Frame Rate Ukuran Video Youtube Biar Kualitas Upload Bagus

Jangan ngaku jadi youtuber kalau ukuran video youtube yang disarankan saja tidak tahu! Upgrade informasi Anda di sini supaya konten yang diunggah tidak pecah dan kualitasnya top!

Tak hanya soal ukuran sampul youtube (header) dan thumbnail saja yang perlu diperhatikan pada saat Anda membuat sebuah channel. Yang lebih penting dari itu semua justru adalah kontennya.

Pastikan bahwa konten yang Anda unggah memiliki kualitas video yang maksimal sehingga para viewers yang menonton video bisa puas dan tidak merasa terganggu.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya secara detail dan tips-tips membuat videonya jadi menarik. So, simak sampai selesai.

Ukuran video youtube yang direkomendasikan

Ukuran video youtube yang direkomendasikan

Agar video yang diupload memiliki kualitas yang bagus, berikut ini adalah resolusi dan rasio aspek tinggi lebar yang direkomendasikan:

  1. Untuk resolusi video youtube 2160p (4k), ukurannya 3840 x 2160 piksel.
  2. Buat resolusi 1440p (2k), ukurannya 2560 x 1440 piksel.
  3. Untuk resolusi 1080p ukurannya 1920 x 1080 piksel.
  4. Resolusi video 720p, ukurannya 1280 x 720 piksel.
  5. Untuk resolusi video 480p, ukurannya 854 x 480 piksel.
  6. Resolusi 360p, ukurannya 640 x 360 piksel.
  7. Khusus untuk resolusi 240p, ukurannya 426 x 240 piksel

Semua ukuran di atas menggunakan video dengan rasio 16 : 9. Jika Anda membuat konten dengan ukuran yang tidak sama dengan ukuran di atas, maka biasanya saat ada di player youtube akan terlihat tak pas.

Meski begitu, aplikasi Youtube di smartphone sekarang juga sudah mulai didesain untuk dapat menyesuaikan ukuran video yang diunggah.

Jadi, meski dibuat dalam kondisi vertikal (pakai HP misalnya). Biasanya akan muncul dalam posisi tanpa kotak hitam di semua sisinya.

Ukuran video terbaik untuk upload high definition HD di youtube

Perlu diketahui bahwa high definition untuk konten video youtube sekarang sudah berubah. Bila dulu 720p sudah masuk dalam kategori HD. Sekarang kategori HD dimulai dari 1080p ke atas.

Lihat juga >>  Format Video untuk Youtube dan Tips Menjaga Kualitasnya

Saat hendak mengupload video ke youtube, silakan sesuaikan dengan resolusi yang sudah direkomendasikan oleh Youtube agar videonya keren.

Selain itu, agar konten yang diunggah memiliki resolusi yang High Definition (HD), perhatikan frame rate dan hal-hal terkait lainnya:

Ketentuan frame rate video youtube dan hal-hal terkait lainnya

Berikut ini adalah ketentuan yang harus dipenuhi:

  1. Video codec H264.
  2. Audio codec AAC-LC dengan channel stereo atau stereo +5.1. Sample rate-nya adalah 48 khz atau 96 khz. Situs youtube sangat memperhatikan suara atau audio dari video yang diunggah. Jadi, sebelum mengunggah video, pastikan suaranya benar-benar jernih dan bagus.
  3. Khusus untuk materi frame rates, sebaiknya disesuaikan dengan materi dari video aslinya. Tujuannya adalah agar konten tidak patah-patah, tidak pecah, dan kualitasnya bisa dipertanggungjawabkan.

Selain 3 komponen di atas, Anda juga harus memperhatikan format file konten yang diunggah.

Format video terbaik untuk youtube

Ada beberapa jenis format video yang bisa diupload ke youtube, yakni .mov, .mpeg4, .mp4, .avi, .wmv, .3gpp, .webm, .flv, dan .mpegps.

Format video terbaik untuk youtube

Nah, dari 9 format file tersebut, yang paling direkomendasikan adalah format mp4 dan mpeg4.

Jika Anda menggunakan HP untuk merekam, biasanya secara otomatis sudah bisa langsung diunggah dengan format file yang sesuai.

Namun, jika Anda menggunakan pengaturan format file yang berbeda, sebaiknya ubah formatnya pakai aplikasi.

Aplikasi untuk mengubah format file youtube

Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang bisa dipakai untuk membuat ukuran konten Anda presisi dan sudah banyak digunakan oleh para youtuber untuk mengedit video youtube:

Windows movie maker

Dengan software video converter ini Anda bisa membuat video menggunakan foto atau file video yang sudah siap sebelumnya. Tinggal edit-edit sedikit maka video sudah siap dijadikan konten untuk youtube.

Lihat juga >>  Cara Menambah Channel Youtube di HP Android dan PC

Windows movie maker besutan Microsoft ini dapat dimanfaatkan secara gratis dan sudah mendapatkan ulasan yang cukup banyak dari para penggunanya.

Kebanyakan memberikan ulasan positif dengan rating 4,8 dari 5. Pencapaian ini merupakan salah satu hal yang perlu diapresiasi.

Corel video studio

Jika Anda menguasai corel, maka memakai software ini untuk mengubah atau edit video juga bisa jadi salah satu cara yang direkomendasikan.

Namun, jika Anda memakai ini sebaiknya pastikan bahwa laptop atau PC Anda memiliki spesifikasi yang mumpuni. Agar pada saat rendering setelah editing, prosesnya tidak terputus sebab memang agak berat.

Filmora

Filmora bisa dimanfaatkan secara gratis, baik dalam bentuk software di PC maupun aplikasi yang bisa dipasang di android.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan memang ukuran videonya sudah disesuaikan dengan apa yang direkomendasikan oleh Youtube. Jadi lebar dan tingginya biasanya sudah pas. Tinggal kualitas gambar saja yang harus diperhatikan.

Selain bisa ubah ukuran, di aplikasi ini Anda juga bisa memotong, memasukkan klip, musik, dll. Jadi cukup lengkap.

Tak heran bila aplikasi ini menjadi pilihan banyak sekali youtuber baru yang belajar editing youtube. Karena selain ringan, software atau aplikasinya juga jauh lebih mudah untuk dipelajari dan difungsikan.

Selain aplikasi-aplikasi di atas, masih banyak lagi software yang bisa digunakan untuk editing. Jadi jangan khawatir akan kehabisan alat perang untuk menciptakan konten terbaik di youtube.

Bila sudah banyak konten, jangan lupa sekalian beli subscribers youtube agar konten Anda bisa langsung melejit dan viral.

Jangan lupa perbaiki ukuran youtube thumbnail

Coba perhatikan konten-konten para youtuber saat ini, mereka menggunakan thumbnail untuk menarik para viewers. Maka dari itu, Anda juga bisa melakukan hal yang sama agar konten Anda langsung mendapatkan perhatian dari para penonton.

Jangan lupa perbaiki ukuran youtube thumbnail

Karena lewat thumbnail-lah, konten Anda akan bersaing dengan konten-konten lain yang ada di Youtube saat seseorang memasukkan kata kunci di halaman pencarian.

Lihat juga >>  Inilah 4 Tingkatan Play Button Youtube Yang Harus Dimiliki Youtuber

Sangat sayang bila video yang kualitasnya sudah bagus dari segi gambar dan ukuran tidak memiliki thumbnail yang menarik dengan ukuran yang sesuai.

Jadi, untuk membuat ukuran thumbnail yang pas, silakan gunakan aplikasi-aplikasi pembuat thumbnail youtube. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah “Thumbnail Maker”.

Di sini, Anda tak hanya dapat membuat thumbnail yang ukurannya sesuai. Tetapi juga bisa memasukkan foto dan teks sehingga hasil thumbnail-nya akan terlihat menarik.

Anda bebas memasukkan apa saja sesuai dengan keinginan dan kreativitas. Yang menarik, jenis font yang ada di sini juga unik namun tetap mempertahankan fungsi utamanya, yakni jelas. Jadi, sangat mendukung kebutuhan Anda sebagai youtuber.

Ada berbagai macam pilihan background yang dapat dipilih sesuai dengan tema konten yang dibuat. Semuanya gratis.

Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store sehingga Anda bisa mengoperasikan dan mengelola youtube langsung dari layar HP.

Demikian informasi tentang frame rate, format, dan ukuran video youtube, serta trik supaya mendapatkan penonton banyak dalam waktu singkat. Selamat mengasah kemampuan dan semoga terus telaten menjadi youtuber berpenghasilan dari Google Adsense.

meri puspita
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami