Tokopedia Bisa COD, Cek Cara Aktivasi dan Syaratnya!

Asyik! Tokopedia bisa COD sekarang. Pembeli makin ramai, seller pun makin untung. Cek sekarang juga cara mengaktifkan fitur ini dan apa saja syaratnya supaya tidak ketinggalan dan bisnis makin lancar.

Demi menarik banyak user, kini marketplace yang identik dengan warna hijau ini mengaktifkan fitur Tokopedia bayar di tempat atau yang sering dikenal dengan istilah COD.

Banyak sekali peminat COD di Indonesia. Sebab dengan fitur ini, transaksi dinilai lebih jujur dan menguntungkan buat pembeli. Ada uang, ada barang.

Maka dari itu, kehadiran fitur ini menjadi magnet yang cukup kuat buat para pengguna baru yang sebelumnya belum kenal Tokped. Mereka pun berbondong-bondong mengunduh aplikasi Tokped di Play Store untuk mulai berbelanja.

Sebagai seller, Anda harus memanfaatkannya dengan baik. Langkah pertama, aktifkan fitur ini di toko. Bagaimana caranya?

Cara aktifkan fitur bayar di tempat Tokopedia

Berikut ini adalah cara mudah mengaktifkan fitur COD Tokopedia sekaligus hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses pengiriman barangnya:

Cara mudah aktivasi

Pertama, aktifkan dulu fitur COD. Caranya adalah dengan mengaktifkan ekspedisi si Cepat. Sebab fitur ini hanya berlaku untuk pengiriman barang melalui ekspedisi si Cepat.

Jika sudah, maka langkah berikutnya adalah mengaktifkan fitur bayar di tempat.  Bukalah menu Pengaturan Toko, kemudian masuklah ke menu Layanan. Aktivasi bisa dilakukan di sana.

Fitur terima pesanan tak mengalami perubahan

Saat ada pembeli yang memesan produk dan memilih untuk membayar di tempat, pesanan yang diterima akan berjalan seperti biasa. Anda akan mendapatkan resi booking seperti biasanya. Lihatlah di bagian Konfirmasi Pengiriman.

Wajib mencetak label pengiriman

Pada bagian Konfirmasi Pengiriman, seller diwajibkan mencetak label pengiriman guna membedakan antara COD dan pengiriman biasa. Juga ditujukan agar biaya transaksi tetap terbayar.

Lihat juga >>  4 Cara Kredit di Tokopedia dengan dan Tanpa Kartu Kredit

Pilih Request PickUp

Pilihlah penjemputan untuk proses pengiriman pesanan. Setelah sampai di rumah, kurir akan melakukan scan barcode yang secara otomatis akan men-generate resi dan mengurangi saldo Anda untuk pembayaran biaya pengiriman.

Sama halnya dengan di Shopee, sebaiknya setelah mengaktifkan fitur ini Anda juga menambah followers. Agar lebih banyak orang yang tahu tentang toko Anda.

Jika di Shopee Anda bisa hubungi tempat jual followers Shopee terbaik, maka di Tokped Anda juga bisa melakukan cara yang sama agar pengikut bisa cepat bertambah.

Amati syarat dan ketentuan dari Tokopedia bisa COD

Anda perlu memperhatikan beberapa syarat dan ketentuan yang diterapkan pada fitur Tokopedia bayar di tempat ini, di antaranya adalah:

Amati syarat dan ketentuan dari Tokopedia bisa COD
  1. Hanya berlaku untuk ekspedisi si Cepat.
  2. Satu kali transaksi, maksimal nilainya adalah 2,5 juta rupiah.
  3. Tidak berlaku untuk makanan dan minuman.
  4. Seller wajib mencetak label pengiriman dan ditempelkan di paket pesanan.
  5. Penjual tidak bisa mengganti kurir saat buyer memilih fitur COD.
  6. Hanya bisa dimanfaatkan oleh pembeli yang belum pernah berbelanja di official store dan marketplace.
  7. Diterapkan pada lokasi-lokasi tertentu. Cek selengkapnya di Tokopedia.

Keuntungan mengaktifkan fitur COD

Selain Tokopedia, Shopee juga sudah mengaktifkan fitur Cash on Delivery. Fitur ini cukup mampu mendongkrak penjualan seller, salah satunya lewat dropship di Shopee.

Di bawah ini merupakan beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari aktivasi fitur COD:

Bisa menjangkau lebih banyak pembeli

Ada banyak pembeli yang merasa tidak nyaman belanja online karena tidak bisa pegang produknya langsung. Dengan membayar setelah barang diterima, mereka akan jauh lebih nyaman dan tak akan ragu lagi berbelanja online.

Artinya, user tokopedia semakin meningkat dan seller pun bisa punya leads calon pembeli yang lebih banyak.

Lihat juga >>  Cara Ganti Nama Toko di Tokopedia Sekaligus Akunnya

Aman dan nyaman

Kenyamanan pembeli dan penjual dalam fitur ini terjamin karena barang yang dikirim sudah mendapatkan asuransi. Makin aman karena barang akan diserahkan setelah pembayaran dilakukan.

Reputasi toko meningkat

Saat sebuah toko mengaktifkan fitur bayar di tempat, artinya mereka yakin bahwa produknya berkualitas. Hal ini bisa meningkatkan kepercayaan buyer.

Tanpa biaya

Jika barang yang dikirim tidak diterima oleh pembeli / batal. Seller tidak akan dirugikan karena biaya kirim akan dibayarkan oleh Tokopedia.

Jadi, jangan ragu untuk mengaktifkan fitur Tokopedia bisa COD ini ya! Kalau sudah aktif, jangan lupa menyiapkan stok yang banyak, siap-siap kalau ada lonjakan pembelian.

meri puspita
 

Butuh Bantuan? Chat dengan kami