Cara Membuat Channel Youtube Menarik dan Menghasilkan

Mau merasakan gajian dari youtube? Anda bisa coba cara membuat channel youtube yang menarik dan menghasilkan uang berikut ini. Cara ini bisa diterapkan di laptop/notebook dan android.

Keberhasilan beberapa youtuber di Indonesia memang menjadi inspirasi tersendiri buat generasi milenial untuk bisa berkarya dan menghasilkan lewat youtube. Tak hanya generasi milenial, demam youtube pun sudah lama melanda para artis.

Banyak sekali artis yang berbondong-bondong membuat channel dan menghasilkan uang dari youtube. Sebut saja, Raffi Ahmad – Nagita Slavina, Baim – Paula, A6 (Ashanty dan Keluarga), Ussy dan Andika, Deddy Corbuzier, Melanie Ricardo, hingga Sara Wijayanto.

Subscriber para artis tersebut melejit dalam waktu yang relatif singkat. Bahkan sekarang sudah mencapai jutaan. Tentu ini adalah sebuah pencapaian tersendiri buat para artis dan tim yang mengelola youtube mereka.

Pertanyaannya, apakah pencapaian itu semata-mata didapat karena mereka adalah artis? Tentu tidak. Tim channel youtube masing-masing artis itu tak hanya mengandalkan nama besar sang artis, tetapi juga memikirkan konten, tampilan channel, dan banyak lagi lainnya.

Jika diperhatikan, masing-masing artis mengangkat tema youtube masing-masing. Contohnya: Raffi-Nagita yang mengandalkan vlog dan Sara Wijayanto yang setia dengan konten horor.

Sementara Baim-Paula dulu awal-awal membuat channel juga tak seramai sekarang. Channel Baim Wong ini mulai ramai saat Baim membuat konten prank jadi orang gila dan sempat viral.

Dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa salah satu kekuatan channel adalah tema channel itu sendiri. Pemilihan tema konten adalah hal yang penting dan mendasar buat keberhasilan sebuah channel.

Tapi sebelum membahas lebih jauh ke arah sana, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas cara sederhana untuk membuat channel dan mengelolanya dengan baik.

Begini cara membuat channel youtube di HP dan laptop agar dapat menghasilkan uang

Berikut ini adalah langkah-langkah mudah yang bisa dilakukan untuk membuat kanal di youtube:

Lihat juga >>  Format Video untuk Youtube dan Tips Menjaga Kualitasnya

Cara membuat channel baru via HP

Gambar Cara membuat channel youtube via dari android

Sebelum membuat channel, pastikan dulu bahwa Anda memiliki akun Google. Dengan akun Gmail, seseorang bisa menonton video youtube, like, memberikan komen, dan subscribe. Sedangkan untuk bisa mengunggah video dan menghasilkan di youtube, Anda harus punya channel. Caranya adalah dengan langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi youtube yang ada di smartphone.
  2. Cobalah ketuk bagian unggah video.
  3. Kalau Anda belum punya channel, secara otomatis akan diarahkan untuk membuat channel baru terlebih dulu dengan melakukan pengisian data.
  4. Isi dengan benar data tersebut dan periksa detailnya dengan baik. Misalnya dalam pengisian deskripsi, nama channel, hingga pengaturan privasi.
  5. Lakukan hingga channel youtube berhasil dibuat dengan mengikuti setiap arahan yang ada.

Tips: Agar channel youtube menarik dan mendapatkan banyak subscribers, sebaiknya pikirkan dengan baik nama channel, deskripsi, dan data lain yang ditanyakan. Jika memang diperlukan, Anda bisa menulis dulu di note sebelum membuat channel baru.

Jika deskripsi dan nama channel yang Anda buat sudah menarik tetapi jumlah subscriber tak bisa bertambah, silakan coba beli subscribers.

Selanjutnya, jika sebenarnya Anda sudah punya channel dan ingin menambah channel baru di akun youtube Anda, maka caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka situs youtube dari browser bawaan atau chrome di smartphone.
  2. Login ke akun youtube.
  3. Buka link Daftar Channel Youtube atau Channel Switcher.
  4. Pilihlah ikon + Buat Channel Baru untuk membuat channel baru. Sebagai catatan, nama channel baru ini masuk dalam akun bisnis. Namanya tidak sesuai dengan nama akun Gmail. Bisa diubah sesuai kebutuhan.
  5. Pilihlah salah satu channel jika hanya ingin berpindah channel saja.
  6. Jika Anda memilih buat channel baru, maka ikuti langkah-langkah yang ada dan isikan data dengan runut dan sesuai dengan konsep yang ingin dibuat.
  7. Jangan lupa untuk verifikasi akun dan pilih selesai jika seluruh isian sudah Anda yakini benar.
Lihat juga >>  Inilah 4 Tingkatan Play Button Youtube Yang Harus Dimiliki Youtuber

Anda bisa menambahkan pengelola channel pada akun bisnis baru yang dibuat, yakni dengan mengubah pemilik dan pengelola channel.

Cara membuat youtube channel di laptop atau desktop

Langkah pembuatan channel youtube di PC dan HP sebenarnya hampir sama, bedanya hanya di langkah pertama saja:

  1. Buka situs youtube melalui browser di PC.
  2. Cobalah ketuk bagian unggah video.
  3. Kalau Anda belum punya channel, secara otomatis akan diarahkan untuk membuat channel baru terlebih dulu dengan melakukan pengisian data.
  4. Isi dengan benar data tersebut dan periksa detailnya dengan baik. Misalnya dalam pengisian deskripsi, nama channel, hingga pengaturan privasi.
  5. Lakukan hingga channel youtube berhasil dibuat dengan mengikuti setiap arahan yang ada dan mengisi data yang diperlukan.
  6. Selesai! Channel baru sudah terbentuk.

Namun, jika setelah langkah kedua Anda langsung ke halaman unggahan video. Maka berarti Anda sudah punya channel. Maka dari itu, untuk membuat channel baru atau membuat akun bisnis dari komputer, silakan ikuti langkah di bawah ini:

  1. Buka situs youtube dari Google Chrome atau Mozilla Firefox.
  2. Login ke akun youtube.
  3. Buka link Daftar Channel Youtube atau Channel Switcher.
Gambar Cara Membuat Channel Baru dari desktop
  • Pilihlah ikon + Buat Channel Baru untuk membuat channel baru.
  • Pilihlah salah satu channel jika hanya ingin berpindah channel saja.
  • Jika Anda memilih buat channel baru, maka ikuti langkah-langkah yang ada dan isikan data dengan runut dan sesuai dengan konsep ingin dibuat.
  • Jangan lupa klik selesai dan verifikasi akun.

Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam cara membuat channel youtube di android dan PC pada dasarnya sama. Bedanya, kalau di android sudah ada aplikasi yang bisa dimanfaatkan. Itupun biasanya kalau untuk mengelola akun, tetap membutuhkan situs seluler youtube.

Mengganti nama channel dan profil

Jika dalam pembuatan channel di atas terjadi kekeliruan atau nama channel baru yang dibuat tidak sesuai harapan, coba cara mengganti nama channel youtube di bawah ini:

  1. Klik pada ikon profil youtube.
  2. Klik Channel Anda.
  3. Klik Sesuaikan Channel.
  4. Klik pada ikon pensil, misal pada foto profil, lalu klik edit.
  5. Halaman selanjutnya adalah editor, silakan melakukan perubahan di halaman ini.
Lihat juga >>  Ukuran Sampul Youtube Header Channel dan Cara Editnya

Keterangan: Di sini Anda bisa mengubah nama channel dan mencoba cara mengganti foto profil youtube sekaligus.

Cara upload video di youtube

Gambar Cara upload masukin video ke youtube

Dengan membuat channel youtube, Anda bisa mulai mengunggah video dengan cara masukin video ke youtube. Caranya mudah, cukup cari ikon video yang ada tanda + nya. Klik dan pilih upload video.

Sangat wajar bila video pertama Anda tidak memiliki banyak views. Tunggulah sampai Anda mendapatkan ritme dan mengenali konten terbaik untuk kanal Anda.

Sambil menunggu, Anda juga bisa mulai sharing video dengan cara mengganti URL youtube ke yang lebih singkat terlebih dahulu.

Namun, jika menunggu itu melelahkan, Anda bisa mendongkrak jumlah view dengan beli views.

Mendaftarkan adsense

Untuk mendapatkan uang, Anda tak hanya butuh konten menarik saja. Tetapi juga harus tahu bagaimana cara mendaftar adsense youtube. Hal ini karena untuk bisa diterima adsense, kita perlu berjuang keras. Misalnya dengan tidak melanggar copyright, karya orisinal, kualitas video dan audio yang bagus, dlsb.

Diterima atau tidaknya pengajuan adsense juga dipengaruhi oleh jumlah subscriber dan view. Maka dari itu penting untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan tayangan di youtube sebelum mendaftarkannya ke adsense.

Beberapa orang memilih menyembunyikan jumlah subscriber saat baru pertama kali buat kanal. Setelah jumlahnya banyak dan sudah bisa didaftarkan adsense, mereka baru membukanya. Jadi, ada efek kejutan yang diberikan. Anda bisa mengikuti strategi ini atau gunakan strategi sendiri.

Itulah beberapa cara membuat channel youtube dan mengelolanya supaya bisa menghasilkan uang dari adsense. Selamat mencoba dan semoga bisa jadi influencer yang handal.

meri puspita
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami