Ukuran Sampul Youtube Header Channel dan Cara Editnya

Ukuran sampul youtube atau header youtube size harus diukur dengan tepat supaya tak terpotong. Silakan buat dulu kemudian upload ulang di youtube untuk menggantinya.

Sampul atau header memiliki banyak fungsi. Tapi yang paling utama adalah menciptakan identitas pada profil di youtube. Lewat header, orang atau viewer akan mudah mengingat dan mengenali siapa dan digunakan untuk apa channel tersebut.

Ada banyak orang yang mengakses youtube. Mereka menggunakan perangkat berbeda-beda. Ada yang melihatnya dari layar desktop, laptop, tablet, dan HP. Ada pula yang langsung mengoneksikannya ke layar TV.

Resolusi layar masing-masing perangkat tersebut berbeda. Inilah alasan mengapa penting memperhatikan ukuran header youtube channel supaya tidak terpotong meski diakses dari perangkat apapun.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas lengkap soal header atau sampul youtube. Jadi, selamat menyimak sampai selesai.

Ukuran sampul youtube yang paling tepat

Ukuran sampul youtube yang paling tepat

Secara umum, ukuran yang direkomendasikan adalah 2560 x 1440 piksel. Secara rinci, jika Anda ingin membuat fotonya sebelum diupload atau diunggah ke YT, berikut ini aturan, panduan, atau pedoman ukuran yang benar:

  1. Dimensi minimum upload-nya adalah 2048 x 1152 piksel dengan rasio tinggi dan lebar 16:9.
  2. Area minimal yang bisa digunakan untuk logo dan teks adalah 1235 x 338 piksel. Dengan catatan, gambar yang terlalu besar dapat terpotong secara otomatis jika dilihat pada perangkat tertentu. Jadi, usahakan untuk memperhatikan gambar yang dipakai.
  3. Lebar maksimum yang disarankan adalah 2560 x 338 piksel. Jika Anda menggunakan aturan lebar ini, maka sudah ada area aman yang tidak akan terpotong atau selalu terlihat meski dilihat dari berbagai ukuran layar. Area header yang aman akan selalu terlihat disesuaikan dengan browser yang dipakai ketika mengakses youtube.
  4. Ukuran file foto sampul yang bisa diunggah maksimal 6 MB. Lebih baik, siapkan ukuran di bawahnya.
Lihat juga >>  10 Youtuber Indonesia dengan Subscribers Terbanyak, Ada yang Se-Asia Tenggara

Dengan panduan ukuran di atas, Anda bisa membuat header channel atau sampul menggunakan software di komputer atau aplikasi di HP.

Cara membuat header youtube yang pas

Seperti disebutkan di atas, ada beberapa cara yang dapat dilakukan youtuber agar ukuran sampulnya bisa pas dan tak terpotong meski dilihat dari perangkat yang berbeda. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

Mengatur ukuran sampul youtube di corel atau photoshop

Langkah pertama adalah menggunakan software yang dapat dipasang di PC seperti corel, photoshop, atau editor gambar lainnya. Pastikan bahwa size yang Anda atur sesuai dengan ukuran yang disarankan.

Pertama-tama, atur dulu ukurannya. Baru setelah itu, Anda bisa mulai memberinya gambar-gambar dan desain-desain yang menarik sesuai dengan konsep channel yang Anda buat.

Coba download ukuran sampul youtube secara online

Sekarang, ada banyak sekali situs yang menyediakan latar header dengan desain menarik yang ukurannya sudah disesuaikan.

Sebagai pengguna, kemudahan ini tentu harus dimanfaatkan dengan baik agar tata letak fotonya terlihat ciamik.

Jika Anda browsing dengan memasukkan keyword background sampul youtube, maka akan ada banyak pilihan situs yang bisa dipakai untuk membuat header secara online.

Bahkan, ada template header menarik yang sangat cocok digunakan pada saat Anda kehabisan ide untuk membuat channel art youtube.

Salah satu situs yang bisa dipakai secara umum dan gratis adalah canva.com. Di sini, ada banyak sekali pilihan gambar yang bisa dimanfaatkan.

Mengedit header channel yang pas pakai aplikasi

Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi yang ada di Play Store dan App Store. Solusi ini bisa diambil bila Anda lebih sering mengelola aplikasi youtube android. Jadi, semua bisa dilakukan lewat HP saja.

Lihat juga >>  Frame Rate Ukuran Video Youtube Biar Kualitas Upload Bagus

Silakan search “Ukuran Sampul Youtube” di Playstore, maka akan banyak sekali hasil pencarian yang muncul.

Sebagian besar aplikasinya berguna untuk mengubah ukuran foto. Beberapa aplikasi fokus untuk pembuatan thumbnail, ada juga yang bisa dipakai untuk mengubah ukuran banner youtube. Selain itu, ada juga aplikasi yang khusus dipakai untuk mengubah ukuran foto (resizer).

Jadi, silakan pilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini.

Manfaatkan Ms. Power Point

Cara tersimpel yang bisa dilakukan selanjutnya adalah memanfaatkan Power Point. Di sini, editing atau resizing foto dapat dilakukan dengan mudah. Yang paling penting, Anda tak perlu mengunduh aplikasi atau software yang berat ke perangkat Anda.

Jadi, memang sudah tersedia secara langsung di laptop atau PC Anda.

Itulah beberapa cara mudah untuk melakukan resizing foto agar ukuran sampul youtube-nya bisa sesuai dengan apa yang disarankan oleh Youtube. Dengan begini, header tak akan terpotong.

Cara mengubah dan edit header youtube size

Cara mengubah dan edit header youtube size

Setelah foto cover channel siap, silakan Anda mengubah header channel dengan cara di bawah ini:

  1. Buka youtube di browser melalui laptop atau PC.
  2. Login ke akun youtube Anda. Pilih channel yang ingin diganti header-nya.
  3. Klik pada ikon foto profil dari channel tersebut.
  4. Pilih Channel Saya.
  5. Pilih Customize Channel.
  6. Arahkan kursor pada bagian sudut kanan atas yang ada di header, di situ ada gambar pencil. Silakan klik pensil tersebut.
  7. Klik Edit Channel Art.
  8. Layar laptop akan menampilkan menu uploading files. Anda bisa mengupload foto yang sudah disiapkan dengan cara drag file-nya.
  9. Selain dengan drag, Anda juga bisa memilih dari galeri yang ada di channel youtube galeri Anda.
  10. Bila fotonya sudah terunggah, akan ada tampilan atau preview dari ukuran sampul saluran  youtube saat dibuka menggunakan perangkat seluler dan TV. Jika ingin mengubahnya silakan Adjust the Crop.
  11. Jika sudah fix hasil dan ukurannya, klik Pilih atau Select.
Lihat juga >>  Cara Masukin Video ke Youtube dan Tips Biar Dapat Uang

Itulah cara mudah untuk mengubah header youtube di channel. Setelah terunggah, silakan refresh channel. Kalau perlu, sekalian hapus riwayat youtube biar channel seolah terlahir kembali.

Keuntungan mengubah sampul channel dengan desain yang menarik

Keuntungan mengubah sampul channel dengan desain yang menarik

Setelah berhasil melakukan editing foto dan mengunggahnya di channel Anda, maka ada banyak hal yang akan didapatkan. Di antaranya adalah:

Tampilan profil jadi lebih bagus dilihat dari perangkat apapun

Header akan terlihat presisi meski dibuka dari perangkat yang berbeda. Jadi, informasi berupa teks dan logo yang Anda tampilkan pada gambar juga tersampaikan dengan baik kepada para viewers.

Dengan begitu, tujuan menjadikan header sebagai ciri khas dan identitas bisa didapatkan dengan mudah.

Bila ada link, maka akan terlihat secara sempurna

Karena dapat dilihat secara keseluruhan dari berbagai perangkat, maka info link subscribe dan sosial media yang bisa diletakkan di header juga akan terlihat secara sempurna.

Tombol call to action ini juga bisa langsung diklik secara langsung oleh para viewers dan pengunjung channel Anda.

Terlihat serius jadi youtuber

Dengan memasukkan header dengan konsep yang jelas, orang lain juga akan melihat keseriusan Anda untuk menciptakan konten yang baik, penuh ide, pemikiran, dan bisa dijadikan tontonan.

Jika Anda benar-benar serius menjalani profesi sebagai youtuber, maka tambahkan jumlah subscribers secara manual lewat konten-konten menarik.

Selain itu, agar makin semangat Anda juga bisa menghubungi tempat jual subscribers youtube terpercaya.

Demikian informasi tentang ukuran sampul youtube HP, PC, TV berikut cara membuat dan mengunggahnya ke channel. Selamat mencoba dan semoga lancar.

meri puspita
 

Butuh Bantuan? Chat dengan kami