Instagram adalah platform yang digunakan oleh berbagai kalangan untuk berbagai kebutuhan mulai dari untuk kebutuhan pribadi, bisnis, hingga instansi pemerintah. Seolah Instagram adalah tempat setiap orang dapat melakukan apapun.

Namun meskipun demikian, ada hal yang tak dapat dilakukan oleh Instagram yaitu menambahkan beberapa link tambahan pada bio. Instagram sendiri membatasi hanya 1 link saja untuk disematkan ke bio Instagram.

Padahal terkadang kita butuh menambahkan beberapa link untuk mengarahkan pengunjung sosial media ke situs lain.

Misalnya jika anda adalah penjual online pasti ingin terdapat link yang mengarahkan pengunjung sosial media anda ke situs marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, Shopee, link chat WhatsApp, dan lain sebagainya. Nantinya pengunjung sosmed anda dapat memilih hendak menggunakan marketplace apa untuk pembelian.

Padahal bagi penjual online hal ini sangatlah penting sekali. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Untungnya ada tools untuk melakukan itu semua yang dikenal sebagai bio link tool atau tool bio. Dengan menggunakan tool bio maka anda dapat mengoptimalkan link di Instagram.

Hanya dengan satu link maka pengunjung akan langsung diarahkan ke halaman yang berisi link-link yang anda inginkan. Di halaman ini anda dapat menambahkan link Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, link chat WhatsApp, dan lainnya.

Jadi saat pengunjung sosmed anda berminat membeli dari anda, mereka akan membuka marketplace favorit mereka. Dengan demikian maka penjualan akan dapat lebih mudah dilakukan. Dan pengunjung sosmed anda akan semakin tertarik.

1. Shorby

Shorby adalah salah satu tool bio yang sangat terkenal dan menarik untuk digunakan. Salah satu keunggulan utamanya adalah pengguna dapat menambahkan background, video, dan avatar amnimasi. Shorby lebih mirip sebagai micro landing page ketimbang tool bio.

Lihat juga >>  2 Cara Mengirim Pesan Instagram di Laptop - Gak Pake Ribet

Untuk dapat menggunakan Shorby maka anda harus membayar terlebih dahulu. Namun Shorby menawarkan opsi free trial selama 5 hari untuk menguji layanan mereka. Pendaftaran sangat mudah sekali untuk dilakukan karena tak butuh kartu keredit.

Opsi biaya yang ditawarkan bervariasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Jika anda menggunakan Shorby maka anda dapat menambahkan fitur massenger untuk mempermudah audiens anda.

Selain itu terdapat fitur day-by-day insight dimana anda dapat melihat bagaimana peforma link yang anda buat di Shorby.

2. Linktree

Linktree adalah penggagas tools ini dan menjadi bio tools terpopuler. Linktree sudah sangat dikenal bagi pelaku bisnis. Anda dapat membuat akun dan link Linktree dengan sangat mudah sekali.

Linktree tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Jika anda butuh untuk bisnis maka gunakanlah yang berbayar. Dengan fitur berbayar maka anda akan menemukan fitur yang lengkap. Berikut diantarany:
Dapat menambahkan link yang tak terbatas jumlahnya.
Menghilangkan logo Linktree pada halaman.
Menambahkan fitur masa berlaku sebuah tautan.
Terintegrasi dengan Facebook Pixel.
Tema yang lengkap.

Erigo adalah bisnis yang mengguakan Linktree. Untuk melihatnya dapat membuka halaman Linktree mereka disini (https://linktr.ee/erigo.store).

3. Linkin.bio

Linkin.bio menawarkan hal yang berbeda sebagai tool bio. Jika tool yang dibahas sebelumnya hanya dapat mengisi tautan, Linkin.bio menawarkan hal yang berbeda. Linkin.bio lebih mirip seperti micro-landing page dimana kita dapat menambahkan galeri disana. Dengan tampilan visual yang menarik dan elegan menjadikan Linkin.bio menjadi salah satu opsi terbaik yang bisa dipilih.

Jika anda menjual produk di Instagram lalu membuat link bio menggunakan situs sebelumnnya maka anda dapat mengisi tulisan yang berisi tautan seperti Tokopedia, Kontak, Website resmi.

Lihat juga >>  7 Penyebab Kenapa Followers Instagram Tidak Bertambah Padahal Ada Yang Follow 2022

Bedanya di Linkin.bio, kita dapat mengisinya dengan gambar yang berisi tautan. Jika anda menawarkan produk di Instagram maka saat mengklik link bio, dengan Linkin.bio pengunjung sekali lagi dapat melihat produknya. Gambar nantinya jika diklik akan terbawa ke halaman lainnya entah halaman pembelian atau halaman detail produk.

Dalam Linkin.bio juga akan disuguhkan data peforma konten yang dicantumkan. Selain itu Linkin.bio juga dapat diintegrasikan dengan Google Analytics.

4. Campsite

Salah satu alternatif link bio yang sangat unggul adalah Campsite. Anda dapat mengunjungi situsnya di https://campsite.bio/. Dari segi tampilan, Campsite lebih mirip dengan Linktree namun terdapat sejumlah perbedaan mendasar. Dalam Campsite dapat menambahkan gambar visual untuk setiap link yang disertakan.

Yang paling menarik adalah, anda dapat menambahkan link tanpa batas secara gratis. Selain itu anda juga dapat analisis klik setiap link yang sangat membantu mengoptimalkan penggunaan Campsite ini.

5. Biolinky

Tools bio Instagram yang satu ini menawarkan banyak fitur sekalipun untuk yang versi gratisnya. Anda bisa menambahkan link dengan jumlah tanpa batas, analitic standar, dan dapat menambahkan sosial media di link dengan mudah.
Untuk versi berbayar maka anda dapat menghubungkan dengan Facebook Pixel dan juga Google Analitics. Selain itu banyak juga fitur lain yang didapatkan dengan menggunakan versi berbayar ini.
Kesimpulan.

Categories: instagram

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *