Cara Kerja Dropship, Tanpa Modal, Mudah, dan Untung!

Mudah dan menguntungkan! Itulah dua kata yang pas untuk menggambarkan cara kerja dropship. Betapa tidak? Anda tidak perlu modal untuk memulainya. Cukup berani dan telaten.

Terlebih, dropship kini bisa dilakukan di mana saja. Ada banyak marketplace yang bisa jadi opsi menguntungkan. Dari Shopee, Tokopedia, hingga Bukalapak semuanya sudah memiliki user jutaan. Apa artinya?

Artinya Anda juga punya calon pembeli berjumlah jutaan, sebanyak user aktif marketplacemarketplace tersebut. Semua pengguna aktif tersebut tersebar di seluruh Indonesia. Maknanya, barang yang Anda dropship-kan bisa menjangkau pasar yang sangat luas.

Kalau mau tahu lebih jauh tentang cara menjadi seorang dropshipper. Silakan simak ulasan ini sampai selesai.

Dropship adalah

Sebelum mulai tahu bagaimana cara kerjanya, akan sangat baik bila Anda mengerti lebih dalam tentang apa itu dropship.

Secara harfiah, dropship berasal dari kata dalam bahasa inggris, yakni drop shipping. Arti dari kata ini adalah mengirimkan barang titipan.

Sementara itu, secara umum, dropship diartikan sebagai sebuah metode bisnis di mana penjualan dilakukan hanya dengan menawarkan barang ke orang lain tanpa perlu membelinya terlebih dulu. Artinya, pihak penjual (dropshipper) tidak perlu stok produk.

Cara kerja dropship di Tokopedia

Memang ada banyak marketplace yang bisa dijadikan tempat untuk memulai bisnis dropship. Dari sekian banyak marketplace itu, cara bisnisnya umumnya sama. Yakni mirip dengan pengertiannya.

Gambar

Cara Kerja Dropship di Tokopedia

Sebagai contoh, jika si A adalah dropshipper, B adalah supplier, dan C adalah pembeli. Maka A menawarkan produk si B kepada C tanpa perlu membeli dulu kepada B. Jika C setuju membeli, maka A akan bertransaksi dengan B untuk mengirimkannya kepada C atas nama si A.

Begitulah cara mudah untuk memahami bagaimana cara kerja dropshipper secara umum. Yang membedakan adalah masing-masing fitur yang tersedia di marketplace tersebut. Berikut ini adalah cara jadi dropship di tokopedia:

Lihat juga >>  Resi Otomatis Tokopedia JNT JNE Si Cepat Buat Dropshipper

Tentukan produk yang dijual

Tentukan dulu produk apa yang ingin Anda jual. Carilah info inspirasi atau ide produk dropship di internet. Atau mulailah dari hobi atau hal-hal yang Anda sukai.

Beberapa produk yang cukup populer di dunia jual beli secara dropship adalah pakaian anak dan dewasa, kebutuhan sehari-hari, dan yang lainnya.

Daftar akun dan buka toko di tokopedia

Pastikan Anda punya akun di tokopedia. Bila sudah punya akun, saatnya untuk membuka toko di marketplace ini. Proses pendaftaran dan pembuatan toko bisa dilakukan dengan cepat. Pengguna tokopedia hanya butuh alamat email, nomor HP, nama toko, dan yang lainnya.

Agar lebih terlihat meyakinkan, siapkan semuanya dulu sebelum membuat toko. Isi deskripsi toko dengan baik. Pastikan nama toko juga menjual.

Cari supplier

Yang harus dilakukan selanjutnya adalah melakukan cara mencari supplier di tokopedia. Ini akan menuntun Anda untuk menemukan produk yang akan dijual dari lapak pemasok terpercaya dan terbaik.

Tambahkan produk dan isi deskripsinya

Ambil foto produk di supplier dan upload sebagai produk Anda. Kalau perlu, sebelum di-upload, foto harus diedit dulu supaya makin menarik.

Isikan deskripsi yang lengkap dan menarik agar orang suka. Khususnya pada bagian judul produk, pastikan bahwa sesuai dengan kata kunci pencarian dan menarik orang untuk klik.

Promosikan

Agar cepat laku, Anda bisa melakukan promosi melalui sosial media atau offline. Bagikan produk yang sudah di-upload atau buat kalimat promosi di IG, FB, dan WA.

Anda juga bisa harus menambah followers di tokopedia supaya reputasi dan tingkat kepercayaan orang bertambah pada toko Anda.

Bila toko masih baru, sebaiknya beli followers tokopedia terbaik dulu. Agar jumlah pengikut di toko Anda cepat meningkat dalam waktu singkat.

Lihat juga >>  Cara Dropship di Shopee dan Tokopedia Mudah Menghasilkan

Itulah cara kerja dropship di Tokopedia. Pada dasarnya bisa diterapkan di semua marketplace, tergantung fitur yang disediakan.

meri puspita
 

Butuh Bantuan? Chat dengan kami