ketika berhasil masuk maka akan ada beberapa macam menu utama seperti Home, pencarian, kamera, profil, dan pemberitahuan. Jika ingin langsung memposting gambar maupun video, kalian dapat pilih gambar kamera yang terletak di bagian paling tengah deretan menu utama.

Kemudian bisa tambahkan deskripsi berupa keterangan dari foto tersebut, pemberian tag, atau hashtag.

Keempat, Kalau ingin mencari teman maka bisa langsung pilih menu pencarian dengan gambar kaca pembesar pada deretan menu utama tadi. Ketikkan nama akun dari teman-teman yang ingin kalian tambahkan.

Tombol follow akan muncul pada halaman profil orang lain. Jika ingin dijadikan teman maka tinggal sentuh saja bagian tersebut. Namun jika ingin membatalkan pertemanan maka kalian pilih lagi tombol yang sama dengan tulisan unfollow.

Kelima, pada Instagram, kalian dapat memberikan tanda love dan juga komentar pada setiap postingan gambar atau video diri sendiri dan orang lain. Caranya gampang, tinggal buka saja postingan tersebut lalu tap dua kali tepat ditengah gambar untuk memberikan tanda suka atau love.

Sebaliknya, kalau kalian membatalkannya maka tap lagi sebanyak satu kali saja.

Instagram merupakan salah satu sosial media populer zaman sekarang, terbukti makin bertambahnya pengguna dari tahun ke tahun. Apalagi penggunaannya bisa sangat fleksibel, misalnya untuk kegiatan promosi bisnis, jual beli online, belajar, memajang karya, hiburan, dan sebagainya.

Karena terhubung langsung dengan internet sehingga dapat dilihat masyarakat luas maka hati-hati dalam menggunakannya. Jangan sampai kalian mengunggah gambar dan video yang dapat merugikan diri sendiri serta orang lain. Sebaiknya gunakan untuk hal-hal positif saja agar tidak memberikan masalah di kemudian hari.

morgan
 

Social Media merupakan trend terbaru dalam 10 tahun belakangan ini dan akan tetap eksis selama 20 tahun kedepan. Saya mencoba untuk membedah serta memanfaatkan sosial media yang ada untuk keperluan bisnis maupun pribadi.

1
Halo, terima kasih telah menghubungi pojoksosmed.com
Ada yang bisa di bantu?
Powered by

Server Youtube Subscribers sedang overload, speed saat ini hanya mendapatkan 5-10 subscribers /hari. Order berarti setuju