Instagram adalah platform sosial media tempat berbagi konten video dan foto. IG sendiri digunakan untuk berbagai hal mulai dari tempat mencari hiburan, mencari pasangan, belanja, berbagi konten ke teman-teman, untuk kebutuhan bisnis, hingga untuk kebutuhan pemerintah.

Salah satu cara untuk memaksimalkan fungsi Instagram adalah dengan membuat bio yang jelas dan menarik. Bio yang jelas akan memberitahu pada pengunjung profil anda, akun seperti apa yang anda kelola, dan apa tujuan anda membuat akun tersebut.

Salah satu hal yang wajib disertakan adalah link di bio Instagram. Link ini dapat berisi informasi lebih lanjut mengenai akun anda, link penjualan untuk pembelian produk, dan lain sebagainya.

Selain itu link yang diletakan di bio Instagram dapat menjadi Call to Action dimana kita mendorong pengunjung profil sosial media kita untuk mengkliknya. Misalnya anda adalah penjual online, maka anda meminta pengunjung untuk mengklik link guna membeli produk yang anda tawarkan.

Namun link yang dapat disertakan di Instagram hanya satu link saja. Padahal, pemilik bisnis butuh lebih dari satu link untuk tujuan masing-masing. Instagram sendiri tak ingin platoformnya berisi spam link sehingga link adalah satu hal yang dibatasi oleh Instagram. Selain itu dengan menyertakan link keluar alih-alih menyertakan Informasi di platform Instagram akan membuat pengunjung Instagram keluar dengan cepat. Itulah mengapa Instagram membatasi hanya 1 link saja.

Namun meskipun hanya dapat menyertakan satu buah link saja di Instagram bukan berarti kebebasan anda terbatasi. Ada tool yang secara khusus dibuat untuk mengatasi masalah ini yang dikenal dengan nama link bio tool.

Link bio tool nantinya kita isi dengan beberapa link yang kita butuhkan. Jadi yang anda sertakan di Instagram tetap satu link saja dari link bio tool, namun di dalam link bio ini akan berisi dengan link yang dapat anda isi dengan apapun.

Ini tentu saja akan membuat akun Instagram anda akan menjadi optimal. Link yang anda buat dapat anda sematkan di semua jejaring sosial anda. Nantinya orang lain yang masuk ke link ini akan dapat memilih ingin melihat sosial media anda yang mana.

Misalnya anda pemilik bisnis yang menjual di Instagram. Pengunjung profil anda adalah pengguna marketplace Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak, situs mana yang anda sertakan di Instagram anda? Ini agak membingungkan bukan? Nah, dengan bio tool anda hanya perlu mengisi dengan link yang anda dapatkan dari bio tool. Nanti pengunjung profil anda yang hendak membeli dapat mengklik link dari bio tool, setelah itu mereka dapat memilih hendak menggunakan marketplace mana karena anda telah meletakan link semua markteplace yang anda gunakan di bio tool.

Lihat juga >>  Fakta Likes & Followers Instagram Sebagai Social Proof Dan Pengaruhnya

Bio tool sendiri ada sangat banyak jenisnya, oleh sebab itu disini kami akan jelaskan beberapa cara membuat link bio di Instagram. Berikut ini:

1. Cara Membuat Link di Instabio

Instabio adalah salah satu bio tool yang sangat populer. Instabio mempunyai tampilan yang sangat menarik dan sederhana. Ini dapat menjadi pilihan terbaik untuk bio tool. Tool ini sepenuhnya gratis namun jika anda butuh untuk kepentingan bisnis maka gunakanlah yang berbayar sebab fiturnya akan sangat lengkap.

Cara membuat link di Instabio sangat mudah sekali. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, buka situs Instabio di www.instabio.cc setelah itu klik Gabung di bagian pojok kanan atas.
  2. Isi formulir yang tertera atau untuk mempersingkat pendaftaran, anda dapat mengklik Daftar dengan Google.
  3. Setelah berhasil mendaftar, anda akan masuk ke halaman utama Instabio. Klik buat tautan.
  4. Selanjutnya pilih tema yang diinginkan.
  5. Setelah memilih maka anda akan masuk ke halaman pengaturan tampilan bio tool anda. Pada bagian ini, anda dapat mengubah nama halaman, ikon, tulisan, tombol, dan lain sebagainya.
  6. Jika sudah selesai mengedit, klik Menerbitkan.
  7. Selesai.

Sekarang anda sudah selesai membuat link bio tool di Instabio.

2. Cara Membuat Link di Linktree

Linktree adalah bio tool terpopuler di dunia. Linktree telah digunakan oleh selebgram paling terkenal di dunia dan ini adalah alasan yang tepat mengapa anda harus mencoba Linktree. Jika anda ingin mendaftar, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama buka website Linktree di www.linktr.ee
  2. Setelah itu klik Get Started for Free.
  3. Isi kolom Email, Username, dan Password.
  4. Setelah itu klik Register dan ikuti petunjuk sampai selesai.
  5. Setelah  berhasil masuk, klik menu Apperance.
  6. Setelah itu klik Pick an Image untuk mengganti foto profil Linktree anda.
  7. Tahap selanjutnya adalah memiliih tema.
  8. Jika sudah maka klik Links untuk membuat link bio anda di Linktree.
Lihat juga >>  Cara Membuat Link WA di Linktree

3. Cara Membuat Link di Campsite.bio

Salah satu layanan link bio tool terbaik adalah Campsite.Bio tool ini sudah sangat akrab bagi pebisnis online sebab menawarkan layanan yang jauh lebih lengkap. Tak hanya link saja, dalam Campsite.Bio, pengguna dapat mengisi link yang mempunyai gambar.

Adapun cara membuat link di Campsite.Bio adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, buka terlebih dahulu website campsite melalui link www.campsite.Bio.
  2. Setelah itu klik Login.
  3. Lakukan pendaftaran dengan mengisi data yang diminta seperti username, email, dan password. Jika ingin mempercepat proses pendaftaran maka bisa menggunakan akun Google atau Instagram.
  4. Selanjutnya anda akan dialihkan ke menu dashboard. Disini anda akan dapat memodifikasi halaman campsite seperti wallpeper, logo, dan tentu saja, menambahkan link. Pengaturannya melalui menu profile > setting.

4. Cara Membuat Link di Swipop

Aplikasi ini sangatlah unik sebab seseorang dapat langsung melakukan pembelian dan pembayaran melalui halaman ini. Ini adalah keunggulan utama yang diberikan oleh Swipop.

Adapun pembayaran yang didukung adalah Stripe. Selain itu anda juga dapat menerima pembayaran melalui Paypal.

Swipop dapat digunakan secara gratis. Jika anda ingin melacak jumlah klik yang dilakukan pengunjung, tool ini menyediakan fitur pelacakan jumlah klik.

Berikut cara membuat link di Swipop:

  1. Buka website swipop di alamat www.swipop.co.
  2. Kllik
  3. Kemudian lakukan pendaftaran dengan  mengisi username, email dan password. Untuk mempercepat anda bisa mendaftar melalui akun Google.
  4. Setelah berhasil melakukan pendaftaran maka selanjutnya anda akan masuk ke menu dashboard.
  5. Klik
  6. Selanjutnya anda akan dilihkan ke halaman pengaturan halaman. Lakukan pengaturan sesuai dengan yang anda inginkan.
  7. Setelah selesai isi bagian link dengan mana user yang anda inginkan.
  8. Terakhir klik publish.
Lihat juga >>  9 Efek IG yang Ada Lagunya

Kesalahan Umum Saat Membuat Link Tool di Instagram

Terlalu Banyak Link

Salah satu kesalahan umum yang terjadi adalah pengguna link tool pada akhirnya menempatkan link sebanyak mungkin yang bisa mereka sematkan. Memang link tool tak memiliki batas jumlah link yang dapat dilatakan namun agar semakin efektif maka pastikan bahwa jumlah link tak terlalu banyak.

Pastikan untuk hanya fokus pada beberapa link penting saja yang anda sertakan sebab jika terlalu banyak justru akan menimbulkan kebingungan pengunjung yang melihatnya karena banyaknya pilihan.

Misalnya anda menghimbau pengunjung untuk mengklik link bio tool anda untuk melakukan pembelian, maka anda hanya boleh meletakan link marketplace atau kontak saja, bukan yang lain.

Terlalu gelap

Tema gelap akan memberikan kesan misterius, mewah, dan elegan. Namunn warna yang terlalu gelap juga dapat memperlihatkan kesan misteri, menakutkan, dan suram. Pastikan warna yang anda pilih sesuai dengan karakter yang ingin anda tampilkan. Jika ingin menggunakan tema gelap, maka pastikan font terbaca dengan jelas.

Terlalu mencolok

Sebaliknya kesalahan umum lainnya adalah link bio yang dibuat terlalu mencolok sehingga dapat mengganggu penglihatan dan kata atau kalimatnya kurang terlihat. Pemilihan tema dan warna ini akan memunculkan kesan norak, kekanak-kanakan, tak profesional, dan asal-asalan. Oleh sebab itu gunakanlah wanra tema yang memang sudah disediakan oleh tool jika memang anda kurang paham betul soal desain.

Tulisan Terhalang Warna Background

Menambahkan background akan mempertegas link bio yang anda buat. Background akan menjadikan link bio anda unik, beda dari yang lain. Namun seringkali wanra background sama dengan warna tulisan yang ada. Ini membuat tulisan menjadi tak terbaca atau terbaca kurang jelas.

Oleh sebab itu jika memang sebuah bacground membuat tulisan menjadi tak terbaca, gantilah backgroundnya atau ganti warna tulisan. Dengan begitu maka warna background akan kembali terlihat.

Kesimpulan

Membuat link bio di IG sangat mudah sekali untuk dilakukan. Terdapat beberapa link tool yang ada dan anda dapat memilih sesuai yang anda suka. Semoga tutorial ini dapat membantu anda dalam membuat link bio di Instagram. Untuk menambah jumlah followers anda, jangafn lupa gunakan jasa penambah followers IG.

Categories: instagram