Instagram adalah tempat berbagi beragam konten menarik yang kini digunakan untuk segala macam kebutuhan salah satunya adalah bisnis.

Jika menggunakan Instagram untuk kepentingan bisnis maka salah satu hal yang sangat penting adalah memastikan bahwa akun Instagram anda optimal.

Melakukan optimasi akun Instagram bisa dengan cara memperbaiki kualitas foto, penggnaan hashtag yang tepat, menuliskan deskripsi yang tepat, komposisi konten yang benar dan lain sebagainya.

Namun semua itu bermula dari satu hal yaitu bio Instagram. Bio Instagram adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dioptimasi sebab bio Instagram adalah hal yang paling pertama yang akan dilihat pengunjung saat membuka akun Instagram anda.

Bio Instagram harus memuat penjelasan singkat mengenai akun Instagram dan jangan lupa untuk menyertakan kontak yang dapat dihubungi.

Menyertakan kontak yang bisa dihubungi seringkali adalah hal yang diabaikan. Sebagian orang mengaggap fitur DM cukup dapat diandalkan. Padahal sebagian orang lebih naman untuk berkomunikasi via WhastsApp mengingat WhatsApp adalah aplikasi chat terbesar dan terpopuler di Indonesia.

Namun menyertakan nomor HP saja tidak cukup sebab jika orang ingin menghubungi anda, mereka harus bolak balik dari aplikasi telepon ke aplikasi Instagram secara berulang-ulang.

Tak banyak orang mau melakukan hal seribet itu untuk menghubungi akun Instagram bisnis.

Lalu apa solusinya?

Tak lain dan tak bukan, menyertakan link WA adalah pilihan paling tepat. Sebab dengan menyertakan link WA di bio Instagram nantinya pengunjung sosial media anda akan dapat langsung menklik link WA dan terhubung dengan anda.

Lalu bagaimana caranya? Tenang, caranya sangat mudah kok. Lakukan saja langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama copy link berikut ini: https://api.whatsapp.Com/send?phone=NomorHP lalu paste ke catatan.
  2. Ganti bagian NomorHP dengan nomor WhatsApp anda.
  3. Dahulukan dengan 62 dan tanpa 0 diawal. Jangan tambahkan strip. Contohnya seperti ini: https://api.whatsapp.com/send?phone=628123456789
  4. Copy kembali link yang baru anda buat untuk dipindahkan ke bio Instagram.
  5. Selanjutnya buka bagian Profile lalu klik menu Edit Profile.
  6. Setelah itu pada bagian Website dapat anda paste/ tempel link yang telah anda salin.
  7. Terakhir, klik centang untuk menyimpan.
Lihat juga >>  Penyebab di Banned Instagram dan Apa Yang Harus Dilakukan

Cara Membuat Link WA dengan Pesan di Bio Instagram

Ini adalah hal yang paling menarik dari WhatsApp karena anda tak hanya dapat mengklik lalu terhubung dengan kontak sana, anda bisa membuat saat orang lain mengklik link WA maka sudah ada pesan yang siap untuk dikirimkan.

Ini bisa sangat berguna jika anda adalah penjual online yang memanfaatkan link WA untuk melakukan jual beli secara cepat.

Misalnya saat followers Instagram anda mengklik link WA maka ia akan beralih ke WhatsApp dengan teks: “Saya mau pesan ….” dengan begini maka kecenderungan orang untuk mengisi dan mengirimkan pesan jauh lebih besar.

Lalu bagaimana caranya? Caranya sangatlah mudah sekali untuk dilakukan. Anda hanya melakukan cara sebelumnya namun dengan sedikit format pesan yang agak berbeda sebagai tambahan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama salin link yang sama seperti sebelumnya: https://api.whatsapp.Com/send?phone=NomorHP Ke text editor.
  2. Ubah NomorHP menjadi nomor WhatsApp anda.
  3. Setelah itu tambahkan &text=FormatPesan pada bagian belakang url.
  4. Pada bagian FormatPesan dapat anda isi dengan pesan yang ingin dibuat/
  5. Gunakan &3A untuk menambahkan titik dua (:), %0A untuk enter, dan %20 untuk spasi.
  6. Jika sudah dibuar, salin link WA tersebut lalu beralih ke Instagram.
  7. Klik Profil lalu klik Edit Profil.
  8. Pada bagian website dapat anda paste link yang telah dibuat.

Contohnya jika anda membuat link seperti dibawah ini:

https://api.whatsapp.Com/send?phone=628123456789&text=Nama%20%3A%0AAlamat%20%3A%0ABarang%20Pesanan%3A

Maka Hasilnya akan seperti ini:

Setelah anda membuatnya seperti itu maka calon pembeli akan menjadi lebih mudah menghubungi anda dan konversi akan semakin meningkat.

Namun mungkin anda merasa jika link yang disertakan terlalu panjang sehingga merusak estetika link bio Instagram anda secara keseluruhan. Jika memang begitu, anda dapat mengubahnya dengan menggunakan wa.me

Lihat juga >>  2 Cara Mengirim Pesan Instagram di Laptop - Gak Pake Ribet

Cara Membuat Link WA di Instagram Menggunakan wa.me

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan pemendek link. WhatsApp sendiri memiliki pemendek link yaitu wa.Me. Ini dapat anda manfaatkan untuk memendekan link dan penggunaannya sendiri sangatlah mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama salin link berikut: https://wa.Me/NoWA ke notepad.
  2. Selanjutnya ganti NoWA dengan nomor WhatsApp.
  3. Sama seperti sebelumnya, gunakan nomor dengan format internasional dengan awalan 62 sebagai pengganti 0 dan jangan gunakan strip (-).
  4. Jika sudah maka link anda sudah dapat digunakan di bio Instagram.

Sekarang, link WA menjadi lebih pendek dan juga lebih nyaman dilihat. Anda juga dapat menggunakan pemendek URL lain seperti Bitly, TinyURL, dan lainnya.

Kesimpulan

Menambahkan link WA di Instagram ada banyak sekali manfaatnya terutama untuk Instagram bisnis sebab dengan menambahkan link WA di Instagram maka calon pembeli akan dapat menghubungi anda lebih cepat dan mudah.

Categories: instagram

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *