3 Cara Mendaftarkan Lokasi di Google Map dan Manfaatnya

Perluas jangkauan bisnis dengan cara mendaftarkan lokasi di Google Map. Anda bisa memulainya dari HP dan PC. Sangat simpel dan mudah.

Ada banyak keuntungan yang akan didapatkan bila Anda mau mendaftarkan lokasi bisnis di Google Map. Salah satunya adalah usaha jadi lebih dikenal karena dilihat oleh banyak orang.

Masalahnya, mayoritas orang belum aware tentang manfaat tersebut. Tak hanya manfaatnya saja, fakta membuktikan bahwa banyak pemilik toko online yang belum tahu cara mendaftarkan sebuah lokasi di Google atau mengklaim sebuah lokasi sebagai tempat usahanya.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai manfaat dan langkah-langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mendaftarkan lokasi di peta Google. Selamat menyimak sampai selesai informasinya di sini.

3 Cara mendaftarkan lokasi di Google Map

Anda bisa mendaftarkan sebuah tempat ke Google Map dengan beberapa cara, di antaranya adalah melalui Google Bisnisku, Google Maps (langsung), atau mengklaim dari lokasi yang sudah terdaftar sebelumnya.

Agar lebih jelas mengenai ketiganya, silakan simak ulasan di bawah ini:

Mendaftar melalui Google Bisnis

Opsi pertama yang bisa diambil yakni melakukan registrasi dari situs atau website Google Bisnis. Silakan masukkan kata kunci “Google Bisnis” saat browsing atau masukkan link google.com/business ke address bar browser Anda.

Cara mendaftarkan lokasi di Google Map - Via Google Bisnisku

Selanjutnya, Anda akan masuk ke halaman Google Bisnisku. Kemudian silakan ikuti langkah di bawah ini:

  1. Klik Kelola Sekarang atau Start Now.
  2. Masukkan “Nama Bisnis” yang dikehendaki.
  3. Klik Berikutnya yang artinya Anda menyetujui Kebijakan Privasi.
  4. Ikuti langkahnya sampai selesai. Salah satu langkah yang tidak boleh terlewat adalah memasukkan Alamat Bisnis. Silakan masukkan alamat dengan jelas dan lengkap sehingga bisa dilacak oleh Google dengan baik.
  5. Setelah melakukan pelacakan, Google akan mengecek apakah alamat yang Anda masukkan sudah terdaftar atau belum. Dia akan mengeluarkan list atau daftar. Pilih salah satu kalau memang ada, jika tidak ada silakan klik None of These.
  6. Kemudian tentukan titik lokasinya secara detail.
  7. Lengkapi seluruh informasi sampai lokasinya terdaftar di peta.

Selesai, Anda sudah mendaftarkan lokasi bisnis di Google Maps. Pihak Google mungkin akan mengirimkan surat fisik ke alamat Anda sebagai bentuk verifikasi bahwa yang didaftarkan adalah lokasi sebenarnya. Artinya, lokasinya bukan fiktif dan benar ada pemilik atau orangnya.

Cara menambahkan lokasi bisnis di Google Maps

Selain lewat fitur bisnisku, Anda juga bisa mendaftarkan tempat usaha Anda di Google Maps secara langsung. Untuk melakukannya, bukalah Google Maps baik dari HP maupun dari PC.

Cara memasukkan usaha ke google via HP android

Cara menambahkan lokasi bisnis di Google Maps via android

Jika Anda menggunakan android, berikut ini adalah beberapa langkah yang harus dilakukan:

  1. Buka aplikasi Maps yang ada di HP android.
  2. Ketuk ikon + (tambah) yang terletak di bagian bawah.
  3. Klik Edit Peta.
  4. Ketuk Tambahkan Tempat atau Perbaiki Infonya (opsi paling atas).
  5. Klik opsi Tambahkan Tempat.
  6. Isi kolom nama, kategori, dan alamatnya secara jelas.
  7. Maps akan menepatkan titik lokasinya, silakan cek apakah sudah benar atau belum.
  8. Masukkan juga informasi penunjang lain seperti nomor telepon, jam buka, tanggal pembukaan, situs, foto, dll.
  9. Selanjutnya, silakan buka kembali maps (home / beranda) dan ketik Nama Bisnis di kolom pencarian. Klik pada hasil yang ditemukan dan ketuk opsi “Klaim Bisnis Ini”.
  10. Klik “Kelola Sekarang”.
  11. Ikuti langkah-langkahnya sampai selesai.

Selamat, Anda sudah mendaftarkan lokasi di Google maps. Sama dengan pendaftaran melalui Google Bisnisku, di sini Anda juga mungkin akan mendapatkan surat fisik yang dikirimkan langsung ke alamat lengkap sebagai bukti verifikasi.

Untuk menambahkan lokasi ke iPhone, caranya hampir sama. Hanya saja, kata-katanya saja yang beda. Silakan disesuaikan sendiri.

Cara menambahkan lokasi di google map komputer, laptop, atau desktop

Cara menambahkan lokasi di google map komputer, laptop, atau desktop

Jika Anda mendaftar melalui laptop, komputer, atau desktop, silakan ikuti langkah di bawah ini untuk menambahkan tempat:

  1. Buka browser yang ada di perangkat.
  2. Ketik Google Maps di kolom pencarian.
  3. Masuk ke maps.google.com.
  4. Ketuk garis 3 horizontal yang terletak di kiri atas, tepatnya di samping kolom pencarian.
  5. Klik Tambahkan Bisnis Anda.
  6. Silakan masukkan informasi tentang bisnis secara lengkap mulai dari nama, kategori, alamat, dan yang lainnya.

Silakan lakukan step by step-nya sampai selesai.

Klaim bisnis dari lokasi yang sudah terdaftar

Ada kalanya lokasi bisnis Anda sudah tercantum di peta namun kepemilikannya belum jelas. Untuk kasus seperti ini, Anda tinggal mengklaimnya saja. Caranya mudah, silakan ikuti langkah berikut ini:

  1. Cari titik alamat bisnis Anda.
  2. Klik pada titik alamatnya.
  3. Klik Klaim Bisnis Ini.
  4. Kelola dan isi info bisnisnya dengan jelas.

Lakukan sampai selesai langkahnya. Untuk verifikasi, Anda bisa melakukannya via surat fisik, email, atau panggilan telepon.

6 Manfaat atau keuntungan mendaftarkan lokasi di Google Map

Melakukan cara mendaftarkan lokasi di Google Map membuka banyak kesempatan positif untuk Anda, di antaranya adalah:

Pelanggan atau pembeli jadi mudah menemukan tempat usaha Anda

Di era sekarang, orang lebih sering menggunakan maps untuk menemukan sebuah tempat. Berbeda dengan dulu yang cenderung lebih konvensional dengan cara bertanya ke orang secara langsung.

Maka dari itu, saat Anda sudah mendaftarkan bisnis di Google, kesempatan untuk mendapatkan pembeli jadi lebih mudah. Sebab mereka pun bisa menemukan lokasi Anda secara gampang.

Misalnya, Anda memiliki bisnis makanan. Saat ada yang orang yang mencari informasi lokasi warung terdekat di maps mereka, warung Anda menjadi salah satu yang akan direkomendasikan.

Bisa dapat fitur Google Bisnisku

Anda juga bisa mendapatkan fitur Google Bisnisku untuk mengelola usaha secara lebih profesional.

Bisa berbagi lokasi melalui media sosial dengan mudah

Untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, Anda bisa membagikan lokasi ke media sosial lain. Contohnya instagram. Dengan begitu, para followers IG akan mengetahui tempat usaha Anda secara langsung.

Hal ini juga berarti bahwa untuk meningkatkan pelanggan Anda bisa mulai dengan cara menaikkan follower di IG. Salah satu caranya adalah menghubungi tempat jual followers instagram.

Anda pun dapat meluaskan pangsa pasar dengan melakukan cara membuat fanspage facebook, kemudian membagikan link atau tautan lokasi usahanya di fanpage tersebut.

Titik lokasi yang diberikan kepada konsumen lebih jelas dan tepat

Tempat usaha yang didaftarkan di peta sudah sesuai dengan titik yang tepat secara detail. Saat ada orang yang mencarinya, mereka akan langsung berada di titik tersebut secara tepat dan tidak akan kesasar.

Terlihat profesional dan makin dikenal

Ketika sebuah bisnis sudah memiliki fitur maps, maka tingkat kepercayaan pembeli juga akan meningkat. Hal ini karena berarti bisnis Anda bukan usaha abal-abal, justru terlihat sangat meyakinkan dan profesional.

Bisa ditandai dengan mudah oleh pelanggan

Saat konsumen merasa puas, mereka bisa menjadi pelanggan tetap dengan menandai tempat tersebut. Suatu saat mereka ingin datang lagi, mereka tinggal buka maps dan menuju lokasinya.

Itulah manfaat dan cara mendaftarkan lokasi di Google Map. Karena manfaatnya banyak dan caranya mudah, rasanya sangat sayang bila tutorial di atas tidak dicoba.

meri puspita
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami