Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang, Mungkinkah?

Jadilah dropshipper! Itulah solusi jika Anda ingin jualan online tanpa modal dan stok barang. Laba dan komisi bisa mengalir cepat tanpa perlu ribet berpikir soal modal dan cashflow penjualan.

Kelebihan lain menjadi dropshipper adalah tidak capek. Betapa tidak, Anda tidak perlu berpikir soal bagaimana pengemasan barang dan waktu pengirimannya. Semuanya sudah dilakukan oleh supplier, pihak yang menyediakan stok dan biaya operasional lainnya.

Modal Anda cuma dua, skill berjualan dan kuota.

Tertarik mencoba bisnis ini? Kalau iya, silakan mulai membaca artikel ini sampai habis.

Ini yang harus disiapkan sebelum dropship tanpa modal uang

Sudah disebutkan di atas bahwa yang paling penting bila seseorang menjadi dropshipper adalah skill dan kuota. Maka dari itu, Anda jelas butuh:

Gambar 1 - Ini yang harus disiapkan sebelum dropship tanpa modal uang
  1. HP dan paket data atau wifi.
  2. Buku-buku atau artikel untuk belajar tentang teknik jual beli.
  3. Pengalaman.

Jika tiga hal di atas sudah dikuasai, maka menjadi dropshipper bisa sangat mudah dilakukan.

Tantangan dan kendala yang sering ditemui

Meski tak perlu modal, bukan berarti jadi dropshipper minim tantangan. Sama halnya dengan bisnis lainnya, dropship barang juga ada tantangannya sendiri. Tantangan terbesar buat para dropshipper adalah mencari supplier. Kenapa?

Tidak semua supplier amanah dan bisa memberikan pelayanan terbaik buat para pembeli. Ada saja kekurangannya. Misalnya kualitas produk yang tidak bagus, produk palsu alias tidak original, pengemasan yang tidak rapi, dll.

Solusinya, sebelum mulai dropship dari mereka. Pastikan bahwa Anda kenal dan sudah merasakan produk yang mereka jual. Sebagai contoh, Anda mau dropship pakaian. Beli dulu produk dari supplier. Usahakan lebih dari satu supplier, agar bisa melakukan seleksi.

Dari berbagai macam produk yang dibeli, cek bagaimana pengemasannya, pelayanannya, kualitas produk, dan yang lainnya.

Ukurlah seberapa puas Anda menggunakan jasa toko A, B, atau C tempat membeli produk tadi. Semakin puas, semakin bagus.

Lihat juga >>  Resi Otomatis Tokopedia JNT JNE Si Cepat Buat Dropshipper

Kriteria di bawah ini bisa memudahkan Anda untuk memilih supplier dengan tepat:

  1. Toko sudah lama berdiri.
  2. Respons dan layanan penjual baik.
  3. Informasi yang disertakan sebagai deskripsi produk sangat lengkap.
  4. Penjual dapat dihubungi dengan mudah, cepat balasannya.
  5. Menerima kritik dan saran dengan baik.
  6. Mau bekerja sama dengan dropshipper.
  7. Tidak mengambil lead atau pelanggan dari para pelaku bisnis dropship.
  8. Pengemasannya bagus.
  9. Harga bersaing.
  10. Produk original.
  11. Toko sudah memiliki pegawai dan berpengalaman, dll.

Setelah menemukan supplier terbaik dari seleksi yang dilakukan, maka Anda bisa mulai dropship dari mereka.

Sebaiknya, jangan hanya ambil dari satu penyedia. Pastikan ada stokist cadangan. Agar pada saat si penyedia pertama kehabisan barang, Anda bisa membeli ke penyedia cadangan tersebut.

Platform yang bisa digunakan untuk jualan online tanpa modal dan stok barang

Berikut ini adalah beberapa platform yang bisa dipilih sebagai tempat untuk menjalankan bisnis online tanpa modal:

Gambar 2 - Platform yang bisa digunakan untuk jualan online tanpa modal dan stok barang

Marketplace

Jualan online tanpa modal melalui marketplace sangat menguntungkan. Pasalnya, kini banyak marketplace yang menawarkan jasa gratis ongkir. Gratis ongkos kirim ini bisa menjadi daya tarik tersendiri buat para pembeli. Jualannya jadi makin mudah!

Di antara marketplace terkenal yang mengusung konsep dropship adalah Shopee dan Tokopedia. Dua tempat jualan online ini sangat bisa diandalkan karena fiturnya sudah lengkap dan penggunanya juga banyak.

Kalau Anda mau jualan di Shopee, maka perlu kiranya mencari supplier terbaik di Shopee. Kemudian buka toko sendiri dan kasih nama unik sesuai dengan barang yang mau dijual. Alamat toko harus sesuai dengan alamat si supplier sehingga bisa tetap menikmati fitur gratis ongkos kirim.

Kalau Anda mau jualan di Tokopedia, maka carilah supplier terbaik di Tokopedia. Selanjutnya, Anda bisa menjual produk melalui Tokopedia juga dengan harga yang bersaing. Atau buka toko baru via website.

Ada tantangan tersendiri saat membuka toko online di Shopee dan Tokopedia, yakni jumlah follower. Semakin banyak jumlah follower-nya, maka semakin tinggi pula kans produk untuk dapat dilihat dan dibeli oleh user marketplace tersebut.

Lihat juga >>  5 Cara Menjadi Reseller di Lazada yang Mudah Buat Pemula

Untuk itu, ketika Anda memutuskan untuk membuka toko di Shopee atau Tokopedia, persiapkan diri untuk meningkatkan follower dengan cepat. Salah satunya adalah dengan menghubungi tempat jual followers Tokopedia terbaik.

Instagram

Anda bisa memanfaatkan instagram untuk menjual produk. Upload foto produk dan berikan deskripsi yang menarik agar bisa mendapatkan like dan penjualan sebanyak mungkin.

Untuk bisa mendapatkan like yang banyak, Anda bisa memasarkan produk di IG. Salah satu caranya adalah dengan endorsement.

Penjualan melalui IG ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan jualan langsung dari marketplace. Sebab Anda hanya perlu menuliskan nomor HP di bio. Soal alamat, nanti bisa disesuaikan dengan produk yang mereka beli.

Artinya, berjualan di instagram ini memungkinkan Anda untuk menjual produk dari beberapa supplier berbeda. Supplier-nya bisa dari IG lain atau marketplace.

Selain dua platform di atas, Anda juga bisa memanfaatkan platform toko online yang membuka peluang atau kesempatan jadi dropshipper. Mereka biasanya memiliki toko online sendiri.

Anda cukup memasarkannya ke teman-teman terdekat atau secara online melalui akun sosial media.

Tips membuat toko online di website, marketplace, dan sosial media

Produk dan foto sudah disediakan oleh supplier. Sebagai dropshipper yang perlu dilakukan adalah mencari cara kreatif untuk bisa berjualan dengan cepat dan cermat. Anda bisa memanfaatkan website, marketplace, dan sosial media.

Gambar 3 -Tips membuat toko online di website, marketplace, dan sosial media

Berikut ini adalah trik jualan laris tanpa modal:

Membuat nama olshop unik

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu memilih nama olshop unik, menarik, dan mudah diingat oleh calon pelanggan. Tak perlu panjang, asalkan ejaannya jelas dan berkesan.

Coba buat contoh kata-kata promosi olshop

Pastikan bahwa Anda menguasai cara membuat contoh kata-kata promosi olshop. Kata-kata promosi ini biasanya mengandung kata ajaib yang sangat menarik seperti Gratis, Bonus, Berhadiah, Diskon, dll.

Lihat juga >>  10 Akun Instagram ini memiliki Followers Terbanyak di Indonesia, Siapa Saja?

Belajar membuat contoh kalimat promosi bisnis online

Setelah tahu kata-katanya, sekarang Anda perlu membuat contoh kalimat promosi bisnis online secara menyeluruh dari kata ajaib di atas. Misalnya adalah dengan menuliskan Beli 1 Gratis 1, Beli Hari Ini Diskon 70% Besok Naik, dan lain sebagainya.

Cara jualan online terlaris

Jika sudah terbiasa membuat kalimat promosi yang menarik, Anda bisa meningkatkan follower dengan memperbanyak promosi. Pilih postingan yang engagement-nya bagus, punya review banyak dan laris, kemudian iklankan.

Anda harus mengetahui item jualan online terlaris di olshop pribadi. Hal ini berkaitan erat dengan stok produk. Jangan sampai stok produk terlaris habis di supplier.

Cara jadi reseller baju online tanpa modal

Salah satu produk yang menjadi incaran para dropshipper adalah fashion. Baju, jilbab, gamis, dan yang lainnya merupakan contoh produk yang terus tren. Meski laba yang dihasilkan dari produk ini tak begitu besar, namun peminatnya sangat banyak dan cenderung stabil.

Untuk itu, cara jadi reseller baju online tanpa modal layak untuk dicoba. Anda bisa memasarkan produk melalui sosial media, seperti facebook, whatsapp, instagram, dll.

Biasanya, untuk menjadi reseller ada syarat yang harus dipenuhi terlebih dulu. Kenali syarat dan cara daftarnya sehingga bisnis bisa lancar jaya.

Cara kerja reseller

Mau jadi reseller sukses? Kenali cara kerja reseller dengan baik. Pekerjaan ini bisa jadi sampingan sambil melakukan pekerjaan lain di rumah seperti momong, bersih-bersih, dll. Anda hanya butuh kuota untuk melayani para pelanggan yang mampir ke toko online. Mudah, bukan?

Jika ingin serius karena jualan sudah laris manis, Anda juga bisa menyediakan stok sendiri agar tidak tergantung terus-terusan dengan supplier. Artinya, Anda bisa mengontrol jumlah stok barang dengan baik.

Mau ambil peluang ini? Bagaimanapun juga, jualan online tanpa modal dan stok barang memang sangat menggiurkan. Bila ditekuni, bisnis ini bisa memberikan penghasilan kepada pelaku usaha dari ratusan hingga jutaan rupiah.

meri puspita
 

Butuh Bantuan? Chat dengan kami