Cara Riset Keyword Youtube Agar Dapat Banyak Viewers

Viewers sepi padahal sudah upload banyak video? Coba cara riset keyword youtube. Ada banyak tools dan aplikasi yang dapat digunakan. Semuanya mudah diaplikasikan, bahkan untuk pemula sekalipun.

Pada kesempatan kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa tools dan aplikasi yang bisa dipakai untuk meningkatkan penonton konten di channel Anda. Semuanya gratis, Anda tinggal menyimaknya sampai akhir.

Tentang keyword atau kata kunci youtube yang paling banyak dicari

Sebelum masuk ke bagian inti, yakni cara riset keyword youtube. Ada baiknya Anda tahu dulu apa itu keyword dan kenapa ini penting untuk menaikkan viewers.

Tentang keyword atau kata kunci youtube yang paling banyak dicari

Pengertian keyword

Sesuai dengan terjemahannya, keyword adalah kata kunci. Keyword yang dimaksud di sini adalah kata-kata yang paling banyak dicari oleh orang melalui youtube.

Sebagai contoh, saat membuat channel tutorial memasak, Anda tidak bisa asal upload video sesuai kehendak sendiri bila ingin dapat view.

Sebaliknya, ketahui kebutuhan dan permintaan para pengguna youtube. Video tutorial memasak apa yang paling mereka tunggu-tunggu atau nantikan. Biasanya, mereka akan memasukkan kata di halaman pencarian untuk mendapatkan video resep yang diinginkan.

Nah, di sinilah titik temunya.

Anda harus melakukan riset agar dapat mengetahui kata kunci apa yang paling banyak dicari orang. Hal ini penting karena kita tidak bisa menebak-nebak kebutuhan orang secara tepat.

Ibarat orang yang mau buka usaha, Anda harus survei lokasi dan kebutuhan warga sekitar dulu. Demikian juga di youtube. Bedanya, semuanya bisa dilakukan secara online, menggunakan tools dan aplikasi gratis.

Kegunaan riset kata kunci

Lewat ulasan di atas, secara sekilas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa melakukan riset keyword itu penting. Yakni agar dapat mengetahui secara jelas apa yang dibutuhkan oleh calon penonton.

Lihat juga >>  Cara Membuat Channel Youtube Menarik dan Menghasilkan

Namun, kegunaannya tidak hanya itu.

Dengan riset, Anda juga bisa mengoptimasi channel dengan baik. Kata lainnya adalah SEO youtube. Optimasi ini dapat dilakukan melalui judul, deskripsi, hingga tag.

Selain itu, dengan perbendaharaan keyword yang banyak, Anda tak akan bingung lagi mau bikin konten apa. Sebab sudah ada informasi permintaan para calon penonton, Anda hanya perlu membuat videonya sekreatif mungkin.

Cara riset keyword youtube pakai tools atau aplikasi keyword youtube

Setelah mengerti kegunaan penting dari kata kunci, sekarang saatnya untuk melihat apa saja aplikasi atau tools yang dapat digunakan untuk melakukan riset. Berikut ini beberapa rekomendasinya:

Google Trend

Dalam pembahasan mengenai cara menambah viewer youtube disebutkan bahwa salah satu cara untuk memperbesar jumlah tayangan adalah dengan menghubungkan konten dengan sesuatu yang sedang trend atau viral.

Sebagai contoh, beberapa waktu lalu viral pembuatan Korean Garlic Bread. Dengan membuat konten yang isinya resep Korean Garlic Bread, jumlah tayangan tentu akan meningkat.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengetahui apa yang sedang trend saat ini? Jawabannya ada di Google Trend.

Tools ini sangat cocok untuk Anda yang bingung mencari topik video. Di sini, topik-topiknya sedang banyak diperbincangkan orang sehingga kans untuk viralnya sangat tinggi.

Selain itu, Google Trend juga bisa membandingkan satu topik dengan topik lainnya sehingga Anda dapat menemukan rekomendasi topik terbaik.

YouTube Analytics

Tools kedua yang harus Anda miliki sebagai youtuber pemula adalah Youtube Analytics. Ini bisa ditemukan dalam bentuk aplikasi “Youtube Studio” dan dapat diunduh melalui App Store dan Play Store.

Dengan Youtube Analytics, Anda bisa mengidentifikasi apa saja yang menjadi kekuatan channel Anda dan apa saja kelemahannya.

Lihat juga >>  Optimasi Video Youtube Agar Banyak Penonton

Dengan melakukan analisa atas statistik yang ditampilkan di Youtube Analytic, Anda juga dapat mengetahui kata kunci apa yang biasanya dipakai orang untuk menemukan video Anda. Jadi, judul dan deskripsinya bisa diedit sesuai dengan keyword tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan tag sesuai dengan keyword tambahan yang ada di Youtube Analytics.

VidIQ

Cara riset keyword youtube menggunakan VidIQ bisa diakses langsung melalui Chrome. Dengan tools ini, Anda bisa menaikkan peringkat di Youtube dan mempelajari bagaimana sebuah konten bisa dioptimalkan dengan baik.

Dengan VidIQ, Anda akan mengetahui berapa view per jam, bagaimana tingkat keterlibatan audiens, dll.

Untuk mendapatkan layanan lengkap VidIQ, pengguna perlu membayar sejumlah biaya tertentu. Tergantung mau ambil paket apa.

TubeBuddy

Ini merupakan aplikasi SEO youtube yang paling banyak direkomendasikan oleh para youtuber. Hal ini karena Tubebuddy memiliki tampilan informasi yang terbilang lengkap dan dapat menaikkan jumlah viewers.

Beberapa informasi yang disampaikan di sini adalah:

  1. Tag explorer.
  2. Tools suggested tag.
  3. Generator GIF animasi.
  4. Export dan backup, dll.

Aplikasi ini ada versi gratisnya, ada juga yang mengharuskan penggunanya berlangganan dengan membayar sejumlah dolar. Kalau mau versi lengkap, Anda memang kudu siap menanggung biayanya. Jadi, silakan dianggarkan.

RankTracker

Tools ini berguna untuk membantu Anda mendapatkan topik dan menemukan judul terbaik sehingga menarik dan dapat bersaing di halaman pencarian.

Data yang ditampilkan di Ranktracker biasanya berupa metrik volume pencarian, estimasi kunjungan, hingga kompetisi kata kunci di youtube.

Keyword tool

Keyword tool merupakan alat yang paling sederhana untuk mengecek kata kunci di Youtube, Google, dan yang lainnya.

Cara riset keyword youtube pakai tools atau aplikasi keyword youtube - Keyword Tool

Anda tinggal mengunjungi situsnya, kemudian memasukkan kata kunci utama. Selanjutnya, situs akan men-generate keyword turunan atau padanannya plus volume pencariannya.

Lihat juga >>  Cara Melihat Subscriber Youtube Kita via PC dan Smartphone

Kata kunci turunan ini biasanya dimasukkan di tag untuk memperluas jumlah para pencari sehingga mendapatkan lebih banyak kunjungan dan tontonan.

Tips mengoptimasi konten di Youtube agar banyak viewers

Untuk mengoptimasi sebuah konten, yang diperlukan tak hanya langkah riset, melainkan prakteknya yang terpenting.

Tips mengoptimasi konten di Youtube agar banyak viewers

Anda bisa mencoba tools-tools yang disebutkan di atas sekaligus melakukan tips di bawah ini agar jumlah tayangannya kian maksimal.

Buat judul, tag, dan deskripsi sesuai hasil riset

Setelah menemukan kata kunci yang paling banyak dicari, sekarang saatnya menerapkan kata kunci tersebut ke dalam tag, judul, dan deskripsi konten yang akan diunggah ke Youtube.

Jadi, setiap kali mau mengunggah, Anda harus melakukan riset menggunakan tools yang sesuai.

Misalnya, Anda memakai keyword tool. Maka setelah mendapatkan kata kuncinya, silakan copy dan masukkan ke kolom tag.

Perbaiki kualitas video

Tak hanya soal grabbing pengunjung lewat kata kunci saja yang penting. Anda juga perlu memikirkan konten yang benar-benar berkualitas.

Tujuannya adalah agar mereka yang datang ke channel jadi betah menonton video dan mau memberikan feedback karena kontennya sesuai dengan apa yang mereka butuhkan atau bermanfaat.

Jika hal ini terjadi terus menerus, bukan tidak mungkin Anda akan memperoleh tambahan subscribers karena banyak yang tertarik dengan konten Anda.

Kalaupun masih belum, maka jangan terlalu dipikirkan apalagi dibikin pusing. Sebab Anda dapat menghubungi tempat jual subscribers youtube sebagai solusi instan dan terbaiknya.

Demikian informasi cara riset keyword youtube supaya mendapatkan banyak view. Selamat mencobanya dan semoga beruntung.

meri puspita
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami