Linktree adalah salah satu platform penggagas link bio tool. Link bio tool sendiri adalah tool dimana didalamnya terdapat beberapa link lagi. Alih-alih menyertakan semua link pada bio, dengan tool ini kita hanya perlu menyisipkan 1 link saja Dengan menggunakan Linktree maka bio kita akan menjadi semakin ringkas dan lebih menarik.

Link yang dapat disertakan bisa apapun mulai dari blog pribadi, sosial media, maupun toko online. Penggunaan paling umum Linktree adalah di kalangan pebisnis online di sosial media. Biasanya pebisnis menyertakan toko online mereka di beragam marketplace dan sosial media mereka.

Salah satu link yang wajib ada dalam Linktree adalah link WA. Mengapa itu penting dan bagaimana menambahkannya? Dalam artikel singkat ini kita akan membahas secara lengkap mengenai hal ini.

Pentingnya Menambahkan Link WA di Linktree

Sebagian pebisnis selalu mengarahkan pengunjung untuk segera membeli tanpa saluran komunikasi yang memadai bagi calon pembeli.

Padahal ini adalah kesalahan yang bisa dibilang cukup fatal. Sebagai penjual, kita harus menyediakan saluran komunikasi yang memadai untuk calon pembeli.

Sekalipun deskripsi produk sudah tertera jelas, namun salah satu karakteristik pembeli Indonesia adalah mereka selalu ingin terhubung dengan penjualnya sebelum menaruh kepercayaan untuk membeli darinya.

Media komunikasi terbesar di Indonesia adalah WhatsApp dan WhatsApp dapat dijadikan sebagai saluran komunikasi anda untuk calon pembeli. Dengan WhatsApp anda dapat meyakinkan klien yang ragu, menjelaskan lebih detail, bahkan pembelian melalui WhatsApp.

Namun menyertakan nomor WhatsApp di bio Instagram bukanlah solusi sebab bagi calon pembeli, itu terlalu merepotkan. Mencopy, menyimpan nomor, lalu baru menghubungi.

Lihat juga >>  15 Istilah dan Singkatan dalam Instagram

Selain itu menyertakan link WhatsApp di bio Instagram bukan pula solusi sebab pengunjung yang ingin langsung membeli dari marketplace favorit mereka justru harus menghubungi anda lewat WhatsApp

Lalu apa solusinya?

Solusinya adalah menyediakan link WhatsApp di Linktree. Jadi, di Linktree selain anda menyertakan link WhatsApp sekali klik, ada juga marketplace setara sosial media lainnya yang anda miliki sehingga pengunjung daapt memilih antara langsung membeli atau menghubungi anda.
Masalahnya sekalipun ini cukup penting, tak banyak orang yang tahu bagaimana cara membuat link WA di Linktree. Oleh sebab itu disini kami akan jelaskan bagaimana membuat link WA lalu bagaimana cara agar link WA tersebut dimasukan ke Linktree.

Cara Membuat Link di WA

Membuat link WA memungkinkan sebab adanya fitur click to chat yang memberikan kemudahan kepada para pengguna untuk menhubungi nomor tertentu.

Bagaimana cara membuat link WA? Caranya mudah sekali ikuti panduan dibawah:

https://api.whatsapp.Com/send?phone=

Link diatas adalah link yang dapat diklik. Namun masih belum ada nomornya. Anda dapat menambahkan nomor HP anda di bagian sisi samadengan (=) sehingga menjadi seperti ini:

https://api.whatsapp.Com/send?phone=62812345678

Ingatlah untuk menambahkan kode negara Indonesia (62) sebagai pengganti 0. Jangan sampai ada strip, hanya angka saja.

Cara Menambah Link WA dengan Menyertakan Chat

Jika cara mengikuti cara diatas maka saat mengklik link maka secara otomatis chat dengan nomor yang tertera pada link akan terbuka, namun tak ada chat yang siap untuk dikirimkan.

Jika anda ingin saat mengklik link sudah ada chat didalamnya maka anda dapat mengikuti tutorial kali ini.

Ini dapat digunakan misalnya dengan menyertakan chat berupa formulir pemesanan atau sekedar pesan pembuka. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

Lihat juga >>  6 Cara Mengatasi Foto Instagram Tidak Muncul di Galeri

https://api.whatsapp.com/send?phone=NomorWhatsApp&text=Tulisan

Pada bagian “NomorWhatsApp” dapat anda ganti dengan nomor yang dituju dan “tulisan” dapat diganti dengan tulisan yang anda inginkan. Namun untuk menambahkan spasi antar tulisan maka anda harus menambahkan %20 sedangkan untuk enter dapat menambahkan %0A. Adapun contohnya sebagai berikut:

https://api.whatsapp.com/send?phone=628123456789&text=Halo%20saya%20mau%20Di%20pesan%20produk%20merek%20X

Catara Membuat Link WA di Linktree

Sekarang anda sudah mempunyai link WA yang ingin anda sertakan dalam Linktree. Selanjutnya adalah membuat link WA anda di dalam Linktree. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama buka link https://linktr.ee/register
  2. Pada halaman pendaftaran, isi kolom yang ada lalu lakukan verifikasi email. Untuk mempercepat anda juga bisa mendaftar dengan akun Google.
  3. Di bagian dashboard Linktree, masuk ke menu Link.
  4. Bagian Title atau judul dapat anda ketikan WhatsApp.
  5. Masukan link WA anda di kolom URL.
  6. Copy link dari Linktree anda.
  7. Pastekan di bio sosial media anda.

Sekarang anda sudah mempunyai link WA di Linktree. Selanjutnnya anda dapat mempaste link Linktree ada ke sosial media yang anda miliki.

Kesimpulan

Linktree memberikan kemudahan bagi para pemilik bisnis yang ingin memberikan akses yang mudah dari sosial media ke media lain yang salah satunya adalah WhatsApp.

Menambahkan link WhatsApp di Linktree sebagai penjual online sangatlah penting sebab akan mempermudah komunikasi antar penjual dan pembeli nantinya. Semoga artikel cara menambahkan link WA di Linktree ini dapat bermanfaat.

Categories: instagram

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *