Cara Mencari Supplier di Tokopedia yang Terpercaya

Memulai bisnis harus penuh perhitungan, salah satunya adalah cermat dalam melakukan cara mencari supplier di tokopedia. Supplier yang tepat berpengaruh besar terhadap keberlanjutan toko dan bisnis yang sedang Anda bangun.

Masing-masing orang memiliki tujuan yang berbeda dalam mencari supplier. Mungkin sedang ingin menjadi dropship atau mau kulakan untuk jadi reseller. Keduanya memiliki tujuan dan cara yang berbeda. Untuk itu, Anda harus tentukan dulu tujuan Anda mencari supplier.

Agar lebih jelas mengenai pembahasan ini, silakan baca tips mencari supplier di Tokped yang akan kami bahas berikut ini.

8 Tips dan cara mencari supplier di tokopedia yang terpercaya

Berikut ini adalah beberapa tips singkat yang bisa dilakukan supaya mendapatkan tempat kulakan produk yang amanah di Tokped:

Tips dan cara mencari supplier di tokopedia yang terpercaya

Tentukan kebutuhan

Sebagaimana disebutkan secara singkat di atas, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan kebutuhan, mau jadi dropshipper atau reseller. Kalau mau jadi dropshipper, para user harus mencari toko yang memang menerima dropship.

Hal ini karena dropship erat kaitannya dengan stok barang dari toko tersebut.

Kalau mau jadi reseller rasanya lebih bebas sebab Anda bisa membeli produknya dulu dengan harga grosir yang lebih murah. Baru kemudian menjualnya lagi, baik secara offline maupun melalui tokopedia lagi.

Cek kualitas barang

Kualitas adalah salah satu poin yang tidak bisa diabaikan saat menjual produk secara online. Repeat order bisa terjadi biasanya juga karena kualitas barang.

Untuk itu, agar bisa bertahan lama di bisnis, Anda harus menjual produk dengan kualitas yang baik.

Cara untuk mengetahui apakah supplier menyediakan produk berkualitas atau tidak adalah dengan membelinya dulu. Menjadi pelanggan mereka adalah salah satu cara untuk PDKT. Produk yang Anda beli juga bisa dijadikan sebagai sampel.

Dengan begini, ada banyak hal yang bisa didapatkan, di antaranya:

  1. Bisa mengerti bagaimana cara mereka menjawab pertanyaan dan layanan mereka secara menyeluruh.
  2. Tahu kualitas produknya, apakah sama dengan foto atau abal-abal.
  3. Packaging dari supplier juga bisa diketahui. Apakah aman dan rapi atau biasa saja.
  4. Bisa menentukan harga jual baru sesuai dengan kualitas barang.
Lihat juga >>  Sejarah Tokopedia, Award, Cara Jualan, Belanja, Kredit, COD

Dari poin-poin ini, Anda juga bisa sedikit menyimpulkan apakah mereka amanah atau tidak.

Kemampuan persediaan dari supplier

Selanjutnya, cek persediaan yang ada di toko mereka. Apakah banyak atau hanya sedikit. Kemampuan persediaan ini berhubungan langsung dengan kuantitas produk yang mau Anda jual, baik sebagai dropshipper maupun reseller.

Baca testimoni, reputasi, dan track record

Anda bisa membaca testimoni atas produk yang sudah mereka kirim kepada pelanggannya. Baca dengan benar testimoninya. Cari apakah ada testimoni yang berasal dari penjual.

Biasanya, testimoni ini berisi tentang kepuasan mereka karena pembelinya merasa puas dengan produk yang dibeli di lapak ini.

Isinya kurang lebih seperti: “Terima kasih, Kak. Pembeliku suka banget. Puas. Jadi bisa langganan di sini.”

Komentar seperti ini biasanya diberikan oleh dropshipper atau reseller yang berbelanja di lapak tersebut.

Cek juga reputasi toko dan track record-nya secara detail. Biasanya, mereka yang memiliki reputasi baik akan mendapatkan follower yang banyak. Jadi, cek pengikutnya.

Nah, mengenai pengikut, bila Anda sendiri ingin mendongkrak jumlah pengikut tokopedia secara instan. Silakan hubungi tempat jual followers tokopedia terbaik.

Kesepakatan harga

Bila sudah menemukan yang pas, coba ungkapkan apa yang menjadi kebutuhan dan keperluan Anda kepada mereka. Lalu, sepakati harga bersama-sama.

Kesepakatan harga

Konsistensi dan kontinuitas

Berbisnis itu butuh konsistensi. Pastikan bahwa mereka bisa menyediakan barang secara kontinu. Hal ini bisa didapatkan bila lapak yang dipilih sudah berumur panjang, stabil, dan akan terus berjualan sampai nanti secara konsisten dan kontinu juga.

Jangan sampai salah pilih lapak baru yang hanya bekerja musiman sesuai dengan mood.

Kebijakan retur

Ada kalanya terjadi kesalahan pengiriman atau produk rusak. Untuk itu, sebagai tindakan antisipasi sebaiknya cari tahu bagaimana kebijakan retur di lapak supplier tersebut.

Lihat juga >>  5 Cara Menjadi Reseller di Lazada yang Mudah Buat Pemula

Dengan perjanjian di awal, semuanya akan jauh lebih transparan.

Tidak cukup satu supplier

Untuk bisa bertahan di bisnis ini, rasanya satu supplier saja tak cukup. Kenapa? Sebab stok barang di satu toko belum tentu cukup untuk bisnis Anda ke depan.

Apalagi bisnis pakaian, ketersediaan warna, ukuran, dan yang lainnya biasanya cepat habis. Sebagai supplier, tentu mereka akan mendahulukan pesanan yang langsung datang, bukan dari dropshipper atau reseller.

Cara kerja dropship

Bila dibandingkan antara reseller dan dropshipper, rasanya akan banyak yang lebih memilih jadi dropshipper. Hal ini karena cara kerja dropship sangat mudah.

Dropship tidak membutuhkan modal untuk memulai bisnis. Mereka hanya perlu fokus menjual produk secara online atau offline. Kalau melalui media sosial bisa lewat IG (contoh: cara repost instagram), facebook, dan WA (biasanya via grup atau story).

Kalau mau menjual secara langsung, bisa ditawarkan kepada teman atau jasa titip.

Contoh dropship

Ada banyak produk contoh dropship. Di antaranya adalah pakaian, produk herbal, alat masak, dan yang lainnya. Biasanya, produk-produk yang bisa di-dropship-kan tidak mudah basi dan bisa memberikan manfaat banyak buat para pembelinya.

Kenapa jadi dropshipper dan reseller di tokopedia?

Ada banyak alasan kenapa Tokped menjadi platform yang bagus buat para dropshipper dan reseller, di antaranya adalah:

Kenapa jadi dropshipper dan reseller di tokopedia

Ada banyak pilihan supplier

Marketplace ini menjadi salah satu e-commerce yang sudah dikenal di seluruh Indonesia. Ada banyak supplier yang berdagang dan berjualan di sini. Artinya, para penjual online memiliki keleluasaan dalam memilih mana yang terbaik.

Metode pembayaran beragam, cicilan hingga bayar Tokopedia lewat Indomaret

Metode pembayaran di Tokopedia juga beragam. Mulai dari pembayaran melalui bank, mengangsur dengan bunga 0%, hingga bayar Tokopedia lewat Indomaret yang akan mempermudah para pelanggan karena sangat aman.

Lihat juga >>  Tokopedia Bisa COD, Cek Cara Aktivasi dan Syaratnya!

Bahkan, para user Tokped juga bisa menikmati layanan COD atau bayar di tempat.

Transparansi resi otomatis tokopedia

Keamanan transaksi semakin terjaga dengan adanya resi otomatis tokopedia yang bisa dilacak secara online dengan cepat dan tepat.

Bagi para dropshipper, hal ini akan memudahkan komunikasi dalam penyampaian informasi kepada para pelanggan.

Adanya mitra tokopedia

Mulai dari ketersediaan supplier, pembayaran, dan pengiriman barang yang mudah sudah menjadi alasan kuat kenapa banyak yang memilih Tokopedia. Belum lagi, kini juga ada mitra Tokopedia yang pastinya akan menambah kemudahan transaksi di Tokped.

Tips reseller Tokped dan cara menjadi reseller di lazada

Menjadi reseller bisa dilakukan di berbagai marketplace. Baik di Tokopedia maupun di Lazada. Secara tujuan, keduanya sama yakni untuk mendapatkan keuntungan dan mengembangkan bisnis.

Namun caranya jelas berbeda. Kalau di Tokopedia, pembuatan toko terkesan lebih simpel. Namun, ada lebih banyak langkah yang harus dilalui dalam cara menjadi reseller di Lazada. Salah satunya adalah upload buku rekening dan identitas diri.

Meski begitu, ada hal positif yang bisa diambil dari Lazada. Yakni keamanannya jauh lebih terjaga karena selektif dalam memilih siapa saja yang akan berbisnis di dalamnya.

Kalau untuk berjualan saja harus memberikan data seperti itu, apalagi supplier-nya. Tentu lebih ketat, bukan?

Oleh karena itu, cara mencari supplier di tokopedia yang kami uraikan di atas tentu akan lebih mudah dilakukan bila Anda menerapkannya di Lazada. Selamat mencoba!

meri puspita
 

Butuh Bantuan? Chat dengan kami