Youtube Vanced: Pengertian, Kelebihan, dan Bahayanya

Mau menonton video Youtube tanpa jeda iklan? Youtube Vanced jadi solusi yang tepat. Seperti dua sisi mata uang, aplikasi ini punya kelebihan dan bahaya tersendiri.

Oleh karena itu, sebagai pengguna, sudah sewajarnya Anda mengenali pengertiannya secara detail. Minimal fitur, kelebihan, dan kekurangannya. Yang demikian itu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri di masa depan.

Selain itu, dengan mengenali kekurangannya, pengguna juga bisa melakukan tindakan pencegahan terkini untuk tetap memakai aplikasinya dengan beberapa ketentuan atau memilih untuk tidak menggunakannya sama sekali.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas lengkap mengenai apa itu Youtube Vanced, berikut keunggulan dan kekurangannya.

Apa itu Youtube Vanced?

Youtube Vanced adalah sebuah aplikasi yang akhir-akhir ini berhasil menarik perhatian masyarakat karena fiturnya yang berbeda dengan aplikasi Youtube biasa.

Apa itu Youtube Vanced

Lewat aplikasi ini, para viewer bisa menonton konten yang ada di Youtube tanpa adanya iklan dan bisa dijalankan di background. Selain itu, masih banyak fitur lain yang dimiliki oleh apk ini.

Apk ini memberikan segudang kemudahan dan fasilitas kepada penggunanya. Salah satu contohnya, saat Anda ingin mendengarkan musik atau playlist yang ada di Youtube, maka bukalah channel-nya melalui Vanced.

Dengan begitu, musik tetap bisa diputar sambil chatting di WA atau telegram. Anda juga bisa memutarnya sambil update status di FB atau bikin caption di IG.

Terlebih, selama mendengarkan musik tersebut, tidak akan ada iklan yang mengganggu dan memutus musiknya di tengah jalan. Semuanya bisa dinikmati secara gratis tanpa perlu upgrade ke premium yang berbayar.

Cara instal Youtube Vanced

Pada awal kemunculannya, apk ini hanya bisa dipasang pada android yang sudah di-root. Artinya, untuk menggunakannya Anda perlu melakukan rooting terlebih dulu.

Namun, semakin kesini, aplikasi ini memberikan kemudahan yang sangat menguntungkan semua pengguna. Sebab, pemasangannya tidak membutuhkan rooting.

Dengan kata lain, meski belum root, Anda tetap bisa memasang aplikasinya dan menggunakan beberapa fitur serta fasilitas di dalamnya.

Lihat juga >>  Optimasi Video Youtube Agar Banyak Penonton

Cara download

Untuk melakukan instalasi, Anda perlu mendownload-nya terlebih dulu di vancedapp.com secara langsung. Biasanya, aplikasinya tersedia dalam bentuk paket Vanced dan Vanced Manager. Jadi, silakan langsung ke situsnya untuk mendapatkan informasi lebih detail.

Kelebihan Youtube Vanced

Di bawah ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini:

Menikmati Youtube tanpa iklan dan upgrade premium

Dengan aplikasi ini, Anda bisa menonton video yang ada di Youtube tanpa adanya iklan. Jadi, selama apa pun durasi videonya, penonton bisa menikmatinya dari awal sampai akhir.

Hal ini tidak bisa didapatkan pada aplikasi resmi Youtube, kecuali bila Anda mau meng-upgrade ke premium yang mengharuskan pembayaran bulanan. Meski di bulan pertama ada promo gratis untuk uji coba.

Tetap ada fitur trending dan fitur Youtube lainnya

Tampilan Vanced hampir persis dengan aplikasi Youtube pada umumnya. Di mana Anda tetap bisa menggunakan fitur penting seperti beranda, eksplorasi, subscription, koleksi, hingga video-video trending.

Kelebihan Youtube Vanced - Fitur trending dan fitur Youtube lainnya

Di sini juga tersedia fitur pencarian yang bisa Anda gunakan untuk menemukan video terbaik sesuai kebutuhan.

Artinya, saat memakai Vanced, Anda bisa bebas dalam berekspresi dan bisa menggunakan aplikasinya sesuai dengan fasilitasnya yang beragam.

Aplikasi tetap berjalan di background

Menariknya lagi, Youtube Vanced bisa berjalan di background. Maksudnya, saat Anda sudah memutar video di Vanced, kemudian menekan tombol home di android, maka video yang diputar tadi tetap akan berjalan.

Kelebihan Youtube Vanced - Bisa berjalan di background

Aplikasinya tidak akan langsung menutup yang mengakibatkan videonya berhenti layaknya di aplikasi Youtube biasa.

Dengan fitur ini, Anda bisa menonton video dan mendengarkan musik sambil melakukan aktivitas lain di HP. Sebut saja chatting hingga main sosial media.

Lihat juga >>  5 Cara Menghilangkan Iklan di Youtube di HP dan PC

Layanan musik atau videonya baru akan berhenti jika Anda menggunakan fitur suara di HP. Misalnya untuk menelepon atau menerima telepon dari luar. Setelah teleponnya selesai, Vanced akan secara otomatis melanjutkan pemutaran videonya lagi.

Punya opsi dark mode

Vanced juga punya mode gelap yang bisa dipakai saat malam hari agar layar HP tidak terlalu terang.

Bisa dipakai tanpa root

Sebagaimana dijelaskan di atas, untuk memakai aplikasi ini, android tidak perlu di-root terlebih dahulu.

Gratis

Anda bisa menikmati semua fitur Vanced secara gratis tanpa perlu meng-upgrade ke premium, pro, atau semacamnya.

Kekurangan atau bahaya Youtube Vanced

Banyak yang bertanya, apakah apk ini berbahaya. Nah, karena pertanyaan inilah banyak pengguna Youtube yang merasa ragu untuk memasang Vanced di HP mereka.

Sebagaimana disampaikan di atas, keberadaan Vanced ini memang seperti dua sisi mata uang. Punya nilai positif, juga punya nilai negatif.

Bila nilai positifnya sudah dijelaskan di atas, maka berikut ini adalah beberapa sisi negatif yang perlu Anda waspadai:

Proses coding-nya tidak diverifikasi

Ketika menggunakan apk Youtube resmi, maka kita sudah tahu pasti bagaimana kredibilitas Google LLC selaku pengembangnya. Mereka tidak mungkin membuat aplikasi dengan coding yang berbahaya.

Berbeda dengan apk mod satu ini, di mana asal usulnya tidak begitu bisa dipahami kecuali oleh mereka yang memang sudah sangat mahir di bidang coding.

Itulah mengapa verifikasi atas coding-nya tidak bisa dipastikan sehingga bisa jadi membahayakan.

Adanya kemungkinan banned dari Google

Sama dengan Youtube resmi, di sini juga ada fitur log in. Bila Anda menggunakan akun gmail untuk log in, maka ada kemungkinan akan ada banned.

Memang tidak semuanya begitu, tapi kemungkinan ini masih ada selama pada saat pemakaian Vanced, pihak Google mengetahuinya dan pihak pengguna dianggap tidak mengikuti ketentuan yang ada.

Lihat juga >>  5 Cara Download Video Dari Youtube

Masalahnya, bila sudah ada banned akun, maka kondisinya akan semakin rumit. Karena akun Google biasanya terhubung dengan fasilitas-fasilitas Google lainnya secara lengkap. Mulai dari Maps, Books, dan lain-lain.

Update-nya harus manual

Sama dengan apk lain, Vanced juga terus mengalami perkembangan dan update. Nah, untuk mendapatkan versi terbaru, pengguna harus mengunduh dan memperbaharuinya secara manual.

Tampaknya ini biasa saja. Namun, apabila terus dilakukan, bagi sebagian orang tentu akan merepotkan. Apalagi yang super sibuk dan banyak kegiatan sehingga tidak punya waktu untuk update sendiri.

Tidak ada inspeksi dari pihak ketiga yang memberikan jaminan keamanan aplikasi

Sebagaimana diketahui, Google Play Protect telah melakukan inspeksi terhadap seluruh apk yang masuk ke Play Store. Inilah yang membuat apps yang ada di sana aman digunakan.

Nah, hal serupa tidak dapat ditemukan pada Vanced. Maksudnya, tidak ada pihak ketiga yang tugasnya melakukan inspeksi dan memutuskan apakah aplikasinya bersih dari virus dan aman digunakan atau tidak.

Adanya kemungkinan kebocoran data

Karena tingkat keamanannya belum bisa dipastikan secara sempurna, maka masih ada kemungkinan kebocoran data pribadi yang jelas akan merugikan buat para pengguna.

Jangan sampai karena kurang hati-hati, informasi pribadi Anda disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Pendapatan youtuber menurun

Bagi yang menonton, aplikasi ini memang menguntungkan. Tapi buat para youtuber yang merekam video, menggunakan software edit video, hingga mengunggah videonya ke Youtube, apk ini cukup merugikan.

Hal ini karena tanpa tayangan iklan, jumlah pendapatan iklannya mungkin akan menurun.

Dari ulasan di atas, mau pakai atau tidak Youtube Vanced, semua kembali kepada pengguna. Asalkan memang yakin bisa menjaga info pribadi, maka sah-sah saja memakainya. Apalagi jika memang benar-benar membutuhkannya.

meri puspita
 

Seorang penulis dan penggiat sosial media yang selalu gatal untuk menulis tentang hal-hal baru seputar dunia teknologi dan sosial media dengan bahasa yang mudah dimengerti tanpa embel-embel IT

Butuh Bantuan? Chat dengan kami