Apa Itu Copyright di Youtube dan Ketentuannya

Kenalilah apa itu copyright di Youtube bila Anda ingin jadi youtuber. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari teguran akibat pelanggaran hak cipta.

Bagaimanapun, Youtube punya misi untuk melindungi karya-karya dari para penggunanya. Baik dalam bentuk musik maupun video. Apabila Anda melanggar ketentuan, maka jelas akan ada teguran tersendiri yang imbasnya sangat besar pada keberlanjutan akun.

Kami akan membahas mengenai copyright dalam artikel ini. Selamat menyimak.

Apa itu copyright di Youtube?

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, maka copyright memiliki arti hak cipta. Namun, makna dan definisi lengkapnya tidak sampai di situ saja.

Apa itu copyright di Youtube

Lebih detail, istilah ini memiliki arti sebagai hak hukum eksklusif yang diberikan kepada pencetus, pembuat, atau penerima hak untuk mencetak, melakukan, merekam, dan menerbitkan karya seni, musik, atau yang lain.

Si penerima hak atau pemilik hak cipta boleh mengizinkan atau memberikan wewenang kepada orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Sederhananya, ketika ada satu bentuk hasil karya seni, maka ada hak cipta yang menempel pada hasil karya tersebut. Pemilik hak ciptanya tidak lain dan tidak bukan adalah pencipta karya seninya.

Nah, si pencipta atau penerima hak boleh mengizinkan orang lain untuk menggunakan karyanya dengan ketentuan tertentu.

Sebagai contoh, ketika seorang musisi membuat dan menciptakan lagu tertentu, maka dia bebas menggunakan, menerbitkannya di Youtube dengan mudah.

Namun, orang lain yang tidak memiliki lagunya, tidak bisa menggunakan lagu tersebut seenaknya sendiri. Bila hal demikian dilakukan, maka terjadilah pelanggaran hak cipta.

Contoh copyright Youtube

Untuk contoh copyright di Youtube di antaranya adalah:

Pemakaian musik untuk backsound

Saat Anda membuat video, kemudian memberikan backsound musik tertentu. Ternyata musiknya bukan berasal dari Youtube melainkan diciptakan oleh musisi luar yang telah memiliki hak cipta. Maka ini adalah salah satu contoh pelanggaran penggunaan backsound.

Agar bisa menggunakannya, Anda biasanya diharuskan untuk menyertakan sumber atau link ke pemilik aslinya. Terkadang, ada juga musik yang dijual khusus untuk backsound. Jadi, memang harus diperhatikan dengan saksama.

Lihat juga >>  Cara Menyembunyikan Subscribers Youtube Terbaru, Update!

Reupload konten milik orang lain

Reuploading video milik orang lain atau bukan hasil karya sendiri. Hal semacam ini juga sering terjadi di platform berbagi video ini.

Padahal, sudah banyak yang terkena teguran bahkan kontennya langsung di-takedown oleh YT. Namun, ada oknum yang masih belum jera sehingga mengulanginya lagi dan lagi.

Sebenarnya, masih banyak contoh yang bisa memahamkan kita mengenai apa itu copyright di Youtube. Intinya, agar tidak mendapatkan teguran, usahakan untuk membuat konten original tanpa memasukkan unsur dari karya orang lain tanpa izin.

Tips aman dan cara upload lagu di Youtube tanpa copyright

Agar tidak dapat teguran karena melakukan pelanggaran hak cipta, seorang youtuber harus tahu cara amannya. Tujuannya adalah agar konten yang sudah diposting tidak mengalami masalah. Baik sekarang maupun di kemudian hari.

Tips aman dan cara upload lagu di Youtube tanpa copyright

Berikut ini cara aman agar tidak melanggar copyright di Youtube, baik untuk lagu, musik, atau gambar, atau konten lainnya:

Cari tahu dan patuhi pedoman yang ada di Youtube

YT memiliki ketentuan dan pedomannya sendiri. Sebagai pemula, Anda harus mau meluangkan waktu untuk membaca kebijakan, pedoman, dan peraturan yang ada di platform ini.

Bacalah dengan seksama kemudian ikuti setiap aturannya dengan baik. Dengan begitu, setiap konten yang Anda unggah akan sah dan tidak akan melanggar copyright.

Ketika konten yang diunggah sah, original, dan tidak melanggar ketentuan, maka konten tersebut juga tidak akan bermasalah dengan iklan yang terpasang atau pengiklannya.

Gunakan musik dari Youtube

Salah satu bagian konten yang sering terkena pelanggaran hak cipta adalah backsound-nya. Banyak sekali youtuber pemula yang melakukan kesalahan di sini.

Padahal ada cara termudah yang dapat dilakukan, yakni menggunakan musik yang tersedia di Youtube. Musik ini tersedia di Youtube Creator Studio saat Anda melakukan editing melalui platformnya secara langsung.

Lihat juga >>  Cara Live Streaming Youtube di HP Android dan iPhone

Seluruh musik yang ada di dalam Youtube tersebut aman digunakan dan gratis. Anda bisa menggunakannya dengan bebas tanpa perlu meminta izin terlebih dulu kepada pemiliknya.

Cara ini lebih aman karena pasti tidak akan pernah melanggar ketentuan dari Youtube. Anda juga bisa melakukan pengeditan sederhana dengan mudah melalui YT.

Memanfaatkan aplikasi edit video

Saat ini, ada banyak sekali aplikasi edit video yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan konten yang berkualitas.

Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa menambahkan efek, teks, musik, hingga suara. Soal musik, biasanya masing-masing aplikasi punya beragam pilihan. Masing-masing musik juga ada label free, ada juga yang bisa dipakai dengan menyertakan link copyright-nya.

Nah, silakan gunakan musik tersebut dengan bijak. Jika memang ingin aman, silakan pakai yang free penggunaan. Namun, jika memang mau menyertakan link sumbernya, hal tersebut juga tak masalah.

Mengatur audio yang ada di video dengan strategi yang pas

Sebagaimana disampaikan di atas, audio dan musik memang menjadi komponen yang sering terkena copyright. Nah, untuk menyiasatinya Anda bisa menggunakan audio mash up atau musik lain yang lebih original.

Cara izin hak cipta Youtube yang baik dan benar

Cara izin hak cipta Youtube yang baik dan benar

Agar makin aman dalam menggunakan musik yang ada di Youtube, Anda perlu meminta izin dulu terhadap pemilik hak ciptanya. Untuk mendapatkan izin, ada beberapa langkah yang harus dilewati, di antaranya adalah:

Menghubungi pemilik konten

Jika Anda mendapatkan musik atau komponen konten di situs, maka silakan cek siapa yang menciptakan musik tersebut. Lakukan penelusuran mengenai pemiliknya secara lebih rinci.

Temukan alamat email dan kontaknya bila ada. Biasanya, kontak ini tersedia di menu Hubungi Kami atau Contact Us.

Namun, jika kesulitan mendapatkan informasi kontaknya, Anda bisa meninggalkan pesan atau menuliskan komentar di kolom yang tersedia.

Lihat juga >>  Tempat Beli Subscriber Murah dan Aman untuk Channel Youtube

Yang terpenting, silakan lakukan cara-cara terbaik untuk bisa menghubungi pemilik kontennya dan menyampaikan maksud Anda.

Lacak pemilik konten dan jelaskan kondisinya

Apabila Anda menggunakan musik, video, atau konten apa pun yang bukan berasal dari karya pribadi, maka silakan lacak pemilik kontennya sampai benar-benar ketemu.

Dalam email yang Anda kirimkan, sertakan juga alasan mengapa harus mengunggah dan menggunakan musik atau video mereka.

Jika Anda memang tidak memasang iklan pada saluran Anda, maka silakan jelaskan pula agar bisa menjadi nilai tambah dan pertimbangan buat pemilik kontennya.

Gunakan bahasa yang sopan

Karena Anda sedang meminta izin, maka pastikan untuk tetap rendah hati dan tidak memaksakan diri. Pakailah bahasa yang sopan dan jangan terkesan menekan supaya si pemilik memberikan izinnya.

Jangan lupa menyimpan hasil percakapannya

Agar lebih aman, simpan percakapan antara Anda dan pemilik konten. Ini bisa menjadi salah satu bukti legal apabila di kemudian hari terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Yang dilakukan saat mendownload musik dari luar

Ada banyak penyedia musik backsound di situs internet. Salah satu contohnya Bensound. Masing-masing konten biasanya dilengkapi dengan nama pemilik dan link copyright yang harus disertakan di deskripsi saat digunakan di Youtube.

Kenali aturan pemakaian konten yang ada di masing-masing situs tersebut dan patuhi dengan baik.

Demikian informasi tentang apa itu copyright di Youtube dan trik supaya tidak melakukan pelanggaran. Selamat membuat karya original yang sah sehingga aman dari pelanggaran hak cipta.

meri puspita
 

Seorang penulis dan penggiat sosial media yang selalu gatal untuk menulis tentang hal-hal baru seputar dunia teknologi dan sosial media dengan bahasa yang mudah dimengerti tanpa embel-embel IT

Butuh Bantuan? Chat dengan kami