Cara Dropship di Shopee dan Tokopedia Mudah Menghasilkan

Manfaatkan gadget Anda dan cobalah cara dropship di Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Bisnis bisa jalan tanpa modal dan stok barang. Mudah dan menghasilkan!

Menjadi dropshipper merupakan pilihan yang sangat tepat di era sekarang. Kesempatannya terbuka begitu lebar. Baik dari supplier maupun dari marketplace, tempat jual beli dilaksanakan.

Lelaki – perempuan, dewasa – remaja, IRT – mahasiswa, semuanya bisa mencoba peruntungannya dengan cara berbisnis tanpa modal. Caranya mudah, cukup dengan cari supplier, isi produk, lalu bertransaksi dengan pembeli melalui layar HP.

Kalau bingung, silakan cek panduan lengkapnya berikut ini:

Cara dropship di Shopee ke Shopee

Shopee merupakan marketplace yang paling direkomendasikan untuk para dropshipper. Kenapa?

Hal ini karena situs ini menyediakan fitur gratis ongkos kirim untuk seluruh pengguna yang berbelanja. Baik melalui aplikasi maupun situs.

Fitur ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pembeli (permintaan) yang kemudian secara tidak langsung menarik buat para supplier (persediaan) untuk ikut berjualan di Shopee.

Artinya, ada banyak pilihan produsen atau toko grosir yang bisa dijadikan tempat kulakan. Selain itu,  Anda juga bisa menarik minat calon buyer untuk membeli produk di toko Anda dengan free ongkir.

Bagaimana cara dropships Shopee?

Cara dropship di Shopee ke Shopee

Cara daftar dropship di Shopee online (buat akun dulu)

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mendaftar akun. Setelah akun terbentuk Anda bisa leluasa untuk melakukan transaksi.

Sebaliknya, jika tidak punya, maka akses Anda hanya sebatas melihat-lihat barang. Tidak bisa beli apalagi berbisnis di sini.

Buat toko dan daftarkan gratis ongkir

Membuat akun saja tak cukup, Anda harus membuka toko lalu daftarkan program gratis ongkir. Masing-masing toko di marketplace ini punya batasan pembelian yang berbeda.

Ada yang baru bisa free ongkir setelah pembelian 150 ribu rupiah, 90 ribu rupiah, atau mengikuti program-program tertentu yang ditetapkan oleh Shopee.

Lihat juga >>  Resi Otomatis Tokopedia JNT JNE Si Cepat Buat Dropshipper

Pembatasan pembelanjaan ini sebenarnya menguntungkan buat penjual. Sebagai contoh, saat calon pembeli tertarik dengan produk A di toko Anda. Namun total belanjaannya belum mencukupi batas minimal free ongkir, maka mereka akan mencari produk lain agar pembeliannya mencapai batas minimal yang ditetapkan.

Untuk mendapatkan fitur ini, Anda perlu memasukkan nomor KTP dan ber-selfie dengan membawa KTP tersebut. Butuh verifikasi beberapa saat sampai permintaan Anda disetujui.

Masukkan nomor rekening

Karena mau berbisnis, Anda harus transparan dalam memberikan data termasuk soal rekening. Karena di sinilah uang akan ditransfer setelah ada pembelian di toko Anda.

Isi alamat toko sesuai dengan alamat supplier

Cara menjadi dropship di Shopee ke Shopee berikutnya adalah dengan memilih supplier. Pilihlah toko grosir yang sudah menyediakan fitur free ongkir. Selanjutnya, isi alamat toko Anda sesuai dengan alamat supplier.

Hal ini penting agar ongkos kirimnya sesuai dan tidak terjadi selisih. Jika memang Anda siap menanggung selisihnya, tak masalah alamatnya beda. Namun, ini cukup ribet. Paling amannya, Anda pakai alamat supplier saja.

Unggah foto produk dan deskripsi

Agar mudah, lihat dengan benar produk-produk yang ada di toko grosir yang Anda pilih. Simpan foto dan deskripsinya. Kemudian upload di toko Anda.

Mengatasi resi dropship Shopee yang otomatis

Saat ada yang belanja di toko, biasanya resi akan muncul secara otomatis. Biasanya ini pakai ekspedisi J&T.

Di sinilah pentingnya komunikasi antara Anda dan penjual. Sebelum benar-benar mau jadi dropshipper buat mereka, akan lebih baik bila Anda menghubungi mereka secara langsung. Mungkin melalui pesan privat.

Jika kerja sama sudah terjalin, saat ada order ke toko Anda, informasikan soal nomor resi yang ter-generate otomatis ke supplier. Mintalah mereka untuk proses pesanan dengan nomor resi tersebut.

Anda tidak perlu berbelanja ke toko supplier yang ada di Shopee. Lakukan transfer secara langsung ke rekening mereka.

Lihat juga >>  Cara Kredit di Bukalapak dengan Akulaku, Kartu, & Kredivo

Dengan cara ini, saat pembeli melakukan cek resi Shopee, mereka akan melihat lokasi terkini dari paketnya. Sementara Anda juga tidak perlu bingung karena tidak ada resi dobel.

Cara dropship di Tokopedia

Jika mau mencoba cara dropship di tokopedia, maka ada banyak sumber pelapak yang bisa dijadikan tempat kulakan. Salah satunya adalah Shopee. Intinya, Anda bisa mengambil barang dari Shopee dan menjualnya via Tokopedia.

Jadi, silakan cari supplier, ambil foto dan deskripsinya untuk dituliskan di Tokopedia.

Selain dari Shopee, Anda juga bisa memanfaatkan instagram (media sosial) dan blog pribadi untuk promo. Nanti pada prosesnya tinggal dikirim sebagai dropshipper.

Tapi sebelum melakukan semua proses tersebut, pastikan Anda sudah punya akun terlebih dahulu.

Cara dropship di Tokopedia

Buat akun terlebih dulu

Sama dengan pembuatan toko dropshipper di Shopee, di tokopedia Anda juga perlu mendaftar akun sebelum akhirnya bisa melakukan transaksi jual beli.

Pendaftaran akun di sini sangat mudah. Bisa lewat desktop dan HP. Anda bisa menghubungkan akun dengan nomor HP atau langsung ke akun Google. Verifikasinya cepat dan mudah!

Cara menghapus toko di Tokopedia dan bikin yang baru

Apa mungkin ada yang ingin menghapus tokonya di Tokopedia? Ya, ada. Alasan seseorang melakukan cara menghapus toko di Tokopedia cukup beragam. Di antaranya adalah:

  1. Memiliki banyak akun.
  2. Nomor pribadi yang terhubung langsung bisa mengurangi rasa nyaman.
  3. Pernah jadi dropshipper sebelumnya.

Sebagaimana diketahui, dulu pembuatan akun di Tokopedia sangat mudah. Tak banyak syaratnya. Sebab dia masih menjadi marketplace primadona tanpa saingan. Satu orang bisa membuat dua akun dengan cepat tanpa pikir panjang.

Beda dengan sekarang di mana banyak e-commerce. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Punya fitur andalan masing-masing. Orang juga bisa membuat akun di sini dan situ. Lalu melupakan akun-akun mereka di Tokopedia.

Lihat juga >>  Contoh Kalimat Promosi Bisnis Online dan Cara Membuatnya

Maka dari itu, semakin kesini, Tokopedia semakin selektif. Orang-orang yang memiliki banyak akun bisa dianggap memiliki akun sampah atau spam.

Jika Anda punya banyak sebaiknya dihapus saja. Sisakan satu yang paling aktif. Jika perlu, hapus semua dan buat akun baru.

Tokopedia bisa COD

Salah satu alasan kenapa Anda harus punya akun dan toko di sini adalah karena marketplace ini sedang bangkit. Mereka sedang gencar promo dan bermaksud mendapatkan lebih banyak pengguna.

Hal ini dibuktikan dengan tambahan-tambahan fitur menarik, salah satunya adalah terima barang dulu baru bayar atau Cash on Delivery. Fitur ini disukai oleh banyak pembeli.

COD mulai ada pada tahun 2018 lalu melalui Mitra Tokopedia. Sampai sekarang sudah ada ratusan toko yang menjadi mitra dari marketplace satu ini. Selain COD, ada fitur tempo dan poin berhadiah. Makin menarik!

Reputasi tokopedia

Jika Anda jualan di sini, perhatikanlah reputasi tokopedia. Reputasi ini sistemnya bertingkat dan berlaku sistem poin. Mulai dari No Badge ke Bronze, Bronze ke Silver, Silver ke Gold, dan Gold ke Diamond.

Kenaikan kelas dan reputasi ini bisa diusahakan dengan banyak cara, di antaranya adalah dengan menyelesaikan pesanan, teliti dalam pengecekan pesanan, dan memberikan pelayanan terbaik buat pembeli.

Cara jualan di Bukalapak

Cara jualan di Bukalapak

Tidak hanya Shopee dan Tokopedia, Anda juga bisa membuka toko di sini. Cara jualan di Bukalapak akan membuat kesempatan mendapatkan uang makin banyak.

Ibaratnya, semakin banyak toko yang dibuka, semakin banyak orang yang dapat dijangkau. Kalau Shopee adalah toko utama, maka toko yang ada di Toped dan BL adalah cabangnya.

Berjualan di marketplace satu ini juga sangat mudah. Cukup dengan membuat akun, isi data yang diperlukan, membuat toko, upload produk dan deskripsi, dan pasarkan.

Itulah beberapa cara dropship di Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak yang bisa Anda coba untuk menghasilkan lebih banyak uang lewat gadget bermodal kuota dan kemauan.

Jika ingin penjualan naik terus sejak awal, Anda harus memperhatikan jumlah followers. Semakin banyak jumlahnya, semakin banyak pula kemungkinan produk akan laris. Cobalah tempat jual followers Shopee terbaik sebagai langkah awal kemajuan toko!

meri puspita
 

Butuh Bantuan? Chat dengan kami