Apa kamu pernah ingin memberi komentar pada suatu postingan IG tapi tidak bisa, padahal terlihat ada banyak komentar dari akun lain? Mungkin saja akun tersebut telah mengaktifkan fitur restrict pada konten yang di-posting. Nah, ada beberapa ciri ciri akun IG dibatasi, yang akan kita bahas kali ini.

Apa Itu Fitur Restrict di Instagram?

ciri ciri akun IG dibatasi

Sebagai salah satu media sosial yang banyak digunakan, Instagram tidak pernah lupa untuk membuat inovasi berupa fitur yang dibutuhkan para penggunanya. Salah satunya adalah fitur restrict atau pembatasan yang akan melindungi para pengguna dari berbagai aktivitas negatif dari akun IG lain.

Dalam hal ini, fitur restrict sendiri merupakan sebuah sistem yang memungkinkan pengguna IG untuk membatasi akun mereka pada postingan maupun pesan atau DM di Instagram kamu. Dengan fitur ini, hanya akun-akun yang telah ditentukan yang bisa berinteraksi denganmu.

Jadi, tindakan negatif di instagram seperti cyber bullying melalui postingan, pesan, dan juga beberapa layanan IG yang lain bisa diminimalisir. Ini adalah langkah yang sangat penting, mengingat untuk saat ini kasus cyber bullying semakin marak terjadi.

Ciri ciri Akun IG Dibatasi

Nah, ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengetahui ciri-ciri akun Instagram dibatasi. Contohnya saja seperti mengirimkan pesan, memberi komentar, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini beberapa cara untuk mengetahui akun IG sudah dibatasi.

  • Komentar yang disembunyikan

Ciri ciri akun IG dibatasi yang pertama, yakni bisa dilihat dari komentar yang disembunyikan. Jadi pada saat akun IG kamu sudah dibatasi, maka yang bisa melihat setiap komentar yang telah dikirim hanya kamu dan akun yang akun IG yang membatasi akun milikmu.

Lihat juga >>  3 Cara Melihat Orang yang Melihat Sorotan Instagram Kita dengan Mudah 2022

Jadi para pengguna Instagram lain yang bukan merupakan followers-mu, mereka tidak akan bisa melihat komentar yang kamu kirimkan.

  • Tidak bisa menerima DM

Ciri ciri yang berikutnya, yaitu terkait dengan DM yang sudah dikirim ke akun yang telah membatasi akunmu. Jadi sebelum si penerima DM bisa membaca pesan yang kamu kirim, mereka akan diberi pilihan untuk membaca pesan tersebut atau tidak.

Bukan hanya itu, kamu selaku pengirim pesan juga tidak akan tahu informasi seperti pengguna online atau tidak, dan juga pesan sudah dibaca atau belum.

  • Share yang disembunyikan

Ciri ciri akun IG dibatasi yang berikutnya, yakni kegiatan share atau membagikan yang dilakukan akan disembunyikan. Dengan ini, maka pengguna yang lain tidak dapat melihat jika akun IG kamu telah membagikan suatu postingan.

Hanya akun milikmu dan juga akun-akun yang kamu inginkan, yang bisa melihat postingan tersebut lengkap dengan keterangan atau deskripsinya.

  • Like yang disembunyikan

Terakhir, bisa diketahui dari like yang disembunyikan atau tidak dapat dilihat. Dalam artian, ketika kamu memberi like pada sebuah postingan, kamu tidak bisa melihat siapa saja atau akun mana saja yang juga memberi like pada postingan tersebut.

Kamu hanya bisa melihat jumlah like pada postingan, tanpa tahu siapa saja yang memberinya. Selain itu, hanya akun yang mengaktifkan fitur ini, yang bisa tahu akun siapa saja yang memberi like.

Mengapa Akun IG Dibatasi?

Akun IG Dibatasi

source: musdeoranje.net

Setelah tahu beberapa ciri ciri akun IG kita dibatasi seperti yang sudah dijelaskan di atas, tentu saja kamu penasaran alasan mengapa akunmu dibatasi, kan? Nah, kemungkinan penyebab terjadinya hal tersebut adalah sebagai berikut.

  • Akun IG telah di-report

Penyebab pertama akun kamu dibatasi, yakni mungkin saja ada pengguna lain yang telah melaporkan akunmu. Jadi setelah pihak Instagram melakukan tindak lanjut atas laporan tersebut, beberapa aktivitas di akun IG milikmu akun dibatasi.

Lihat juga >>  4 Cara Mengetahui orang yang Screenshot Story Instagram 2022

Beberapa aktivitas yang dibatasi, misalnya saja seperti memberi like, memberi komentar, membagikan postingan, dan juga mengirimkan DM.

  • Akun IG telah diblokir

Kemungkinan penyebab yang berikutnya, adalah akun IG kamu sudah diblokir oleh akun IG tersebut. Pada saat ada pengguna IG lain yang memblokir akun kamu, tentu saja ada beberapa aktivitas yang tidak dapat kamu lakukan.

Sama kasusnya seperti akun Instagram di-report, beberapa aktivitas yang dimaksud seperti mengirimkan DM, memberi like, memberikan komentar, hingga membagikan postingan.

  • Fitur restrict yang telah diaktifkan

Seperti yang tadi sudah dibahas sebelumnya, penggunaan fitur restrict ini memang bertujuan untuk membatasi akun mana saja yang bisa berinteraksi. Saat ada pengguna lain yang mengaktifkan fitur ini dan kamu termasuk akun yang dibatasi, maka kamu tidak bisa berinteraksi dengan akun tersebut.

Nah, untuk fitur yang satu ini, bisa digunakan untuk satu postingan saja. Jadi bisa saja pada postingan yang lainnya, kamu tetap dapat memberi komentar.

Jika kamu sudah membaca ciri ciri akun IG dibatasi serta beberapa informasi tambahan di atas, apakah sudah paham dengan fitur pembatasan ini? Ya, fitur ini memang sangat efektif agar terhindari dari berbagai aktivitas negatif yang dilakukan oleh akun IG lain.

Pojoksosmed merupakan website penyedia jasa sosial media. Kami menawarkan berbagai macam jasa seperti jasa tambah followers instagramjasa tambah likes instagram maupun jasa tambah viewer instagram yang bisa membantu kamu mengembangkan akun instagram kamu dengan cepat.


morgan

Social Media merupakan trend terbaru dalam 10 tahun belakangan ini dan akan tetap eksis selama 20 tahun kedepan. Saya mencoba untuk membedah serta memanfaatkan sosial media yang ada untuk keperluan bisnis maupun pribadi.

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *